Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Office 365 Error AADSTS51004, The user account does not exist in the directory

 


Pada artikel ini, kita akan mempelajari cara mengatasi Office 365 yang mengalami error AADSTS51004, The user account does not exist in the directory. Error ini biasanya muncul ketika pengguna mencoba login ke Office 365, aplikasi cloud berbasis business, atau program desktop Office 365. Error ini mungkin muncul pada percobaan pertama, tetapi jika anda merefresh halaman, anda akan mendapatkan laporan error yang lebih rinci. Laporan error kedua memiliki opsi untuk menyalin teks dan anda dapat mengirimkannya ke administrator untuk ditindaklanjuti.


Error AADSTS51004 pada Office 365 ini menunjukkan bahwa pengguna telah menggunakan kredensial yang benar untuk melakukan login dan proses otentikasi berhasil. Namun, terdapat beberapa kemungkinan penyebab mengapa pengguna tidak dapat mengakses akun mereka. Pesan error ini akan terlihat seperti berikut ini.

Sorry, but we're having trouble signing you in.

AADSTS51004: The user account does not exist in the directory. To sign into this application, the account must be added to the directory.



Error AADSTS51004 terjadi ketika user account tidak ada di direktori tertentu, seperti Microsoft Azure Active Directory (AD). Agar user account dapat mengakses aplikasi, akun tersebut harus ditambahkan ke AD sebagai guest atau sebagai domain independen. Kesalahan ini dipicu ketika user account tidak memiliki ImmutableID pada aplikasi Office 365.


ImmutableID merupakan atribut unik yang diperlukan oleh aplikasi Office 365 untuk mengidentifikasi akun dengan benar. Jika ImmutableID tidak tersedia atau tidak sesuai, otentikasi user account akan gagal dan kesalahan AADSTS51004 akan muncul.



Penyebab Office 365 Mengalami Error AADSTS51004


Ada beberapa alasan mengapa anda mendapatkan error AADSTS51004 ini . Berikut adalah daftar penyebab terjadinya masalah ini.

  • Jenis akun yang salah: Jika pengguna mencoba login menggunakan akun pribadi mereka di akun multitenancy, mereka akan mendapatkan error.
  • Pengguna tamu/guest tidak diundang: Pengguna mungkin mendapatkan error ini saat mencoba mengakses akun yang tidak diundang oleh administrator.
  • Admin telah menghapus akun: Kemungkinan, admin telah menghapus akun dari direktori. Jika pengguna mencoba membuat kembali akun yang sama, mereka akan menerima error AADSTS51004 ini.



Memperbaiki Office 365 Error AADSTS51004, The user account does not exist in the directory


Jika Aanda mendapatkan error AADSTS51004, The user account does not exist in the directory di aplikasi Microsoft 365 apapun, maka coba beberapa solusi berikut ini untuk memperbaikinya.



1. Tambahkan Ulang User Account


Error AADSTS51004 dapat terjadi karena user account di aplikasi AD atau Office 365 belum disinkronkan dengan benar. Solusi untuk ini adalah menghapus user account di server AD Connect dan menambahkannya kembali untuk disinkronkan kembali. Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk melakukannya.

  • Buka Azure Admin center, kemudian klik Settings dan pilih halaman Domains.
  • Selanjutnya, pilih akun domain yang ingin anda ubah dan klik Delete di sebelah kanan atas.
  • Selanjutnya, ikuti saran dan petunjuk untuk melanjutkan proses.
  • Terakhir, klik Close untuk menyelesaikan proses.



Catatan: Untuk melakukan langkah di atas, anda harus memiliki hak administrator untuk membuat perubahan tersebut di AD.


Untuk aplikasi Office 365, buka halaman login, kemudian sign out dari akun anda dan login kembali untuk memungkinkan sinkronisasi ulang dilakukan.



2. Tambahkan Pengguna Sebagai Guest


Seperti yang dikatakan dalam error, akun tidak ada di direktori akun MS. Aplikasi Office 365 mungkin menggunakan detail penyewa yang salah untuk login. Untuk memperbaikinya, tambahkan pengguna sebagai guest (tamu) jika anda memiliki hak akses administrator. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah dibawah ini.

  • Buka Azure Portal dan login ke User Administrator. Anda juga dapat menggunakan akun dengan izin untuk mengundang guest ke direktori.
  • Sekarang, temukan dan pilih Azure Active Directory dan klik Users.
  • Dari menu baru, pilih Invite external user.



Metode di atas memungkinkan anda untuk menambahkan guest ke penyewa anda menggunakan alamat email. Namun, jika anda ingin membuat pengguna guest dengan akun domain, maka buka User Administrator - Azure Active Directory - Users - Create new user. Pastikan anda mengubah ke Guest dibawah User type.



Tips: Gunakan alamat email guest yang ingin anda undang, pilih username tampilan yang disukai dan anda juga dapat menambahkan pesan khusus untuk pengguna. Jika mau, anda dapat CC penerima lain jika diperlukan. Terakhir, klik tombol Review + invite dan pilih Next: Properties. Ikuti petunjuk di layar untuk menambahkan detail lain yang mungkin anda sukai.



3. Gunakan Kredensial Akun yang Tepat


Jika pengguna mencoba login menggunakan akun pribadi atau berbeda selain yang dibuat oleh administrator tertentu, maka anda akan mendapatkan error AADSTS51004 saat mengakses aplikasi Office 365. Untuk memperbaikinya, gunakan hanya kredensial akun yang digunakan untuk membuat guest atau user account. Jika anda tidak yakin, konsultasikan dengan administrator anda atau orang yang mengundang anda ke Active Directory.



Semoga membantu anda!


Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki Office 365 Error AADSTS51004, The user account does not exist in the directory. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. STAY SAFE & KEEP HEALTHY!!

Post a Comment for "Memperbaiki Office 365 Error AADSTS51004, The user account does not exist in the directory"