Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa itu Uhssvc.exe Not Verified di Windows 10/11

 


Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang file Uhssvc.exe di Windows 10 atau Windows 11. Ini adalah file exe yang dikembangkan oleh Microsoft. Namun, beberapa pengguna melaporkan bahwa software Autoruns menunjukkan file ini sebagai tidak sah di system mereka. Menurut mereka, Autoruns menunjukkan status Publisher file Uhssvc sebagai Not Verified. Jika anda melihat status Uhssvc.exe Not Verified Publisher di software Autoruns, maka anda dapat mengikuti panduan dalam artikel ini untuk mengetahui apa yang dapat anda lakukan dalam kasus seperti itu.




Apa itu Uhssvc.exe?


File Uhssvc.exe dikembangkan oleh Microsoft dan dikaitkan dengan Microsoft Update Health Tools. Anda akan melihat file ini hanya jika Microsoft Update Health Tools diinstall pada system anda. Berikut lokasi default dari file Uhssvc.exe.

C:\Program Files\Microsoft Update Health Tools

Anda dapat memeriksanya dengan membuka File Explorer dan navigasikan ke jalur yang disebutkan diatas. Anda akan melihat file Uhssvc.exe disana.

Microsoft menawarkan Microsoft Update Health Tools ke perangkat Windows melalui Windows Update KB4023057. Update ini tersedia untuk perangkat komersial dan konsumen, yang berarti Microsoft Update Health Tools tersedia untuk semua pengguna. Namun, fungsi dan tujuan dari tool ini sedikit berbeda untuk perangkat konsumen dan komersial.

Tool ini berfungsi untuk memulihkan kelancaran fungsi Windows Update pada perangkat konsumen dan mengelola update fitur dan kualitas pada perangkat komersial.


Uhssvc.exe Not Verified di Windows 10/11

Seperti pengguna yang terpengaruh, anda mungkin juga melihat Uhssvc.exe Not Verified di software Autoruns. Tidak perlu khawatir dengan pesan itu karena Uhssvc.exe adalah file asli yang dikembangkan oleh Microsoft dan diberikan kepada semua pengguna Windows melalui Windows Update KB4023057.

Jika Microsoft Autoruns menunjukkan status Publisher file Uhssvc.exe sebagai Not Verified, maka kemungkinan ada bug pada software Autoruns. Jadi, saya sarankan anda untuk menguninstallnya dan mendownload versi terbarunya dari website resmi Microsoft.


Cara Memeriksa Keaslian File di Windows 10/11

Saya akan menunjukkan cara memeriksa keaslian file di Windows 10 dan Windows 11. File asli ditandatangani secara digital (digitally signed) oleh pengembangnya. Anda dapat memeriksa digital signature ini di properti file.


Pertama, kunjungi lokasi dimana file tersebut berada. Dalam kasus ini, anda harus memeriksa keaslian file Uhssvc.exe. Saya telah menyebutkan jalur file Uhssvc.exe diatas.

Di lokasi, klik kanan pada file Uhssvc.exe dan pilih Properties. Di jendela Properties, alihkan ke tab Digital Signatures. Anda akan melihat Name of signer sebagai Microsoft Windows. Pilih dan klik Details untuk melihat informasi lebih detail tentang file tersebut.


Alternatifnya, anda juga dapat menscan file dengan software antivirus anda. Namun, terkadang, software antivirus menandai file asli sebagai malware. Ini adalah tanda false positive dari software antivirus yang dapat dihindari. Anda juga dapat menscan file Uhssvc.exe di VirusTotal.


Apa itu Microsoft Update Health Tools?
Microsoft Update Health Tools/Service adalah seperangkat tool yang digunakan pada perangkat Windows melalui Windows Update KB4023057. Tool ini memulihkan kelancaran fungsi Windows Update pada perangkat Windows.

Apa bentuk lengkap EPP?
EPP adalah singkatan dari Endpoint Protection Platform. Ini adalah solusi keamanan yang memanfaatkan firewall pribadi, kontrol port dan perangkat, serta kemampuan anti-malware untuk memberikan perlindungan titik akhir di seluruh organisasi. Mengandalkan EPP saja tidak cukup karena mungkin tidak melindungi dari seluruh ancaman tingkat lanjut. EPP juga berbeda dengan EDR.

Sekian artikel kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memahami apa itu Uhssvc.exe Not Verified di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. STAY SAFE & KEEP HEALTHY!!

Post a Comment for "Apa itu Uhssvc.exe Not Verified di Windows 10/11"