Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Error Code 25509, Failed to start matchmaking di Modern Warfare 2

 


Apakah anda mengalami error dengan code 25509 saat bermain game Call of Duty: Modern Warfare 2? Beberapa gamer telah melaporkan bahwa mereka terus menerima error code ini saat bermain dalam mode multiplayer di Modern Warfare 2. Pesan error yang ditampilkan bersama dengan error code ini adalah seperti berikut ini.

Failed to start matchmaking, please retry the operation. Error code: 25509



Error ini telah dilaporkan terjadi pada PC dan console Xbox. Koneksi internet yang tidak stabil menjadi alasan utama terjadinya error ini pada game Modern Warfare 2. Selain itu, jika server game Activision mengalami masalah, maka kemungkinan anda juga akan menerima error code ini. Faktor lain yang dapat menyebabkan error ini meliputi penggunaan VPN atau proxy yang bermasalah serta instalasi game yang rusak.


Jika anda menghadapi error code 25509 ini, maka jangan khawatir. Saya telah menyusun daftar solusi yang terbukti berhasil untuk membantu anda mengatasi masalah ini pada game Modern Warfare 2.



Memperbaiki Error Code 25509, Failed to start matchmaking di Modern Warfare 2


Apabila anda mengalami error Failed to start matchmaking dengan error code 25509 pada game Modern Warfare 2 pada PC atau console Xbox anda, maka berikut adalah beberapa metode yang dapat anda coba untuk memperbaiki masalah ini.



1. Periksa Masalah Server


Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah memeriksa kemungkinan masalah server. Error Matchmaking pada Modern Warfare 2 seringkali terjadi karena masalah pada server yang sedang berlangsung. Ada kemungkinan bahwa server Activision sedang mengalami masalah atau sedang dalam pemeliharaan. Untuk memeriksa status server Modern Warfare 2 saat ini, anda dapat memeriksa status server di support.activision atau menggunakan aplikasi down detector gratis. Dengan menggunakan tool ini, anda dapat memastikan apakah server sedang mengalami gangguan atau tidak berfungsi dengan baik. Ini akan membantu anda menentukan apakah masalah yang anda hadapi terkait dengan server atau bukan.



Jika anda mengetahui bahwa server Activision sedang mengalami gangguan atau down, maka hal yang perlu anda lakukan adalah menunggu beberapa saat sampai masalah tersebut diperbaiki oleh mereka. Dalam hal ini, tidak ada langkah yang dapat anda ambil untuk memperbaiki error tersebut, karena itu tergantung pada upaya dan pemeliharaan dari pihak Activision.


Namun, jika server game aktif dan berjalan dengan baik, tetapi anda masih mengalami error 25509 tersebut, maka anda dapat melanjutkan dengan langkah-langkah perbaikan berikutnya untuk mencoba mengatasi masalah tersebut.



2. Restart Game atau PC dan Console


Error ini juga mungkin hanya sementara dan dapat diatasi dengan restart sederhana. Anda dapat mencoba menutup sepenuhnya game dan kemudian meluncurkannya kembali untuk melihat apakah error tersebut hilang. Jika error masih muncul, anda juga dapat mencoba merestart PC anda dan kemudian memeriksa apakah masalahnya telah teratasi. Dengan merestart PC, anda memberikan kesempatan pada system untuk memulai kembali dan menghapus beberapa error sementara yang mungkin terjadi saat booting sebelumnya. Setelah me-restart, cobalah untuk meluncurkan kembali game dan periksa apakah error masih ada.


Jika anda mengalami error ini di konsol Xbox, maka restart console Xbox anda. Untuk melakukannya, tekan dan tahan tombol Xbox di controller anda untuk membuka Power Center. Setelah itu, klik opsi Restart console - Restart dan biarkan konsol reboot. Setelah selesai, periksa apakah error sudah diperbaiki. Jika tidak, anda dapat melakukan power cycle di console anda dan periksa apakah error dapat diperbaiki.


Untuk melakukan power cycle di console Xbox, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Pastikan console Xbox anda dihidupkan sepenuhnya.
  • Setelah itu, tekan dan tahan tombol power di console hingga LED depan mati.
  • Sekarang, lepaskan kabel power pada console dari sakelar utama.
  • Kemudian tunggu setidaknya 30 detik. Ini akan menghapus data sepenuhnya dari cache console.
  • Selanjutnya, colokan kembali kabel power di console anda dan hidupkan console.


Jika anda memiliki console Xbox Series S/X, maka anda dapat mengikuti langkah berikut ini untuk mengosongkan penyimpanan persisten dan merestart console.

  • Tekan tombol Xbox pada controller untuk membuka menu Xbox dan pilih opsi Settings dari menu.
  • Di dalam menu Settings, pilih tab Device & Connections di panel kiri dan pilih opsi Blu-Ray di panel kanan.
  • Di halaman berikutnya, pilih opsi Persistent Storage.
  • Setelah itu, pilih Clear Persistent Storage untuk mengosongkan penyimpanan persisten.
  • Setelah selesai, restart console Xbox anda.




3. Pastikan Internet Anda Berfungsi dengan Baik


Masalah dalam konektivitas jaringan juga dapat menjadi salah satu penyebab dari error code 25509 di Modern Warfare 2. Oleh karena itu, penting untuk memeriksa koneksi internet anda dan memastikan bahwa anda memiliki koneksi jaringan yang aktif dan stabil.



