Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Error Code E87 pada Steam di Windows 10/11

 


Steam secara luas dianggap sebagai salah satu launcher game terbaik di dunia. Namun, ia juga tidak terlepas dari masalah. Beberapa penggunanya melaporkan bahwa mereka mendapatkan error dari waktu ke waktu. Baru-baru ini, beberapa pengguna Steam melaporkan kejadian dimana mereka tidak dapat sign in ke Steam. Dalam artikel kali ini, saya akan membahas apa yang dapat anda lakukan jika anda tidak dapat sign in ke Steam dan mendapatkan Error Code E87.


Saat masalah error Steam ini terjadi, pengguna melihat pesan error lengkap seperti berikut ini.

Something went wrong while attempting to sign you in. Please try again later. 

Error Code: e84




Memperbaiki Error Code E87 pada Steam di Windows 10/11


Jika anda mendapatkan Error Code E87 pada Steam, maka ikuti beberapa solusi yang disebutkan dibawah ini untuk memperbaikinya.



1. Lakukan Power Cycle Router Anda


Hal pertama yang perlu anda lakukan adalah melakukan power cycle router anda. Anda perlu memutuskan sambungan komputer anda dari jaringan, merestart router anda, kemudian memeriksa apakah masalahnya telah teratasi. Untuk itu, anda perlu menonaktifkan terlebihdahulu WiFi di komputer anda. Setelah itu, matikan router, kemudian lepaskan semua kabel termasuk kabel power pada router anda dan tunggu beberapa menit hingga arus kapasitor terbuang semuanya. Sekarang, sambungkan kembali semua kabel dan hidupkan kembali perangkat anda. Terakhir, sambungkan ke jaringan lalu coba sign in kembali. Semoga ini bisa membantu anda.



2. Restart Steam


Jika me-reboot router tidak berhasil untuk anda, maka anda perlu merestart aplikasi klien Steam. Ingatlah bahwa saat menutup aplikasi, jangan hanya mengeklik ikon Close. Sebagai gantinya, anda perlu membuka Task Manager dengan menekan tombol Ctrl + Shift + Esc, kemudian klik kanan pada semua proses Steam dan pilih End Task. Setelah selesai, luncurkan kembali Steam. Kali ini, anda perlu membuka Steam dengan hak administrator dan periksa apakah masalahnya telah teratasi.




3. Keluar dari Perangkat Lain


Jika anda sign in ke beberapa perangkat, maka sign out dari perangkat tersebut dan coba kembali. Secara teori, proses sign ini    pada beberapa perangkat seharusnya tidak menjadi masalah, namun mungkin karena beberapa bug atau error, akun Steam anda tidak mendukungnya. Itulah sebabnya anda harus sign out dari semua perangkat yang saat ini anda sign in dan kemudian memeriksa apakah masalahnya telah teratasi. Untuk memutuskan sambungan dari semua perangkat sekaligus, buka anda dapat membuka akun Steam anda di komputer manapun kemudian ikuti langkah-langkah yang dijelaskan dibawah ini.

  • Di Steam, klik menu Steam dan pilih Settings.
  • Di jendela Settings, pilih Security di panel kiri.
  • Selanjutnya, klik Deauthorize Devices di samping Deauthorize all devices di panel kanan.
  • Terakhir, periksa apakah masalah telah teratasi atau tidak.




4. Pastikan Waktu dan Tanggal System Sudah Benar


Jika tanggal dan waktu system anda salah, maka anda tidak akan bisa login ke akun manapun. Jadi, periksa apakah tanggal dan waktu di komputer anda sudah benar atau belum. Jika tidak benar, maka ubah tanggal dan waktu secara manual dan periksa apakah masalah telah teratasi. Mudah-mudahan ini bisa membantu anda.


Di Windows 10:

  • Buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I dan pilih Time & Language di jendela Settings.
  • Di halaman berikutnya, klik Date & time di panel kiri.
  • Kemudian aktifkan Set time automatically dan Set time zone automatically ke On.
  • Selanjutnya, klik Region di panel kiri dan pastikan anda telah memilih Country or region yang benar di panel kanan.
  • Jika salah, maka gunakan tombol drop down untuk memilihnya.
  • Setelah itu, tutup jendela Settings dan periksa kembali.



Di Windows 11:

  • Tekan tombol Win + I untuk membuka Settings Windows.
  • Di jendela Settings, klik Time & language di panel kiri dan klik Date & time di panel kanan.
  • Selanjutnya, aktifkan Set time automatically dan Set time zone automatically ke On.
  • Sekarang, periksa apakah anda telah memilih Region yang benar pada bagian atas di halaman yang sama. Anda juga dapat mengklik Language & region di halaman Time & language.
  • Selanjutnya, klik menu drop-down Country or region dan pilih region anda.
  • Terakhir, tutup jendela Settings dan lihat apakah masalah telah teratasi.




5. Nonaktifkan ReactJS-based login


Karena anda tidak dapat login, anda dapat menonaktifkan ReactJS-based login dan mengembalikan gaya login lama. Jika anda tidak mendapatkannya, tidak ada yang perlu dikhawatirkan karena saya akan menunjukkan bagaimana anda dapat dengan mudah melakukan perubahan yang diperlukan. Ikuti langkah-langkah yang diberikan dibawah ini untuk melakukan hal yang sama.

  • Klik kanan pada Steam dan pilih Properties.
  • Di jendela Properties, alihkan ke tab Shortcut.
  • Kemudian, tambahkan -noreactlogin pada kotak Target.
  • Terakhir, klik Apply dan OK untuk menyimpan perubahan.



Sekarang, anda dapat membuka Steam dan memeriksa apakah masalahnya telah teratasi atau tidak.



6. Reset Password Akun Steam Anda


Jika tidak ada yang berhasil, pilihan terakhir anda adalah mereset password akun Steam anda. Melakukannya akan mengembalikan akun anda ke normal dan anda dapat sign in tanpa khawatir.



Mudah-mudahan membantu anda!


Sekian tutorial saya kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki Error Code E87 pada Steam di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. STAY SAFE & KEEP HEALTHY!!

Post a Comment for "Memperbaiki Error Code E87 pada Steam di Windows 10/11"