Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menambahkan atau Menghapus Ikon Mouse Keys di Taskbar Windows 11

 


Pada artikel ini, saya akan menunjukkan cara untuk menambahkan atau menghapus ikon Mouse Keys di Taskbar Windows 11. Mouse Keys adalah fitur Accessibility yang memungkinkan pengguna mengontrol pointer mouse menggunakan keypad numerik di keyboard mereka. Ini didesain bagi mereka yang kesulitan mengoperasikan mouse konvensional atau perangkat pointing lainnya. Mouse Keys tersedia sebagai fitur Accessibility opsional yang secara default dinonaktifkan di Windows.


Saat anda mengaktifkan fitur ini, Windows secara otomatis mengaturnya agar berfungsi hanya ketika Num Lock dalam keadaan aktif. Ikon Mouse Keys juga muncul di area taskbar system, yang menunjukkan status fitur saat ini (aktif atau tidak aktif), tergantung pada status tombol Num Lock (Mouse Keys menjadi tidak aktif jika anda mematikan Num Lock). Jika anda tidak ingin lagi melihat ikon tersebut di taskbar, anda dapat memilih untuk menghapusnya dari sana. Pada artikel ini, saya akan menunjukkan kepada anda 3 cara berbeda untuk menambahkan atau menghapus ikon Mouse Keys di taskbar.




Cara Menambahkan atau Menghapus Ikon Mouse Keys di Taskbar Windows 11


Untuk menambahkan atau menghapus ikon Mouse Keys di taskbar Windows 11 anda, anda dapat menggunakan salah satu metode berikut ini. Mari kita lihat semua metode secara mendetail.



1. Gunakan Settings Mouse untuk Menambahkan atau Menghapus Ikon Mouse Keys


Untuk menambahkan atau menghapus ikon Mouse Keys di taskbar Windows 11 melalui settings Mouse, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Tekan tombol Win + I untuk membuka Settings Windows.
  • Di jendela Settings, pilih opsi Accessibility di panel kiri.
  • Di panel kanan, gulir ke bawah ke bagian Interaction dan klik Mouse.
  • Di halaman berikutnya, aktifkan opsi Mouse keys di bagian atas ke On.
  • Anda akan melihat 3 opsi, dimana 2 di antaranya akan diceklist secara default. Opsi Show the mouse keys icon on the taskbar yang di ceklist memutuskan apakah akan menampilkan atau menyembunyikan ikon Mouse Keys di area taskbar.



Status default opsi tersebut adalah diceklist dan oleh karena itu anda melihat ikon di taskbar segera setelah anda mengaktifkan fitur Mouse Keys. Jika anda tidak melihat ikon tersebut, maka klik tombol panah (Show hidden icons) di taskbar dan anda akan menemukan ikon Mouse Keys disana.


Untuk menyeret ikon ke taskbar, anda perlu mengaktifkan fitur tersebut dari Taskbar Settings, seperti yang dijelaskan di bagian selanjutnya.


Untuk menghapus ikon Mouse Keys, cukup hapus ceklist pada opsi Show the mouse keys icon on the taskbar.



2. Gunakan Settings Taskbar untuk Menambahkan atau Menghapus Ikon Mouse Keys


Untuk menambahkan atau menghapus ikon Mouse Keys di taskbar Windows 11 melalui settings Taskbar, maka gunakan langkah-langkah berikut ini.

  • Buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I.
  • Di jendela Settings, pilih Personalization di panel kiri dan klik Taskbar di panel kanan.
  • Di halaman berikutnya, gulir ke bawah dan perluas bagian Other system tray icons.
  • Dalam daftar item, temukan Windows Explorer dengan ikon Mouse Keys dan aktifkan ke On untuk menambah atau ke Off untuk menghapus ikon Mouse Keys di taskbar.



Jika tombol ini Off, namun kotak ceklist opsi Show the mouse keys icon on the taskbar diceklist, maka ikon tersebut akan tetap berada di taskbar, namun dengan ikon tersembunyi lainnya di area system tray.



3. Gunakan Control Panel untuk Menambahkan atau Menghapus Ikon Mouse Keys


Selanjutnya, untuk menambahkan atau menghapus ikon Mouse Keys di taskbar Windows 11 melalui Control Panel, maka gunakan langkah-langkah berikut ini.

  • Tekan tombol Win + R, kemudian control dan tekan Enter untuk membuka Control Panel.
  • Di jendela Control Panel, navigasikan ke Ease of Access - Ease of Access Center dan klik Make the mouse easier to use.
  • Di halaman berikutnya, beri ceklist pada opsi Turn on Mouse Keys untuk mengaktifkannya dan klik Set up Mouse Keys.


  • Setelah itu, dibawah bagian Other settings, anda akan melihat opsi Display the Mouse Keys icon on the taskbar yang diceklist secara default dimana itu menunjukkan bahwa ikon Mouse Keys terlihat di taskbar. Hapus ceklist opsi ini untuk menyembunyikan ikon Mouse Keys di taskbar.
  • Ingatlah untuk mengklik Apply dan diikuti dengan OK untuk menerapkan perubahan.



Sama halnya jika anda memberi ceklist pada opsi Display the Mouse Keys icon on the taskbar namun menghapus ceklist pada opsi Turn on Mouse Keys, itu juga tetap akan menyembunyikan atau menghapus ikon Mouse Keys di taskbar.



Itu saja! Saya harap ini bermanfaat untuk anda.


Bagaimana cara menetapkan ulang tombol mouse di Windows 11?

Anda dapat menukar tombol kiri dan kanan mouse menggunakan Settings di Windows 10 atau Windows 11 anda. Anda hanya perlu membuka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I. Kemudian, navigasikan ke Bluetooth & devices dan pilih Mouse. Setelah itu, klik Additional mouse settings dibawah bagian Related settings. Selanjutnya di jendela Mouse Properties, beri ceklist pada opsi Switch primary and secondary buttons di bawah bagian Button configuration. Jika anda menggunakan mouse atau keyboard bermerek Microsoft, maka anda dapat menggunakan Microsoft Mouse dan Keyboard Center untuk penetapan ulang tombol tingkat lanjut.


Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam menambahkan atau menghapus ikon Mouse Keys di Taskbar Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Anda juga dapat merequest tutorial yang anda butuhkan. Terimakasih dan GBU. STAY SAFE & KEEP HEALTHY!!

Post a Comment for "Cara Menambahkan atau Menghapus Ikon Mouse Keys di Taskbar Windows 11"