Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Error Java is not recognized as an internal or external command

 


Java adalah salah satu bahasa tertua dan paling terkemuka di dunia. Tidak masalah apakah anda seorang pemula atau profesional, anda perlu menjalankan beberapa kode Java. Namun, kita memperhatikan bahwa terkadang, terminal mengatakan bahwa Java is not recognized as an internal or external command.

‘Java’ is not recognized as an internal or external command, operable program or batch file.



Ada berbagai contoh masalah ini yang mungkin anda temukan seperti JAVAC', JRE, 'MVN', JAR' is not recognized as an internal or external command, operable program or batch file, ‘Java’ is not recognized as an internal or external command, operable program or batch file in Command Prompt, Minecraft, Arduino, VScode, Intelli dan masih banyak lagi.



Memperbaiki Error Java is not recognized as an internal or external command


Jika anda mendapatkan error Java seperti ang disebutkan diatas, maka anda akan dapat menyelesaikan semua masalah tersebut menggunakan solusi yang akan dijelaskan dibawah ini.



1. Periksa Apakah Java Terinstal di Komputer Anda


Pertama-tama, kita perlu memastikan bahwa Java telah terinstall di komputer anda. Jika tidak diinstall, maka anda tidak mungkin dapat mengakses atau menjalankan program Java dari Command Prompt atau dimanapun. Untuk melakukan hal yang sama, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik cmd dan tekan Ctrl + Shift + Enter untuk membuka Command Prompt dengan hak administrator. Atau anda dapat membuka Windows Terminal. dengan hak admin dan memilih Command Prompt.
  • Di jendela Command Prompt, masukan perintah berikut ini dan tekan Enter untuk memeriksa versi Java mana yang diinstall di komputer anda.
Java --Version

Jika ini memberi anda hasil, maka Java telah diinstall, namun jika tidak, maka lanjutkan ke solusi berikutnya.


2. Install Java di Komputer Anda

Jika Java tidak terinstall di komputer anda, maka anda harus melanjutkan dengan menginstall Java. Meskipun utilitas tersebut diinstall di system anda, namun anda dapat menjalankan media instalasi Java sekali lagi dan ikuti petunjuk yang akan saya jelaskan disini untuk menginstall utilitas dengan benar. Untuk menginstall Java di komputer anda, ikuti langkah-langkah yang disebutkan dibawah ini.
  • Buka website Oracle.com untuk mendownload salinan Java SE Development Kit.
  • Sekarang, cari Installer Windows x64 dan download.
  • Setelah didownload, anda perlu menjalankan installer dan mengikuti petunjuk di layar untuk menyelesaikan proses instalasi.
  • Mudah-mudahan, ini akan berhasil untuk anda.


Jika masalah berlanjut, pertimbangkan untuk menginstall versi Java yang sesuai dengan OS anda saat ini. Jadi, jika anda memiliki Windows 10 atau Windows 11 64-bit, download dan install versi Java yang disesuaikan untuk sistem 64-bit. Sebaliknya, untuk system operasi Windows 10 32-bit, pilihlah program Java 32-bit. Hanya sedikit pengguna yang menunjukkan bahwa pendekatan ini menyelesaikan masalah mereka. Selain itu, anda memiliki opsi untuk menginstall kedua versi Java, sehingga anda dapat menggunakan versi 32-bit atau 64-bit sesuai kebutuhan anda.


3. Konfigurasikan Environment Variable

Salah satu alasan mengapa sebuah perintah tidak dikenali sebagai perintah internal atau eksternal adalah karena perintah tersebut bukan salah satu environment variable. Karena Java memerlukan compiler dan juga interpreter, kita diharuskan menambahkan variabel secara manual. Anda dapat mengikuti langkah-langkah yang disebutkan dibawah ini untuk melakukan hal yang sama.
  • Tekan tombol Win + S,  kemudian ketik View advanced system settings dan buka utilitas yang muncul.
  • Kemudian, pada jendela System Properties yang muncul, pastikan anda berada di tab Advanced.
  • Selanjutnya, klik Environment Variables.
  • Di jendela baru yang muncul, pergi ke bagian System variables, kemudian pilih variabel Path dan klik Edit.


  • Di jendela Edit environment variables, klik New untuk menambahkan variabel baru.
  • Kemudian, masukan lokasi berikut ini, dimana ini merupakan lokasi bin JDA.
C:\Program Files\Java\jdk-18.0.2\bin
  • Kemudian tambahkan juga lokasi JDA.
C:\Program Files\Java\jdk-18.0.2
  • Setelah selesai, klik OK untuk menyimpan perubahan yang baru saja anda buat.


Ingatlah bahwa, anda mungkin memiliki folder yang berbeda, bergantung pada versi Java yang anda miliki. Setelah semuanya selesai, jalankan perintah yang bermasalah dan periksa apakah masalah telah teratasi.


4. Install Ulang Java

Jika Java tidak dikenali, maka kemungkinan besar Java yang diinstall di komputer anda rusak. Jadi, anda perlu memperbaiki Java ang tidak berfungsi di komputer anda atau anda perlu menguninstall Java dan kemudian menginstallnya kembali menggunakan salinan baru dengan mengikuti panduan yang disebutkan sebelumnya.



Saya harap artikel ini bermanfaat bagi anda dan dapat memperbaiki error Java is not recognized as an internal or external command di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. STAY SAFE & KEEP HEALTHY!!

Post a Comment for "Memperbaiki Error Java is not recognized as an internal or external command"