Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Uninstall Aplikasi Windows Backup di Windows 10/11

 


Jika anda ingin menguninstall aplikasi Windows Backup di Windows 10 atau Windows 11 anda, maka anda dapat menggunakan Windows PowerShell atau Terminal untuk menguninstallnya. Artikel ini akan memberikan semua yang perlu anda ketahui tentang kelebihan dan kekurangan menguninstall aplikasi Windows Backup dari system Windows 10 atau Windows 11 anda.


Sebelum anda melihat cara menguninstall Windows Bacup, ada baiknya anda mengetahui satu hal penting tentang menguninstall aplikasi Windows Backup dari Windows 10 atau Windows 11.


Microsoft memperkenalkan aplikasi Windows Backup sebagai bagian dari Windows Feature Experience Pack. Itulah sebabnya menghapus fungsi FOD (Feature On Demand) ini juga akan menghapus aplikasi Windows Backup. Namun, banyak hal telah berubah akhir-akhir ini.


Jika anda telah menginstall update KB5032038 atau update Windows apapun yang dirilis setelah 25 Januari 2024, maka anda tidak dapat menguninstalll aplikasi Windows Backup dengan menjalankan perintah ini. Dengan update tersebut, Microsoft menerjemahkannya ke dalam aplikasi system. Oleh karena itu, anda tidak dapat menguninstall aplikasi Windows Backup di Windows 11 setelah menginstall update KB5032038.


Jika anda menggunakan Windows 11 versi lama, menguninstall Windows Feature Experience Pack juga akan menguninstall beberapa fitur lainnya, seperti panel emoji, XPS Viewer dan lainnya.



Cara Uninstall Aplikasi Windows Backup di Windows 10/11


Untuk menguninstall aplikasi Windows Backup di Windows 10 atau Windows 11, ikuti langkah-langkah berikut dibawah ini.

  • Buka PowerShell dengan hak administrator. Untuk itu, cari PowerShell melalui Search Windows, kemudian klik Run as Administrator pada Windows PowerShell. Anda juga dapat membuka Windows Terminal dengan hak admin dan memilih PowerShell.
  • Setelah jendela PowerShell terbuka, masukkan perintah berikut dan tekan Enter.
Remove-WindowsPackage -Online -PackageName “Microsoft-Windows-UserExperience-Desktop-Package~31bf3856ad364e35~amd64~~10.0.19041.3393”
  • Biarkan prosesnya selesai.
  • Setelah selesai, tutup semua jendela dan restart komputer anda.



Bagaimana cara menghapus backup Windows 11?
Untuk menghapus pengaturan atau backup yang disinkronkan cloud Windows 11, anda perlu membuka browser dan memasukkan URL account.microsoft.com. Kemudian, masuk ke Microsoft account yang anda gunakan di komputer anda. Setelah itu, beralih ke tab Devices dan gulir ke bawah untuk menemukan opsi Cloud synced settings. Klik pada opsi Clear synced settings dan klik tombol Clear. Ini menghapus tiga hal yaitu jaringan WiFi yang dikenal, preferensi bahasa, dan wallpaper perangkat anda.

Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam menguninstall aplikasi Windows Backup di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. STAY SAFE & KEEP HEALTHY!!

Post a Comment for "Cara Uninstall Aplikasi Windows Backup di Windows 10/11"