Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Printer Tidak Mencetak Teks, Garis dan Titik dengan Benar

 


Printer sangat umum digunakan sehingga seringkali kita lupa betapa bergunanya printer tersebut. Kita sering menganggapnya sebagai hal yang wajar sampai terjadi masalah dan kita baru menyadari betapa kita sangat membutuhkannya. Salah satu masalah yang sering terjadi adalah ketika printer tidak mencetak teks, garis dan titik dengan benar. Pada suatu saat, anda mungkin menghadapi masalah seperti ini dan penting untuk mengetahui penyebabnya dan cara memperbaikinya.


Masalah ketika printer tidak mencetak teks, garis dan titik dengan benar bisa terjadi pada printer inkjet, laser dan LED. Setiap jenis printer memiliki penyebab yang berbeda-beda. Artikel ini akan membahas alasan mengapa hal ini terjadi dan memberikan solusi yang dapat anda lakukan.



Memperbaiki Printer Tidak Mencetak Teks, Garis dan Titik dengan Benar


Jika anda menghadapi masalah printer yang tidak dapat mencetak teks, garis dan titik dengan benar, maka anda dapat menggunakan beberapa metode perbaikan berikut ini untuk memperbaikinya.



1. Nozzle Printer Tersumbat


Nozzle yang tersumbat biasanya ada di printer inkjet dan dapat terjadi karena beberapa alasan. Nozzle yang tersumbat dapat disebabkan karena printer tidak digunakan dalam waktu lama dan cartridge tinta mulai mengering. Nozzle tersumbat dapat disebabkan karena printer tidak tertutup di area yang terkena debu dan kotoran. Saat printhead tersumbat, printer tidak akan mencetak teks, garis dan titik dengan benar.


Jika printer anda sudah mengalami masalah cetak, anda harus mencoba membersihkan printhead. Anda harus melihat buku manual printer anda atau buka website pabrikan untuk mengetahui cara khusus membersihkan printer anda. Printer biasanya memiliki dua jenis printhead, satu yang terpasang di atas cartridge tinta dan satu lagi yang terpasang di dalam printer. Printer biasanya memiliki proses pembersihan otomatis bawaan yang dapat anda aktifkan dari dalam software, misalnya pada printer Epson anda dapat menjalankan Nozzle Check. Fungsi pembersihan otomatis bawaan menggunakan beberapa tinta dalam proses pembersihan, jadi berhati-hatilah. Jika anda memutuskan untuk membersihkan printhead secara manual, maka baca petunjuk pada buku manual printer anda untuk melakukannya.



Jika anda berencana untuk pergi sebentar, cobalah untuk tidak membuka cartridge baru untuk printer anda jika memungkinkan. Anda juga harus menjaga printer tetap tertutup saat tidak digunakan. Jika memungkinkan, simpan printer anda di ruangan yang memiliki pengatur suhu dan bebas debu.



2. Printhead Tidak Sejajar


Setiap kali anda mendapatkan printer baru atau mengganti cartridge, anda akan diminta untuk melakukan kalibrasi. Kalibrasi ini dimaksudkan untuk menyelaraskan printhead. Jika printhead tidak sejajar, hal ini dapat menyebabkan printer tidak dapat mencetak teks, garis dan titik dengan benar.



Setiap kali anda mendapatkan printer baru atau mengganti cartridge tinta, lakukan kalibrasi agar printhead dapat disejajarkan. Jika printer anda tidak mencetak teks, garis dan titik dengan benar, lakukan kalibrasi pada printer. Anda dapat memeriksa buku manual atau pergi ke website pabrikan untuk mengetahui cara melakukan kalibrasi printer.



3. Drum atau Toner Cartridge Rusak


Jika printer laser anda memiliki drum yang rusak, maka ini dapat menyebabkan cetakan anda rusak. Beberapa printer memiliki drum di dalam toner cartridge sementara beberapa lainnya memiliki drum yang terpisah. Drum menggulung isi dokumen anda ke atas kertas. Jika drum tergores akan mempengaruhi hasil cetak. Jika anda menggunakan toner yang rusak atau toner yang tidak asli dapat mempengaruhi hasil cetak anda.



Sebelum melalui pemecahan masalah yang jauh lebih sulit, coba ganti drum atau toner untuk melihat apakah itu akan membantu. Anda juga dapat mencoba membersihkan drum untuk melihat apakah sisa toner lama yang menyebabkan masalah. Coba ganti toner dan lihat apakah itu membantu, sebelum mencoba pemecahan masalah yang jauh lebih sulit. Pastikan anda menggunakan toner asli yang dibuat oleh produsen printer anda.



4. LED Kotor


Printer LED bekerja mirip dengan printer laser saat menerapkan data ke kertas. Satu-satunya perbedaan adalah bahwa alih-alih menggunakan laser, printer LED menggunakan LED sebagai sumber cahaya. Jika ada debu, sisa kertas atau ada sisa toner pada LED, maka hal ini dapat mempengaruhi hasil cetak.



Jika anda menduga ada debu, residu kertas atau residu toner pada LED, maka anda dapat membersihkannya dengan kain yang bebas serabut. Jika printer anda memiliki fungsi pembersihan sendiri, maka anda juga dapat menggunakannya. Tutupi printer anda saat tidak digunakan untuk waktu yang lama.



Jika anda ingin mereset printer ke pengaturan pabrik, maka artikel ini akan membantu anda.


Bagaimana cara kerja printer LED?

Printer LED paling mirip dengan printer laser, menggunakan sistem drum, toner dan fuser untuk mengaplikasikan toner berwarna atau hitam ke kertas. Ada satu perbedaan utama antara keduanya yaitu printer laser menggunakan laser dan cermin untuk menciptakan muatan statis yang menarik toner pada drum pencetakan, sementara model LED menggunakan strip LED.


Mengapa printer inkjet dengan tinta print tidak mau mencetak?

Printer inkjet dengan tinta mungkin tidak dapat mencetak jika nozzle tersumbat oleh tinta kering atau debu. Mungkin tidak mencetak jika ada masalah komunikasi antara perangkat dan printer. Ini mungkin tidak mencetak jika ada pekerjaan stuck di depan dokumen anda dalam print queue.



Semoga membantu anda!


Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki Printer tidak mencetak teks, garis dan titik dengan benar. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Anda juga dapat merequest tutorial yang anda butuhkan. Terimakasih dan GBU. STAY SAFE & KEEP HEALTHY!!

Post a Comment for "Memperbaiki Printer Tidak Mencetak Teks, Garis dan Titik dengan Benar"