Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa itu DumpStack.log.tmp? Bisakah Saya Menghapusnya?

 


Jika anda pengguna Windows 10 atau Windows 11, anda mungkin pernah melihat file DumpStack.log.tmp di drive C anda. File ini terletak di direktori root komputer Windows anda. Namun, file ini belum tentu ada di drive C semua pengguna Windows 10 dan Windows 11. Pada artikel ini, saya akan membahas tentang apa itu file DumpStack.log.tmp dan apakah anda dapat menghapusnya.




Apa itu DumpStack.log.tmp?


File DumpStack.log adalah file log yang berisi log informasi Pemeriksaan Bug. Lokasi defaultnya adalah direktori root. Untuk menemukan file ini, buka drive C Anda di File Explorer. Anda akan melihat file ini di sana.


Jika anda membuka file ini, anda akan menemukan bahwa file tersebut berisi log Bug Check (lihat gambar dibawah). Ketika Windows mengalami kondisi yang membahayakan pengoperasian system yang aman, system terhenti atau crash. Kondisi ini disebut Bug Check. Hal ini juga dikenal dengan nama yang berbeda, seperti system crash, kernel error, stop error atau error BSOD.




Bisakah Saya menghapus File DumpStack.log.tmp?


Beberapa dari anda mungkin menemukan dua file berikut di direktori root:

  • DumpStack.log
  • DumpStack.log.tmp


File DumpStack.log.tmp adalah file sementara. Beberapa dari anda mungkin menemukannya di system anda. PC Windows anda mungkin menolak untuk menghapus file ini ketika anda mencoba melakukannya. Ini terjadi ketika file sedang digunakan oleh PC Windows anda. Namun, anda dapat menghapus file DumpStack.log.


Menghapus file DumpStack.log tidak akan berpengaruh pada system anda karena ini adalah file log. Windows dapat membuatnya lagi kapanpun diperlukan. Informasi yang dikandungnya dapat digunakan untuk memecahkan masalah error BSOD. Oleh karena itu, jika anda menghapusnya, anda tidak dapat menggunakan informasi yang ada di dalamnya lebih lanjut.



Menghapus File DumpStack.log dan DumpStack.log.tmp


Anda dapat dengan mudah menghapus file DumpStack.log. Buka drive C anda dan pilih file DumpStack.log. Sekarang, tekan tombol Delete pada keyboard anda. Anda harus memiliki hak administrator untuk menghapus file ini. Demikian pula, anda dapat menghapus file DumpStack.log.tmp. Jika anda tidak dapat menghapusnya, maka anda perlu mengubah Registry Windows terlebih dahulu.


Petunjuk berikut akan memandu anda dalam memodifikasi Registry Windows untuk menghapus file DumpStack.log.tmp atau DumpStack.log. Ikuti langkah-langkahnya dengan hati-hati, karena salah memodifikasi Registry Windows akan membuat system anda tidak stabil. Jadi, sebelum anda melanjutkan, saya menyarankan anda untuk membuat system restore point dan membackup Registry anda.

  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik regedit dan tekan Enter untuk membuka Registry Editor.
  • Di jendela Registry Editor, telusuri jalur berikut dibawah ini.
HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Control\CrashControl
  • Pastikan keyreg CrashControl dipilih di panel kiri. Kemudian, temukan dan klik dobel pada DWORD EnableLogFile di panel kanan.
  • Di jendela edit DWORD, ubah Value datanya menjadi 0 (nol) dan klik OK untuk menyimpan perubahan.
  • Setelah itu, tutup Registry Editor dan restart komputer anda agar perubahan diterapkan.


Sekarang, anda seharusnya dapat menghapus file DumpStack.log dan DumpStack.log.tmp dari drive C anda. Setelah anda menghapusnya, anda dapat mengembalikan perubahan di Registry Editor.

Jika anda masih tidak dapat menghapus file DumpStack.log atau DumpStack.log.tmp, maka anda perlu mengambil kepemilikan atas file-file ini dan kemudian coba menghapusnya lagi. Ini seharusnya berhasil.


Semoga membantu.

Bagaimana cara menghapus DumpStack.log.tmp?
Untuk menghapus file DumpStack.log.tmp, buka drive C anda dan pilih file DumpStack.log.tmp, lalu hapus. Jika anda tidak dapat menghapus file ini, anda perlu menonaktifkan Dump Stack Logging dengan memodifikasi Registry Windows.

Tidak dapat membuka DumpStack.log.tmp
Untuk membuka file DumpStack.log.tmp di system anda, anda harus sign-in dengan akun administrator anda. Jika anda masih tidak dapat membuka file ini, file tersebut mungkin sedang digunakan oleh PC Windows anda. Dalam hal ini, anda perlu menonaktifkan Dump Stack Logging dengan memodifikasi Registry Windows. Lakukan ini lalu coba lagi.

Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memahami apa itu DumpStack.log.tmp di Windows 10 atau Windows 11 anda dan bagaimana anda dapat menghapusnya. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. STAY SAFE & KEEP HEALTHY!!

Post a Comment for "Apa itu DumpStack.log.tmp? Bisakah Saya Menghapusnya?"