Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Merperbaiki Laptop Tidak Mau Hidup Tapi Lampu Power Menyala

 


Jika laptop Windows anda tidak mau hidup, tetapi lampu power menyala, maka artikel ini akan membantu anda memperbaiki masalah ini. Menurut pengguna yang mengalami masalah ini, saat laptop dihidupkan, layar tetap hitam, tetapi lampu power terus berkedip. Biasanya, masalah seperti ini terjadi karena terjadi masalah pada hardware laptop anda.

 


Merperbaiki Laptop Tidak Mau Hidup Tapi Lampu Power Menyala

Jika laptop Windows anda tidak hidup, tetapi lampu power menyala, maka gunakan beberapa solusi berikut untuk mengatasi masalah tersebut.

 


1. Hard Reset Laptop Anda
 

Terkadang, sisa muatan menyimpan masalah pada laptop. Hal ini mungkin terjadi pada anda. Untuk memeriksanya, anda dapat melakukan hard reset untuk menguras sisa power pada laptop anda. Langkah-langkah berikut akan membantu anda untuk melakukannya.

  • Tekan dan tahan tombol Power untuk mematikan laptop anda.
  • Sekarang, lepaskan baterai laptop anda.
  • Setelah itu, cabut semua perangkat yang terhubung di laptop anda.
  • Kemudian, tekan dan tahan tombol Power laptop anda hingga 60 detik. Ini akan menghabiskan semua sisa muatan.
  • Setelah itu, pasang kembali baterai ke laptop anda.
  • Kemudian, hubungkan charger dan hidupkan laptop anda.


Beberapa laptop memiliki baterai yang tidak dapat dilepas. Oleh karena itu, anda dapat melewati langkah ke-2 di atas saat melakukan hard reset.

 


2. Lepaskan Baterai dan Hidupkan Laptop Anda


Baterai yang rusak juga dapat menyebabkan masalah seperti itu. Untuk memeriksanya, anda dapat menjalankan laptop anda tanpa baterai dan melihat apa yang terjadi. Karena layarmu berwarna hitam, maka anda harus mematikan paksa laptop anda. Untuk itu, tekan dan tahan tombol Power untuk mematikan laptop anda. Sekarang, lepaskan baterainya. Kemudian hubungkan charger ke laptop anda. Setelah itu, hidupkan laptop anda dan lihat apakah masalahnya masih berlanjut. Jika tidak, anda harus mengganti baterai anda. Jika tidak, penyebab masalahnya ada di tempat lain.

 



3. Pasang Ulang RAM

 

RAM yang rusak dapat menyebabkan berbagai masalah pada komputer Windows. Hal ini mungkin terjadi pada anda. Komputer Windows memiliki tool pengujian RAM bawaan yang bernama Windows Memory Diagnostics Tool. Tool ini digunakan untuk menguji masalah RAM. Namun karena layar anda tidak terlihat, maka anda tidak dapat menggunakan tool ini. Oleh karena itu, anda harus memeriksanya secara manual.

Pasang ulang RAM anda dan lihat apakah ada perubahan. Untuk melakukannya, anda perlu mematikan laptop anda dengan menekan dan menahan tombol Power dan mencari modul RAM. Sekarang, lepaskan modul RAM dengan hati-hati dari slotnya. Setelah anda melepas modul RAM, bersihkan RAM anda dengan hati-hati dan masukkan kembali ke dalam slot. Setelah anda melakukan ini, tutup casing laptop anda dan hidupkan kembali laptop anda. Jika berhasil, masalahnya terjadi karena debu yang menumpuk di dalam laptop anda.

Jika anda memasang dua stik RAM di laptop anda, salah satunya mungkin rusak atau cacat. Untuk memeriksanya, lepaskan salah satu stik RAM dan hidupkan laptop anda. Lihat apa yang terjadi. Sekarang, ganti stik RAM lainnya dengan yang pertama. Ini akan memberitahu anda stik RAM mana yang rusak. Setelah ini dikonfirmasi, ganti RAM anda yang rusak.

 



4. Update BIOS


BIOS yang out of date terkadang dapat menyebabkan masalah pada laptop. Masalah ini dapat diatasi dengan mengupdate BIOS. Saya menyarankan anda untuk mengupdate BIOS system anda. Pastikan anda memiliki cadangan power saat mengupgrade BIOS. Jika komputer mati selama proses berlangsung, BIOS anda akan rusak dan anda memerlukan teknisi untuk memperbaikinya.

 


5. Reset CMOS
 

Mereset CMOS juga dapat membantu memperbaiki masalah ini. Tindakan ini akan mengembalikan pengaturan BIOS ke nilai defaultnya.

 



6. Bawa Laptop Anda untuk Diperbaiki 

 

Jika tidak ada perbaikan di atas yang berhasil, masalahnya mungkin ada di tempat lain. Jadi, bawa laptop anda ke teknisi laptop profesional untuk diperbaiki.

 


Semoga membantu anda!

Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam merperbaiki Laptop tidak mau hidup tapi lampu power menyala. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. STAY SAFE & KEEP HEALTHY!!

Post a Comment for "Merperbaiki Laptop Tidak Mau Hidup Tapi Lampu Power Menyala"