Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bisakah Hacker Membuat Hotspot WiFi Palsu?

 


Permintaan akan Internet dapat mengarahkan sebagian pengguna kemanapun mereka dapat mengakses hotspot Internet. Tapi, bisakah hacker membuat hotspot WiFi palsu? Pada artikel ini, saya akan menjawab pertanyaan ini dan menjelaskan bagaimana pengguna Internet dapat mencegah diri mereka dari kerentanan terhadap hotspot palsu dan publik. Saya juga akan memberi anda tips tentang cara mengidentifikasi hotspot palsu.


Penjahat dan hacker malicious dapat memanfaatkan celah di industri internet untuk mendapatkan akses ke privasi orang dan melakukan cybercrime yang tidak beralasan. Pengguna internet perlu mengetahui cara terlibat saat menggunakan hotspot Wi-Fi publik atau bahkan pribadi dan tetap selalu aman. Mari kita jelajahi bagian cyber security ini dan melihat cara untuk menghindari predator online yang menggunakan hotspot untuk menipu pengguna secara tidak sadar.



Apa itu Hotspot Wi-Fi Palsu dan Bagaimana Cara Mengidentifikasinya


Hotspot palsu adalah jaringan wireless berbahaya yang dapat digunakan hacker untuk memikat pengguna agar mengklik atau mendownload malware ke smartphone atau komputer mereka. Hotspot ini biasanya ada di sekitar tempat umum seperti bandara, terminal bus dan lainnya. Mereka diatur dan terlihat sah yang membuat beberapa pengguna menjadi korban.


Untuk mengidentifikasi hotspot palsu, periksa dulu namanya dan lihat seberapa real tampilannya. Jika namanya seperti Wi-Fi gratis, Hotspot gratis atau nama apapun yang tidak mewakili bisnis atau tempat publik apapun di sekitar tempat anda berada, maka itu mungkin hotspot palsu. Cara lain untuk mengidentifikasi jaringan Wi-Fi publik palsu adalah jika tidak memerlukan password untuk mengaksesnya. Sebagian besar bisnis menawarkan password kepada pelanggan mereka untuk mengakses hotspot mereka.



Untuk membantu anda mengidentifikasi hotspot palsu, jaringan Wi-Fi publik palsu atau hotspot publik Evil Twin, berikut beberapa karakteristik khusus yang dimilikinya. 

  • Mereka tidak memiliki kode akses keamanan atau password.
  • Koneksi mereka sangat lambat sehingga anda tidak dapat memuat halaman seperti koneksi yang lebih aman.
  • Semuanya gratis.
  • Mereka memiliki pengalihan halaman yang bertindak sebagai umpan bagi pengguna untuk mengkliknya.
  • Mereka meniru nama yang mirip dengan bisnis, hotel atau tempat buplik lain yang terdekat.



Bisakah Hacker Membuat Hotspot WiFi Palsu?


Ya! Hacker dapat membuat hotspot palsu untuk masuk ke perangkat anda dan mencuri informasi penting seperti detail kartu kredit, mencuri password, percakapan atau lainya. Mereka juga dapat menginstall malware di perangkat anda atau mengambil alih semua aktivitas online anda termasuk mengubah password. Dalam kasus seperti itu, beberapa hacker meminta uang tebusan untuk mendapatkan kendali penuh atas akun dan password anda.



Bagaimana Cara Melindungi Diri dari Hotspot Palsu?


Beberapa pengguna telah menjadi korban hotspot palsu atau hotspot publik Evil Twin. Berikut adalah beberapa tips untuk melindungi diri anda dari hotspot ini.

  • Selalu curiga ketika melihat dua hotspot yang terlihat mirip di tempat umum, di kantor, di sekolah dan tempat lainnya. Jika terkait dengan bisnis tertentu, tanyakan kepada staf mereka. Jika anda menemukan hotspot ini di tempat kerja anda, sampaikan ini kepada orang yang bertanggung jawab.
  • Gunakan VPN yang sah untuk mengakses Wi-Fi apapun yang tidak anda yakini. VPN membuat tingkat enkripsi antara pengguna dan website. Hacker mungkin akan kesulitan menyadap traffic data anda di hotspot palsu.
  • Selalu matikan koneksi Wi-Fi otomatis di smartphone atau komputer anda. Ini akan mencegah perangkat anda terhubung ke Wi-Fi publik palsu atau Evil Twins secara otomatis tanpa sepengetahuan anda.


Tips: Jika anda secara tidak sengaja atau tidak sadar terhubung ke hotspot palsu, segera putuskan sambungan, sambungkan ke jaringan aman dan ubah password ke website prioritas anda.


Semoga anda tidak menjadi korban berikutnya.


Bisakah Hacker Meretas Hotspot Anda?

Ya. Hacker dapat meretas hotspot, router dan Wi-Fi anda dan mencegat browsing anda untuk mendapatkan akses ke kredensial pribadi dan keuangan anda seperti kartu kredit, akun media sosial, aplikasi perbankan, password dan lainnya. Jika anda curiga telah diretas, coba tips yang telah saya soroti di artikel ini untuk kembali ke keamanan online anda.


Bisakah Seseorang Meretas Telepon Hanya dengan Nomor Telepon?

Tidak. Tidak ada yang bisa meretas anda secara langsung hanya dengan nomor telepon anda. Namun, mereka secara tidak langsung dapat mengakses informasi anda jika mereka menghubungi anda dengan nomor yang tampaknya resmi dan menanyakan detail tertentu kepada anda. Mereka dapat menggunakan detail tersebut untuk mengakses akun online atau aplikasi bank anda.


Sekian artikel kali ini. Semoga bermanfaat untuk anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti artikel ini. Anda juga dapat merequest tutorial yang anda butuhkan. Terimakasih dan GBU. STAY SAFE & KEEP HEALTHY!!

Post a Comment for "Bisakah Hacker Membuat Hotspot WiFi Palsu?"