Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki SMART Hard Disk Error di Windows 10/11

 


Anda mungkin mengalami masalah SMART Hard Disk Error saat mem-boot komputer HP anda. Error code aktual yang diberikan dapat bervariasi dan dapat menyertakan salah satu kode seperti 301, 302, 309, 30A, 30B, 30C, 3F1 atau 3F2. Saat masalah ini terjadi, anda akan melihat pesan error lengkap seperti berikut ini.

SMART Hard Disk Error

The SMART hard disk check has detected an imminent failure. To ensure not data loss, please backup the content immediately and run the Hard Disk Test in System Diagnostics.

Hard Disk 1(301).



Penyebab utama munculnya SMART Hard Disk Error adalah kemungkinan hard drive anda rusak atau akan gagal. Error ini juga terkait dengan BIOS yang out of date atau salah dikonfigurasi, kontak yang buruk, konflik aplikasi, infeksi virus, temperatur hard disk yang lebih tinggi dari biasanya, komputer terjatuh atau mendapat hentakan yang keras dan penyebab lainnya.


Untuk mengatasi masalah tersebut, artikel ini akan memberikan beberapa solusi yang dapat anda coba untuk menghilangkan error ini dari komputer Windows 10 atau Windows 11 anda.



Memperbaiki SMART Hard Disk Error di Windows 10/11


Jika anda mendapatkan SMART Hard Disk Error dengan error code 301, 302, 309, 30A, 30B, 30C, 3F1 atau 3F2, maka anda dapat mengikuti beberapa solusi berikut ini untuk memperbaikinya. Namun sebelum anda memulai perbaikan, sebaiknya anda segera membackup semua data dan file penting anda. Meskipun SMART hard disk error mungkin tidak menunjukkan hilangnya hard disk dalam waktu dekat, namun langkah terbaik adalah bersiap-siap, jikalau disk anda gagal sewaktu-waktu.



1. Pastikan Ada Ventilasi yang Memadai


Anda dapat memulai pemecahan masalah SMART Hard Disk Error pada PC Windows anda dengan memastikan bahwa ada ventilasi yang memadai di komputer anda.


Salah satu cara paling umum untuk mengatasi masalah peringatan S.M.A.R.T. yang terkait dengan suhu rata-rata yang berlebihan adalah dengan meningkatkan ventilasi atau exhaust vent. Pastikan semua kipas beroperasi dengan baik dan memastikan system anda memiliki aliran udara yang cukup sebelum mencoba solusi lainnya. Dalam banyak kasus, error S.M.A.R.T. ini dapat teratasi jika anda mengidentifikasi dan memperbaiki masalah ventilasi, sehingga suhu rata-rata turun ke kisaran normal.



2. Pasang Ulang Hard Drive


Saat pengaktifan, komputer melakukan pengujian SMART Hard Disk. Anda dapat melihat pesan error pada layar hitam jika ada kemungkinan masalah hard drive. Pemecahan masalah ini mengharuskan anda menjalankan Hard Disk Test untuk memverifikasi kondisi hard disk dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Pada layar error POST, tekan tombol F2.
  • Selanjutnya pada Main Menu, pilih Component Tests.


  • Pada menu Component Tests, pilih Storage dan klik Quick Test.
  • Kemudian klik Run once.


  • Setelah itu, Quick Test akan mulai berjalan. Tunggu hingga selesai.



Jika komputer anda memiliki lebih dari satu hard drive, maka anda dapat memilih hard drive yang akan diuji. Atau anda dapat memilih Test All Hard Drives untuk menguji semua hard drive yang terpasang di komputer anda. Saat tes selesai, layar akan menampilkan hasilnya. Hasil tes juga tersedia di Test Logs pada Main Menu.


Jika hard drive lulus dalam Quick Test, tetapi masih ada masalah dengan hard drive anda, maka anda perlu menjalankan Extensive Test. Tes ini mencakup SMART Check, Short DST, Optimized DST dan Long DST. Untuk menjalankan tes ini satu per satu, pilih dari menu Hard Drive Tests.

  • Jika hard drive gagal dalam tes, klik Troubleshoot.
  • Ikuti petunjuk di layar untuk mencoba menyelesaikan masalah dan klik Yes.



Saat pengujian hard drive selesai, sebuah pesan menunjukkan tindakan yang diambil. Tabel di bawah menunjukkan hasil pengujian hard drive dan saran tindakan yang dapat anda lakukan.

Hasil Tes

Tindakan yang Disarankan

Hard Disk Test passed

Lanjutkan penggunaan komputer secara normal.

Problem found and repaired

Lanjutkan penggunaan komputer secara normal.

Bad sector found and remapped

Restart komputer.

  • Jika pesan error lain ditampilkan, jalankan kembali Hard Disk Test.
  • Jika tidak ada pesan error yang ditampilkan, lanjutkan penggunaan komputer secara normal.

Pesan error khusus dan ID code error 24 digit ditampilkan

Jika Hard Drive Test menampilkan pesan error dan kode ID garansi, maka hubungi HP.



4. Update BIOS

Beberapa BIOS pabrikan tidak dapat menginterpretasi bidang S.M.A.R.T tambahan dengan benar seperti perangkat Solid State Drive (SSD). Anda dapat memperbaikinya dengan mengupdate BIOS anda. Anda dapat mengunjungi website resmi pabrikan komputer atau motherboard anda, kemudian mencari update BIOS terbaru dan install. Anda dapat menghubungi pabrikan komputer atau motherboard anda untuk saran tentang cara menghentikan S.M.A.R.T. test di BIOS jika tidak ada update yang tersedia atau jika update tidak memperbaiki masalah S.M.A.R.T. masalah setelah drive lulus disk test.



5. Update Firmware/Driver Hard Disk

Anda juga perlu mengupdate driver atau firmware anda secara manual melalui Device Manager jika anda telah mendownload file .inf atau .sys untuk driver tersebut, atau mengupdate driver melalui Command Prompt. Anda juga dapat mengupdate driver dari bagian Optional Updates di bawah Windows Update. Atau anda juga dapat mendownload driver versi terbaru dari website produsen hard disk anda dan menginstall driver di komputer anda atau secara otomatis mengupdate driver anda menggunakan software update driver gratis pihak ketiga apapun untuk Windows 10 atau Windows 11 anda.



6. Ganti Disk

Masalah ini hanya terjadi pada laptop HP yang terintegrasi dengan firmware HP SMART check. Saat anda mem-boot system, HP SMART check menjalankan versi modifikasi dari pemeriksaan Power-On-Self-Test (POST) untuk memeriksa masalah hardware. Firmware menampilkan error code seperti error hard disk SMART 301 saat mendeteksi masalah dengan hard drive internal selama scan jika menemukan masalah terkait hardware. Dan jika masalah berlanjut dan juga bergantung pada hasil pengujian hard disk di atas, anda mungkin perlu mengganti hard disk anda.


Semoga membantu anda!

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki SMART Hard Disk Error di Windows 10 atau Windows 11. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Memperbaiki SMART Hard Disk Error di Windows 10/11"