Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Aktifkan atau Nonaktifkan Automatic Super Resolution (ASR) di Windows 11

 


Microsoft telah menambahkan fitur baru ke Windows 11 yaitu Automatic Super Resolution. Fitur ini menggunakan AI untuk membuat game yang didukung berjalan lebih lancar, sehingga meningkatkan pengalaman bermain game pengguna. Pada artikel ini, kita akan melihat cara mengaktifkan dan menonaktifkan Automatic Super Resolution (ASR) di Windows 11.


Automatic Super Resolution menggunakan AI untuk membuat game yang didukung dimainkan dengan detail yang ditingkatkan dan resolusi yang lebih baik. Fitur ini meningkatkan grafis dengan resolusi rendah ke resolusi yang lebih tinggi.


Automatic Super Resolution saat ini sedang dalam tahap pengujian. Oleh karena itu, ini hanya tersedia di versi Insider. Anda harus memiliki Windows 11 build 26052 atau lebih tinggi. Untuk memeriksa build Windows 11 anda, gunakan langkah-langkah berikut ini.

  • Tekan tombol Win + R untuk membuka kotak Run.
  • Di jendela Run, ketik winver dan klik OK.
  • Anda akan melihat build Windows 11 anda disana.




Aktifkan atau Nonaktifkan Automatic Super Resolution (ASR) di Windows 11


Untuk mengaktifkan atau menonaktifkan Automatic Super Resolution (ASR) di Windows 11, anda dapat menggunakan salah satu metode berikut ini.



1. Melalui Registry Editor


Anda dapat mengaktifkan Automatic Super Resolution jika sistem anda memiliki Windows 11 build 26052 atau lebih tinggi menggunakan Registry. Namun sebelum anda mengikuti metode ini, saya sarankan anda untuk membuat system restore point dan membackup registry Windows 1nda sebelum melanjutkan sehingga anda dapat mengembalikan perubahan jika terjadi masalah setelah modifikasi Registry. Perhatikan bahwa jika anda memulihkan sistem anda, perubahan yang anda buat di Registry juga akan dikembalikan kr pengaturan sebelumnya.


Sekarang, ikuti langkah-langkah berikut ini untuk mengaktifkan atau menonaktikan Automatic Super Resolution di Windows 10 melalui Registry Editor.

  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik regedit dan klik OK atau tekan Enter untuk membuka Registry Editor.
  • Di jendela Registry Editor, telusuri jalur berikut dibawah ini.
HKEY_CURRENT_USER\SOFTWARE\Microsoft\DirectX\UserGpuPreferences

  • Di lokasi, temukan entri DirectXUserGlobalSettings di panel kanan. Jika entri DirectXUserGlobalSettings tidak tersedia disana, maka anda harus membuatnya secara manual.
  • Untuk melakukannya, klik kanan pada ruang kosong di panel kanan, kemudian pilih New - String Value dan beri nama string yang baru dibuat dengan DirectXUserGlobalSettings.


  • Selanjutnya, klik dobel pada string  DirectXUserGlobalSettings untuk mengedit value data-nya.
  • Di jendela Edit String, ubah Value data-nya menjadi value dibawah ini dan klik OK untuk menyimpan pengaturan anda.
DXGIEffects=1028;SwapEffectUpgradeEnable=1;AutoHDREnable=1;
  • Setelah selesai, tutup Registry Editor dan restart komputer anda untuk menerapkan perubahan.


Proses di atas akan mengaktifkan Automatic Super Resolution (ASR) di Windows 11 anda. Jika anda ingin menonaktifkannya, maka ubah value DXGIEffects dari 1028 menjadi 1024 pada entri DirectXUserGlobalSettings di Value data. Ini akan menonaktifkan fitur ASR di Windows 11.


2. Melalui Settings Windows

Ini adalah metode termudah dari pengeditan registr yang penuh resiko. Untuk mengaktifkan atau menonaktifkan Automatic Super Resolution (ASR) di Windows 11 melalui Settings Windows, ikuti langkah-langkah berikut ini.
  • Tekan tombol Win + I untuk membuka Settings Windows.
  • Di jendela Settings, pilih System di panel kiri dan klik Display di panel kanan.
  • Di halaman berikutnya, klik Graphics.
  • Di sini, anda akan melihat pengaturan Automatic Super Resolution.
  • Aktifkan (On) atau nonaktifkan (Off) pengaturan sesuai kebutuhan anda.



Itu dia. Semoga membantu anda!
Sekian artikel saya kali ini. Semoga salah satu saran diatas membantu anda dalam mengaktifkan atau menonaktifkan Automatic Super Resolution (ASR) di Windows 11 anda. Jangan lupa untuk meninggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. STAY SAFE & KEEP HEALTHY!!

Post a Comment for "Cara Aktifkan atau Nonaktifkan Automatic Super Resolution (ASR) di Windows 11"