Koneksi jaringan kabel cenderung lebih andal untuk bermain game. Jika memungkinkan, anda dapat mencoba mengganti koneksi wireless anda dengan koneksi kabel dan melihat apakah masalaherror code 25509 di Modern Warfare 2 dapat teratasi. Anda juga dapat mengatur agar WiFi dinonaktifkan secara otomatis saat terhubung ke koneksi kabel sehingga anda tidak perlu menonaktifkannya secara manual



4. Lakukan Power Cycle pada Perangkat Network


Anda juga dapat mencoba melakukan power cycle pada router anda dan kemudian melihat apakah masalahnya dapat teratasi. Untuk itu, cabut router anda dan biarkan setidaknya selama 30 detik. Setelah itu, pasang kembali dan biarkan boot sepenuhnya. Setelah selesai, hubungkan ke internet dan lihat apakah errornya hilang. Jika tidak, anda dapat mengikuti beberapa metode lain untuk memperbaiki error tersebut.



5. Reset Console Anda


Pengguna console Xbox dapat mencoba melakukan reset pada console mereka untuk memperbaiki masalah yang mungkin terjadi. Kerusakan system pada console dapat menyebabkan error code 25509 di Modern Warfare 2. Dalam hal ini, mereset console ke pengaturan awal dapat membantu mengatasi masalah tersebut. Selama proses ini, pengguna dapat menyimpan data aplikasi dan game mereka, sehingga anda tidak perlu khawatir kehilangan game yang sudah diinstall.


Untuk mereset console Xbox, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Tekan tombol Xbox di console anda untuk masuk ke menu.
  • Kemudian, buka All Settings - Settings - System.
  • Selanjutnya arahkan ke Console info & updates dari menu kanan.
  • Disini, pilih opsi Reset console dan kemudian tekan Reset and keep my games & apps.
  • Setelah mereboot console, periksa apakah masalah telah teratasi atau tidak.



Setelah console direset, itu akan direstart. Setelah itu, anda dapat meluncurkan Modern Warfare 2 dan memeriksa apakah error ini telah diperbaiki atau tidak.



6. Nonaktifkan VPN/Proxy


Jika anda menggunakan VPN (Virtual Private Network) atau server proxy, hal ini juga dapat menjadi penyebab error Failed to start matchmaking di Modern Warfare 2. Meskipun VPN adalah aplikasi yang berguna untuk menjaga keamanan dan melewati pembatasan jaringan, terkadang mereka dapat mengganggu kinerja normal aplikasi atau game dan menyebabkan error semacam ini. Oleh karena itu, disarankan untuk menonaktifkan VPN atau proxy yang anda gunakan dan kemudian memeriksa apakah error telah teratasi.


Di Windows 10:

  • Tekan tombol Win + I untuk membuka Settings Windows dan pilih Network & Internet di jendela Settings.
  • Di halaman berikutnya, klik VPN atau Proxy di panel kiri.
  • Di panel kanan, untuk menonaktifkan VPN, klik VPN yang anda gunakan dan klik Disconect.
  • Sementara untuk menonaktifkan Proxy, ubah opsi Use a proxy server ke Off dan klik Save.
  • Setelah itu, restart komputer anda.



Di Windows 11:

  • Tekan tombol Win + I untuk membuka Settings Windows.
  • Di jendela Settings, klik Network & internet di panel kiri dan klik VPN atau Proxy di panel kanan.
  • Di halaman selanjutnya, untuk menonaktifkan VPN, perluas VPN yang anda gunakan dan klik Disconect.
  • Sementara untuk menonaktifkan Proxy, klik Setup di sebelah Use a proxy server, kemudian nonaktifkan Use a proxy server ke Off dan klik Save.
  • Sekarang, restart komputer anda.




7. Install Ulang Modern Warfare 2


Jika semua upaya sebelumnya tidak berhasil untuk anda, maka opsi terakhir yang bisa anda coba adalah menginstall ulang game. Mungkin ada kerusakan pada file game yang menyebabkan fungsi-fungsi tertentu tidak berjalan dengan baik. Dalam kasus seperti itu, anda dapat menguninstall dan kemudian menginstall ulang game Modern Warfare 2. Dengan menginstall ulang game, anda akan mendapatkan salinan yang segar dan mungkin dapat mengatasi masalah yang muncul sebelumnya. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut ini.


Di Battle.net:

  • Luncurkan launcher Battle.net dan pilih Modern Warfare 2.
  • Pilih ikon roda gigi yang ada di sebelah ikon Play dan pilih opsi Uninstall.
  • Ikuti prosedur di layar untuk menguninstall game dan restart PC anda setelah proses selesai.
  • Setelah itu, luncurkan Battle.net.
  • Kemudian, temukan dan pilih Call of Duty: Modern Warfare 2.
  • Selanjutnya, klik Install untuk mendownload dan menginstall game.



Di Steam:

  • Buka Steam dan pilih LIBRARY.
  • Kemudian, temukan Call of Duty: Modern Warfare 2.
  • Selanjutnya, klik kanan pada Modern Warfare 2, kemudian arahkan ke Manage dan kli Uninstall.
  • Pada jendela konfirmasi yang muncul, klik Uninstall.
  • Setelah anda menguninstallnya, anda dapat merestart komputer anda.
  • Setelah itu, luncurkan kembali Steam, kemudian temukan kembali game Call of Duty: Modern Warfare 2 dan install.




Semoga membantu anda!


Sekian artikel saya kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki error code 25509, Failed to start matchmaking di Modern Warfare 2. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Memperbaiki Error Code 25509, Failed to start matchmaking di Modern Warfare 2"