Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki USB Tidak Dapat Diformat ke FAT32 di Windows 10/11

 


Apakah anda tidak dapat memformat USB drive ke system FAT32 di komputer Windows 10 atau Windows 11 anda? Beberapa pengguna telah melaporkan bahwa Windows mereka tidak mengizinkan mereka untuk memformat USB drive mereka ke FAT32.


Namun, banyak pengguna melaporkan bahwa mereka tidak dapat memformat USB drive mereka. Beberapa orang melaporkan mendapatkan pesan error seperti berikut dibawah ini.

The volume is too big for FAT32

atau

Virtual Disk Service error:

The volume size is too big.



Error dan masalah saat memformat USB ke FAT32 dapat terjadi jika ukuran USB anda lebih besar dari 32 GB. Anda mungkin juga menghadapi masalah ini jika USB anda terinfeksi malware atau write-protected.



Bagaimana Memformat USB Drive ke FAT32?


Untuk memformat USB drive ke FAT32 di Windows 10 atau Windows 11, anda dapat menggunakan File Explorer. Berikut langkah-langkah untuk melakukannya.

  • Pertama, buka File Explorer menggunakan Win + E.
  • Sekarang, pilih opsi This PC, kemudian klik kanan pada USB drive target dan pilih opsi Format.
  • Di jendela Format, atur File System ke FAT32.
  • Anda juga dapat mengaktifkan opsi Quick Format.
  • Terakhir, klik Start untuk mulai memformat drive.



Anda juga dapat menggunakan aplikasi Disk Management Windows untuk memformat USB ke FAT32.

  • Tekan tombol Win + X dan tekan K untuk membuka Disk Management.
  • Kemudian, klik kanan pada USB drive anda dan pilih opsi Format dari menu konteks.
  • Setelah itu, atur File System target ke FAT32 dan klik OK.



Memperbaiki USB Tidak Dapat Diformat ke FAT32 di Windows 10/11


Jika anda tidak dapat memformat USB drive anda ke system FAT32 di Windows 10 atau Windows 11 anda, maka beberapa solusi berikut ini dapat anda ikuti untuk memperbaiki masalah tersebut.



1. Hapus Write Protection dari USB


Jika USB drive anda diatur ke write-protected, maka anda tidak akan dapat memformat drive tersebut. Oleh karena itu, jika skenario ini berlaku, anda dapat menghapus write-protected dari USB drive target. Berikut cara melakukannya.

  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik cmd dan tekan Ctrl + Shift + Enter untuk membuka Command Prompt dengan hak administrator. Anda juga dapat membuka Windows Terminal dengan hak admin dan memilih Command Prompt.
  • Di jendela Command Prompt, masukan perintah berikut ini satu per satu sambil menekan Enter. Jangan lupa untuk mengganti # dengan drive letter USB anda.
Diskpart
List disk
Select disk # 
Attributes disk clear readonly


Perintah terakhir diatas akan menghapus write protection pada USB drive anda. Setelah anda selesai menjalankan semua perintah, periksa apakah anda dapat memformat USB drive anda ke FAT32 atau tidak.


2. Format USB ke FAT32 Menggunakan Command Prompt

Jika anda tidak dapat memformat USB drive anda ke FAT32 melalui File Explorer, maka disarankan untuk memformatnya menggunakan Command Prompt. Namun, sebelum mencoba metode ini, pastikan anda telah menghapus write protection dari USB drive anda menggunakan solusi (1) di atas.

Sekarang, ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk memformat USB drive ke FAT32 menggunakan Command Prompt.
  • Pertama, buka Command Prompt dengan hak administrator seperti langkah diatas.
  • Sekarang, masukkan perintah berikut satu per satu sambil menekan Enter.
Diskpart
List disk
Select disk #
List volume
Select volume #

Pada perintah di atas, ganti # dengan drive letter USB anda.
  • Setelah itu masukkan perintah berikut dan yekan Enter untuk memformat USB drive ke format FAT32.
Format fs=fat32 quick

Setelah selesai, keluar dari jendela Command Prompt dan periksa apakah masalah telah teratasi.


3. Format USB ke FAT32 Melalui PowerShell

Windows memberikan fleksibilitas untuk melakukan tugas menggunakan metode yang berbeda. Jadi, jika cara di atas gagal, anda juga dapat menggunakan Windows PowerShell untuk memformat USB ke FAT32 melalui command line di Windows. Begini caranya.
  • Pertama, buka Windows PowerShell dengan hak administrator. Anda juga dapat membuka Windows Terminal dengan hak admin dan pilih PowerShell.
  • Di jendela PowerShell, masukkan perintah dibawah ini dan tekan Enter. Jangan lupa mengganti F dengan drive letter USB anda.
Get-Disk
Format /fs:fat32 F:


Perintah pertama untuk melihat daftar perangkat yang terhubung, sementara perintah kedua akan memformat USB drive anda ke file system FAT32.


4. Gunakan Tool Pemformatan USB Pihak Ketiga

Ketika tool bawaan Windows gagal melakukan sebuah tugas, maka anda dapat memilih solusi pihak ketiga. Jadi, hal berikutnya yang dapat anda lakukan untuk memperbaiki masalah ini adalah memformat USB drive anda ke FAT32 menggunakan FAT32 Format Tool gratis pihak ketiga. Ada beberapa software pemformatan USB yang dapat anda download dan install di PC anda untuk memformat USB ke FAT32 atau file system lain.

Jika anda mencari yang gratis, maka Rufus adalah software yang bagus untuk membuat USB bootable dan memformat USB.



Saya harap artikel ini membantu anda memformat USB ke FAT32 tanpa error atau masalah.

Bagaimana cara memaksa drive USB untuk memformat?
Jika Windows tidak dapat memformat USB drive, ada berbagai metode lain yang dapat anda gunakan. Anda dapat menggunakan tool Disk Management, Command Prompt atau Windows PowerShell untuk melakukannya. Ada beberapa software Partition Manager gratis seperti Rufus, EaseUS Partition Master Free, AOMEI Partition Assistant Standard Edition yang digunakan untuk hal yang sama.


Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki USB tidak dapat diformat ke FAT32 di Windows 10 atau Windows 11. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. STAY SAFE & KEEP HEALTHY!!

Post a Comment for "Memperbaiki USB Tidak Dapat Diformat ke FAT32 di Windows 10/11"