Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Tidak Dapat Mengatur Wallpaper yang Berbeda pada Dual Monitor

 


Baru-baru ini beberapa pengguna Windows 11 dengan pengaturan dual monitor mengeluh tentang masalah pengaturan wallpaper yang berbeda untuk setiap monitor. Setiap kali mereka mencoba mengatur wallpaper yang berbeda untuk setiap monitor, gambar yang sama akan diterima dan ditampilkan oleh kedua monitor. Masalah yang sama juga kemungkinan dapat dihadapi oleh pengguna Windows 10. Ini bukan situasi yang ideal, jadi apa yang harus dilakukan pengguna?


Nah, ada cara untuk membuat segala sesuatunya bergerak ke arah yang benar. Dan seperti yang anda duga, saya akan menjelaskan cara mengatur wallpaper yang berbeda pada system yang menggunakan dual monitor.



Memperbaiki Tidak Dapat Mengatur Wallpaper yang Berbeda pada Dual Monitor


Jika anda tidak dapat mengatur background yang berbeda untuk dual monitor pada Windows 10 atau Windows 11, maka gunakan solusi berikut ini untuk mengatur wallpaper yang berbeda pada setiap monitor anda.



1. Hapus Semua Desktop Windows


Solusi pertama disini adalah menyingkirkan semua desktop Windows jika anda menggunakan multi Desktop untuk membuka aplikasi Windows secara terpisah. Anda perlu menghapus yang lain dan tinggalkan hanya satu desktop Windows. Jangan khawatir, aplikasi yang anda buka pada Desktop lain tidak akan ditutup, tetapi akan disatukan ke Desktop utama atau ke Desktop yang tidak anda tutup. Saya memahami bahwa ini adalah bug, yang memiliki kemampuan untuk muncul kembali. Karena itu, mari kita bahas cara memperbaiki masalah tersebut.

  • Klik pada ikon Desktop atau Task View yang terletak di Taskbar.
  • Kemungkinan besar, anda akan melihat bahwa beberapa Desktop terbuka dan berjalan.
  • Jika ya, maka arahkan kursor ke Desktop tambahan dan klik tombol X untuk menutupnya. Atau anda dapat mengklik kanan pada masing-masing Desktop dan pilih Close.


  • Setelah anda menghapusnya, sekarang tekan tombol Win + I untuk membuka Settings Windows.
  • Di jendela Settings:
    • Windows 10: Pilih Personalization dan di halaman berikutnya klik Background di panel kiri.
    • Windows 11: Pilih Personalization di panel kiri dan pilih Background di panel kanan.
  • Setelah itu di panel kanan, klik kanan pada gambar anda dan jika terbaca, maka pilih Set as monitor background, bukan Set as desktop background.
  • Terakhir, klik gambar yang ingin anda tampilkan di setiap monitor, dan selesai.




2. Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga


Jika dengan menggunakan pengaturan bawaan Windows tidak berhasil untuk anda, maka saya sarankan anda untuk memanfaatkan aplikasi pihak ketiga. Salah satu yang terbaik saat ini adalah tool yang dikenal sebagai DisplayFusion. Saat tool ini dibuka, ia akan meminta pengguna untuk menonaktifkan taskbar multi-monitor anda.


Setelah aktif dan berjalan, semua fitur akan dapat diakses dari Taskbar. Yang harus anda lakukan adalah klik kanan pada Taskbar untuk mendapatkan akses ke semua fitur yang ditawarkan DisplayFusion. Misalnya, anda dapat memilih fungsionalitas monitor mana yang ingin anda konfigurasikan.




Bisakah saya memiliki 2 wallpaper berbeda pada 2 monitor?

Dimungkinkan untuk memiliki wallpaper yang berbeda pada setiap monitor jika anda memiliki dual monitor. Microsoft telah memungkinkan ini di Windows 10 dan Windows 11. Jadi, seharusnya pengguna tidak memiliki banyak masalah untuk membuatnya berfungsi.


Bagaimana cara memperbaiki resolusi layar yang berbeda pada dual monitor?

Pertama, anda harus mengklik kanan pada desktop dan memilih Display Settings. Dari sana, klik kotak bernomor yang ingin anda sesuaikan. Selanjutnya gulir ke bawah ke Display Resolution dan pilih resolusi yang anda inginkan melalui kotak dropdown. Selesaikan dengan mengklik Keep Changes. Hanya itu saja.


Semoga membantu anda!


Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki tidak dapat mengatur Wallpaper yang berbeda pada dual monitor di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Anda juga dapat merequest tutorial yang anda butuhkan. Terimakasih dan GBU. STAY SAFE & KEEP HEALTHY!!

Post a Comment for "Memperbaiki Tidak Dapat Mengatur Wallpaper yang Berbeda pada Dual Monitor"