Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Kursor Mouse Melompat Ketika Charger Dicolokkan

 


Jika kursor mouse anda melompat-lompat saat charger dicolokkan, maka solusi yang diberikan dalam artikel ini akan membantu anda memperbaikinya. Menurut laporan, saat menghubungkan charger ke laptop, kursor mouse bergerak tidak menentu, melompat, memilih dan mengklik secara tidak terduga. Masalah listrik adalah salah satu penyebab paling umum dari masalah ini.


Error mouse saat mengisi daya laptop terjadi karena beberapa penyebab, seperti baterai rusak, charger rusak, adaptor rusak dan lainnya. Selain itu, power supply adalah penyebab paling umum dari masalah ini. Soket dinding yang anda gunakan untuk mengisi daya laptop anda mungkin memiliki kabel yang salah atau mungkin rusak.



Memperbaiki Kursor Mouse Melompat Ketika Charger Dicolokkan


Gunakan beberapa saran berikut ini jika kursor mouse anda melompat ketika charger dicolokkan.



1. Lakukan Hard Reset


Ini adalah langkah pertama yang harus anda ambil. Hard reset laptop anda dan lihat apakah itu membantu. Tindakan ini akan menguras sisa muatan dari kapasitor. Oleh karena itu, jika masalah terjadi karena sisa muatan, maka ini akan memperbaikinya.


Ikuti langkah-langkah yang disediakan dibawah ini untuk melakukan hard reset.

  • Matikan laptop anda.
  • Putuskan sambungan semua perangkat periferal dan charger.
  • Lepaskan baterai. Jika laptop anda memiliki baterai yang tidak dapat dilepas, lewati langkah ini.
  • Tekan dan tahan tombol Power laptop anda selama 30 hingga 45 detik.
  • Setelah itu, nyalakan kembali laptop anda.
  • Sekarang, sambungkan charger dan periksa apakah masalahnya masih berlanjut.



2. Coba Charger Lain


Masalahnya mungkin juga terkait dengan charger laptop anda. Untuk mengkonfirmasi hal ini, sambungkan charger lain (jika tersedia). Sekarang, lihat apakah kursor mouse anda melompat tidak menentu setelah tersambung ke charger lain. Jika ya, charger anda rusak. Jika masalah hilang setelah menyambungkan pengisi daya lain, anda perlu memeriksa charger anda. Mungkin kabelnya rusak atau masalahnya ada pada adaptor charger atau brick-nya.



Beberapa software memiliki fitur untuk menguji brick charger. Misalnya, aplikasi MyASUS yang dikembangkan oleh ASUS untuk komputer ASUS memiliki fitur ini. Jika anda memiliki laptop ASUS, anda dapat menggunakan aplikasi itu untuk menguji charger anda. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah yang disediakan dibawah ini.

  • Buka aplikasi MyASUS.
  • Selanjutnya, pilih System Diagnostics.
  • Kemudian pilih Adapter.
  • Hubungkan charger anda dan hidupkan power supply.
  • Setelah itu, klik pada tombol Checkup.




3. Jalankan Tes Baterai


Saya juga menyarankan anda untuk menjalankan tes baterai. Proses ini akan memberitahu anda apakah masalahnya ada pada baterai anda atau tidak. Anda dapat menggunakan software pengujian baterai gratis untuk menguji kesehatan baterai anda.



Anda juga dapat menggunakan software khusus yang dikembangkan oleh produsen laptop anda untuk menguji kesehatan baterai laptop anda. Beberapa software populer adalah:

  • MyASUS app.
  • HP Support Assistant.
  • Dell SupportAssist.


Jika anda tidak ingin menginstall software pihak ketiga, anda dapat menggunakan Command Prompt untuk membuat laporan baterai anda. Atau, anda juga bisa mencoba satu hal ini.

  • Matikan laptop anda dan keluarkan baterainya.
  • Sekarang, colokkan charger dan hidupkan power supply.
  • Nyalakan kembali laptop anda.
  • Charger anda sekarang memberikan daya terus-menerus ke laptop anda.


Sekarang, anda dapat melihat apa yang terjadi pada kursor mouse anda. Jika mouse berfungsi dengan baik, maka baterai anda mungkin rusak. Namun jangan langsung mengambil kesimpulan sebelum mencoba perbaikan lainnya.



4. Update atau Install Ulang Driver


Driver perangkat yang rusak atau out of date juga dapat menyebabkan masalah ini. Saya menyarankan anda mengupdate driver atau menginstall ulang driver berikut ini.

  • Driver Baterai.
  • Driver Mouse.
  • Driver Touchpad.


Anda perlu mendownload driver versi terbaru dari website resmi produsen komputer anda dan kemudian menginstal driver di laptop anda. Untuk mendownload dan menginstall driver Synaptics Touchpad, artikel ini dapat membantu anda.



5. Colokkan Charger ke Stopkontak Lain


Stopkontak dinding anda mungkin rusak. Anda dapat memeriksanya dengan menyambungkan charger ke stopkontak lain. Jika masalah tidak terjadi kali ini, maka anda perlu memeriksa stopkontak dinding anda. Mungkin stopkontak di dinding memiliki kabel yang salah. Hubungi teknisi untuk memeriksa kabel stopkontak.



Instalasi kabel yang salah pada stopkontak dinding dapat merusak perangkat elektronik anda yang tersambung ke stopkontak dinding tersebut.



6. Update BIOS


Anda juga harus memeriksa update BIOS. Kunjungi website resmi produsen komputer anda dan periksa apakah versi terbaru BIOS anda tersedia. Jika ya, maka download dan install untuk mengupdate BIOS anda ke versi terbaru.



7. Touchpad Anda Mungkin Rusak


Jika masalah masih berlanjut, maka masalahnya mungkin ada pada touchpad laptop anda. Anda dapat memeriksanya dengan menghubungkan mouse eksternal dan menonaktifkan touchpad laptop anda. Bawa laptop anda ke teknisi perbaikan laptop profesional untuk mengidentifikasi penyebab masalahnya. Jika touchpad anda rusak, maka pertimbangkan untuk menggantinya.




Itu saja. Semoga membantu.


Sekian tutorial saya kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki kursor mouse melompat ketika charger dicolokkan. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. STAY SAFE & KEEP HEALTHY!!

Post a Comment for "Memperbaiki Kursor Mouse Melompat Ketika Charger Dicolokkan"