Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki USB Drive Muncul dengan 2 Drive di Windows 10/11

 


Beberapa pengguna Windows mengeluh bahwa ketika mereka menghubungkan USB drive ke PC Windows 10 atau Windows 11 mereka, USB drive tersebut menampilkan 2 drive berbeda saat mereka mencolokkannya. Jika anda juga menghadapi masalah yang sama, maka saya siap membantu anda. Jadi, baca terus artikel ini untuk mendapatkan solusinya.



Memperbaiki USB Drive Muncul dengan 2 Drive di Windows 10/11


Jika USB drive anda ditampilkan dengan 2 drive terpisah di PC Windows 10 atau Windows 11 anda, maka ikuti beberapa metode dibawah ini untuk memperbaiki masalah tersebut.



1. Gunakan Beberapa Tips Pemecahan Masalah Dasar


Karena masalah ini mungkin disebabkan oleh beberapa masalah umum, maka anda dapat mengikuti beberapa tips dan trik dasar seperti yang dibahas dibawah ini.

  • Pertama, coba putuskan dan hubungkan kembali USB untuk memeriksa apakah masalahnya telah teratasi. Anda juga dapat menggunakan port USB lain untuk menghubungkan USB drive.
  • Anda juga dapat me-restart PC anda untuk memeriksa apakah masalahnya dapat hilang atau tidak.
  • Jika anda hanya melihat satu drive USB dengan satu drive letter, maka anda dapat mencoba menetapkan drive letter yang sama ke drive lain untuk melihat apakah itu membantu. Anda dapat melakukannya melalui Disk Management atau menggunakan perintah command line.
  • Hal lain yang dapat anda lakukan adalah mengupdate driver USB anda untuk memperbaiki masalah tersebut.
  • Periksa USB anda di komputer lain dan lihat apakah anda menghadapi masalah yang sama.



2. Jalankan Hardware and Device Troubleshooter


Windows menyediakan troubleshooter bawaaan untuk memperbaiki masalah pada system operasi mereka. Salah satu troubleshooter tersebut adalah Hardware and Device Troubleshooter. Sesuai dengan namanya, troubleshooter ini dapat membantu anda memperbaiki masalah yang terkait dengan hardware atau perangkat anda. Untuk itu, anda juga dapat menjalankan Hardware and Device Troubleshooter untuk mengatasi masalah ini.




3. Bersihkan dan Partisi Ulang USB Menggunakan Command Prompt


Jika solusi diatas tidak membantu, maka anda dapat membersihkan dan mempartisi ulang USB drive anda dengan bantuan Command Prompt atau Windows PowerShell. Langkah ini telah membantu beberapa pengguna yang terkena dampak menyelesaikan masalah dan mungkin juga memperbaiki masalah anda.


Catatan: Sebelum anda mencoba perbaikan ini, backup data yang diperlukan dari USB drive anda. Membersihkan USB akan menghapus semua data dan partisi yang ada. Ini akan mengembalikannya ke keadaan semula. Jadi, jika anda tidak ingin kehilangan sebagian atau seluruh data anda, maka backup data tersebut.


Setelah selesai, anda dapat mengikuti langkah-langkah dibawah ini untuk membersihkan dan mempartisi ulang USB drive anda.

  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik cmd dan tekan Ctrl + Shift + Enter untuk membuka Command Prompt dengan hak administrator. Anda juga dapat membuka Windows Terminal dengan hak admin dan memilih Command Prompt.
  • Di jendela Command Prompt, masukan perintah berikut ini satu per satu sambil menekan Enter. Jangan lupa untuk mengganti # dengan drive letter USB anda.
Diskpart
List disk
Select disk #

  • Setelah itu, masukkan perintah berikut ini dan tekan Enter untuk membersihkan USB drive anda.
Clean

  • Jika anda mendapatkan error, maka kemungkinan folder drive terbuka. Jadi, tutup itu dan jalankan kembali perintah di atas.
  • Selanjutnya, masukan perintah berikut ini satu per satu sambil menekan Enter untuk memformat kembali USB drive anda. Anda dapat mengganti “ntfs” dengan “fat32” pada perintah diatas jika diperlukan.
Create partition primary
Format f=ntfs quick


  • Sekarang, masukkan perintah dibawah ini dan tekan Enter. Perintah Exit di jalankan dua kali untuk keluar dari Diskpart dan menutup Command Prompt.
Active
Assign
List disk
Exit

Setelah menjalankan semua perintah, anda kemudian dapat memeriksanya kembali apakah masalah terselesaikan atau tidak.


4. Gunakan Tool Pihak Ketiga untuk Membersihkan dan Mempartisi Ulang USB

Jika tool Diskpart bawaan Windows tidak dapat membersihkan USB drive anda dan memperbaiki masalah ini, maka anda dapat menggunakan tool pihak ketiga untuk melakukan hal yang sama. Banyak Disk Partition manager gratis yang bagus seperti EaseUs Partition Master Free Edition, Paragon Partition Manager, Partition Wizard, AOMEI Partition Assistant Home Edition, MiniTool Partition Wizard dan lainnya yang memungkinkan anda mengelola partisi pada drive anda.


Semoga membantu!

Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki USB drive muncul dengan 2 drive di Windows 10 atau Windows 11. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. STAY SAFE & KEEP HEALTHY!!


Post a Comment for "Memperbaiki USB Drive Muncul dengan 2 Drive di Windows 10/11"