Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Speaker atau Headphone Bluetooth Terus Berbunyi Beep di Windows 10/11

 


Jika speaker atau headphone Bluetooth anda terus berbunyi beep di komputer Windows 10 atau Windows 11 anda, maka artikel ini akan membantu anda memperbaiki masalah tersebut. Masalah ini menjengkelkan karena memperburuk pengalaman musik anda.



Memperbaiki Speaker atau Headphone Bluetooth Terus Berbunyi Beep di Windows 10/11


Jika headphone atau speaker Bluetooth anda terus berbunyi beep di Windows 10 atau Windows 11 anda, maka gunakan beberapa saran berikut ini untuk memperbaiki masalah tersebut.



1. Langkah Awal


Pertama-tama, lakukan beberapa langkah awal. Jika langkah-langkah ini berhasil, anda tidak perlu melakukan perbaikan pemecahan masalah lainnya.

  • Apakah perangkat Bluetooth anda terisi dayanya? Beberapa speaker dan headphone Bluetooth menggunakan suara beep untuk mengingatkan pengguna tentang baterai lemah. Hal ini mungkin terjadi pada Anda. Saat Anda mendengar bunyi bip dari headset atau speaker Bluetooth, colokkan charger dan lihat apakah bunyi beep berhenti atau tidak.
  • Pastikan anda menggunakan charge yang benar. Persyaratan arus dan tegangan untuk mengisi daya baterai pada perangkat yang berbeda berbeda-beda. Itu sebabnya tidak disarankan untuk mengisi daya perangkat dengan charge lain. Ini karena charge lain mungkin tidak kompatibel dengan perangkat tersebut. Jika anda menggunakan charge lain untuk mengisi daya baterai headphone atau speaker Bluetooth anda, putuskan sambungannya dan sambungkan charge asli.
  • Beberapa headset Bluetooth berbunyi beep saat mengaktifkan dan menonaktifkan fitur noise cancelation. Jika headset anda memiliki fitur tersebut, fitur noise cancelation mungkin menyala dan mati dengan sendirinya. Lihat panduan pengguna untuk memeriksa apakah perangkat anda dilengkapi dengan fitur ini. Jika hal ini terjadi pada anda, anda perlu menghubungi dukungan produsen perangkat Bluetooth anda.



2. Jalankan Audio Troubleshooter


Windows 10 dan Windows 11 hadir dengan troubleshooter bawaan. Troubleshooter otomatis ini mendeteksi masalah dan memperbaikinya (jika memungkinkan). Jadi, saya menyarankan anda menjalankan Audio Troubleshooter melalui aplikasi Get Help dan lihat apakah itu membantu.



Anda juga dapat menjalankan Audio Troubleshooter dari jendela Settings. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut ini.


Di Windows 10:

  • Tekan tombol Win + I untuk membuka Settings Windows dan pilih Update & Security dari jendela Settings.
  • Selanjutnya, pilih Troubleshoot di panel kiri dan kemudian klik Additional troubleshooters di panel kanan.
  • Di halaman berikutnya, pilih Playing Audio dan kemudian klik Run the troubleshooter untuk membuka troubleshooter.
  • Di jendela troubleshooter, anda perlu mengikuti petunjuk yang di tampilkan hingga selesai.
  • Setelah selesai, restart PC anda dan periksa kembali.



Di Windows 11:

  • Tekan tombol Win + I untuk membuka jendela Settings Windows.
  • Di jendela Settings, klik System di panel kiri dan kemudian klik Troubleshoot di panel kanan.
  • Di halaman berikutnya, klik Other troubleshooters di panel kanan.
  • Selanjutnya, temukan Playing Audio dan klik Run yang berada tepat di sampingnya.
  • Di jendela troubleshooter yang terbuka, ikuti petunjuk yang ditampilkan.
  • Setelah itu, restart PC anda dan periksa apakah masalah telah di perbaiki atau tidak.




3. Update Firmware Perangkat Bluetooth Anda


Firmware perangkat Bluetooth anda yang out of date mungkin menyebabkan masalah ini. Saya menyarankan anda mengupdate firmware perangkat Bluetooth anda dan melihat apakah itu memperbaiki masalah ini. Anda perlu merujuk ke panduan pengguna atau mengunjungi website resmi produsen perangkat Bluetooth anda untuk mengetahui metode yang benar untuk mengupdate firmware.



4. Install Ulang Driver yang Diperlukan


Driver yang rusak menyebabkan beberapa jenis masalah. Saya menyarankan anda menginstall ulang driver headset Bluetooth atau speaker Bluetooth anda dan melihat apakah itu membantu. Langkah-langkah untuk melakukannya adalah sebagai berikut.

  • Buka Device Manager dengan menekan tombol Win + X dan kemudian tekan M.
  • Di jendela Device Manager, perluas bagian Audio inputs and outputs.
  • Setelah itu, uninstall driver perangkat Bluetooth anda dengan mengklik kanan pada driver perangkat Bluetooth anda dan pilih Uninstall device.
  • Selanjutnya, klik Uninstall di jendela konfirmasi.
  • Setelah selesai, restart komputer anda. Ini akan menginstall driver perangkat Bluetooth anda kembali.



Sekarang, periksa apakah masalah masih berlanjut.



5. Reset Perangkat Bluetooth


Anda juga dapat mencoba me-reset headphone Bluetooth anda. Cara yang benar untuk me-reset headphone Bluetooth disebutkan dalam panduan penggunanya. Jadi, lihat panduan pengguna perangkat anda untuk melakukan reset ke pengaturan pabrik.



6. Perangkat Anda Mungkin Rusak


Jika tidak ada solusi di atas yang berhasil untuk anda, masalahnya mungkin ada pada headphone atau speaker Bluetooth anda. Mungkin juga perangkat yang rusak dikirimkan kepada anda. Jika anda baru saja membeli headset atau speaker dan masih dalam masa pengembalian, anda dapat mengembalikannya. Hubungi dukungan produsen perangkat untuk bantuan lebih lanjut.



Itu dia. Semoga membantu.


Sekian artikel saya kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki Speaker atau Headphone Bluetooth terus berbunyi beep di Windows 10 atau Windows 11. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. STAY SAFE & KEEP HEALTHY!!

Post a Comment for "Memperbaiki Speaker atau Headphone Bluetooth Terus Berbunyi Beep di Windows 10/11"