Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Komputer Tidak Dapat Booting ke BIOS

 


Proses booting ke BIOS di Windows 10 atau Windows 11 cukup mudah namun bervariasi tergantung pada produsen PC anda. Terkadang, pengguna PC karena satu dan lain hal mungkin ingin mem-booting PC mereka ke BIOS, tetapi dalam beberapa kasus, mereka mungkin tidak berhasil melakukan booting ke BIOS.


Salah satu alasan utama anda tidak dapat mengakses BIOS di Windows adalah mungkin karena proses booting yang cepat.


BIOS menyertakan POST (Power-On Self-Test) yang membantu memverifikasi apakah komputer memenuhi persyaratan untuk boot dengan benar. Komputer anda harus lulus test POST dan jika tidak, anda mungkin mendengar bunyi beep, yang menandakan kerusakan hardware.



Memperbaiki Komputer Tidak Dapat Booting ke BIOS


Jika anda menghadapi masalah ini, anda dapat mencoba solusi yang saya rekomendasikan dibawah tanpa urutan tertentu dan lihat apakah itu membantu menyelesaikan masalah ini.



1. Perbaikan Awal


Seperti yang sudah di jelaskan sebelumnya, masalah ini juga dapat di sebabkan oleh masalah pada hardware, entah itu tidak terpasang dengan benar atau rusak. Oleh karena itu, pastikan kabel SATA yang menghubungkan hard disk atau SSD dengan motherboard sudah terpasang dengan benar. Jika anda menggunakan NVMe, maka anda juga perlu memeriksanya kembali. Lakukan pemeriksaan secara menyeluruh, termasuk memory dan VGA card. Motherboard yang tidak mendapatkan power yang cukup juga dapat menyebabkan masalah ini. Oleh karena itu, periksa juga kabel power dari PSU ke motherboard anda.



Jika saat menghidupkan komputer, anda mendengar bunyi beep yang berbeda, maka kemungkinan terjadi masalah pada hardware tertentu. Oleh karena itu, anda perlu memeriksa kode beep komputer anda untuk mengetahui hardware yang bermasalah. Setelah mengetahuinya, lakukan langkah yang di perlukan untuk memperbaiki hardware tersebut.


Anda juga perlu memastikan bahwa file system anda tidak rusak. Anda mungkin perlu menjalankan SFC secara offline untuk memperbaikinya. Dan jika hal ini terjadi karena overheat, maka anda perlu membiarkannya beberapa saat dan periksa kembali.


Lanjutkan ke solusi berikutnya jika langkah perbaikan awal ini tidak membantu anda.



2. Nonaktifkan Fast Startup


Windows 10 dan Windows 11 hadir dengan kecepatan boot yang lebih tinggi dan oleh karena itu, menekan tombol saat boot PC mungkin meleset dan itu mengakibatkan anda gagal booting ke BIOS. Dalam hal ini, anda dapat menonaktifkan Fast Startup dan kemudian coba boot ke BIOS kembali dan lihat apakah prosesnya berhasil diselesaikan. Sama seperti Fast Startup, anda juga mungkin perlu menonaktifkan Fast Boot.




3. Booting Langsung ke UEFI/BIOS


Jika anda tidak dapat booting ke UEFI/BIOS karena mungkin Fast Startup atau alasan lainnya tetapi anda dapat booting komputer ke desktop anda, maka anda dapat booting langsung ke UEFI/BIOS anda. Metode ini berhasil untuk banyak pengguna yang mengalami masalah ini. Setelah anda berada di UEFI/BIOS, pastikan anda menonaktifkan Fast Boot.




4. Clear CMOS


Jika anda tidak dapat masuk ke pengaturan BIOS saat boot PC, maka anda perlu melakukan clear CMOS. Anda dapat mengikuti langkah-langkah dibawah ini untuk melakukannya. Anda juga mungkin memerlukan layanan teknisi hardware jika anda tidak dengan perangkat komputer atau jika anda menggunakan laptop.

  • Cabut semua perangkat periferal yang terhubung ke komputer anda.
  • Selanjutnya, cabut kabel listrik dari sumber listrik AC.
  • Kemudian. tekan dan tahan tombol Power selama beberapa detik untuk menghilangkan sisa muatan listrik pada perangkat.
  • Setelah itu, lepaskan penutup komputer.
  • Sekarang, temukan baterai di motherboard. Baterai mungkin dalam dudukannya yang horizontal atau vertikal atau mungkin terhubung ke header onboard dengan kabel.
    • Jika baterai berada di dalam dudukan, maka lepas baterai tersebut, kemudian biarkan sekitar satu jam dan pasang kembali.
    • Jika baterai terhubung ke header onboard dengan kabel, maka lepaskan kabel dari header onboard, kemudian biarkan satu jam dan hubungkan kembali kabel.


  • Setelah itu, pasang kembali penutup komputer.
  • Kemudian, colokkan kembali komputer anda ke sumber listrik.
  • Sekarang, coba booting ke BIOS anda. Ini seharusnya berhasil memperbaikinya.


Jika anda pada akhirnya dapat boot ke BIOS, anda dapat mereset BIOS anda ke default, dengan asumsi anda telah membuat beberapa perubahan karena perubahan yang anda lakukan tersebut bisa menjadi alasan lain mengapa anda kemudian tidak dapat boot ke BIOS anda.


Semoga membantu anda!


Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki komputer tidak dapat booting ke BIOS. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Anda juga dapat merequest tutorial yang anda butuhkan. Terimakasih dan GBU. STAY SAFE & KEEP HEALTHY!! 

Post a Comment for "Memperbaiki Komputer Tidak Dapat Booting ke BIOS"