Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Error 0xC004F061, Invalid Product Key Saat Clean Install Windows

 


Microsoft telah mengadopsi kebijakan satu key untuk satu aktivasi Windows. Artinya, setiap instalasi Windows hanya dapat diaktifkan menggunakan satu product key. Jika anda menginstall Windows di beberapa hard drive di komputer yang sama, anda tidak dapat menggunakan key yang sama untuk mengaktifkan semua salinan Windows. Kebijakan ini juga berlaku untuk clean install, dimana beberapa key hanya dapat digunakan untuk mengupdate Windows.


Jika anda mencoba menggunakan key yang sama untuk mengaktifkan beberapa salinan Windows atau melakukan clean install, maka anda mungkin akan mendapatkan error Invalid Product Key dengan error code 0xC004F061. Berikut adalah pesan error lengkap yang akan di tampilkan saat anda menghadapi masalah ini.

Invalid Product Key

The following failure occurred while trying to use the product key:

Code: 0xC004F061

The Software Licensing Service determined that this specified product key can only be used for upgrading, not for clean installations.




Memperbaiki Error 0xC004F061, Invalid Product Key Saat Clean Install Windows


Karena anda telah membeli lisensi baru, error seperti itu seharusnya tidak terjadi. Namun sayangnya, jika anda menghadapi masalah ini, maka artikel ini akan membantu anda memperbaikinya.


Catatan: Pastikan anda tahu apa yang perlu dilakukan sebelum dan setelah menginstall Windows.


  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik regedit dan tekan Enter untuk membuka Registry Editor.
  • Di jendela Registry Editor, arahkan ke lokasi berikut ini.
HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Setup\OOBE
  • Di panel kanan lokasi ini, anda akan melihat DWORD bernama MediaBootInstall yang memiliki Value data 1.
  • Klik dobel pada DWORD tersebut untuk mengubah Value datanya.
  • Di jendela edit DWORD, ubah Value datanya menjadi 0 (nol) dan klik OK untuk menyimpannya.


  • Setelah itu, tutup Registry Editor.
  • Sekarang, tekan tombol Win + R, kemudian ketik cmd dan tekan Ctrl + Shift + Enter untuk membuka Command Prompt dengan hak administrator. Atau anda dapat membuka Windows Terminal dengan hak admin dan pilih Command Prompt.
  • Di jendela Command Prompt, masukan perintah berikut dan tekan Enter.
slmgr /rearm
  • Setelah anda menjalankan perintah di atas, anda akan menerima pesan seperti gambar berikut ini.


  • Jika anda diminta untuk memasukkan product key, maka lakukan untuk mengaktifkan kembali Windows 10 atau Windows 11 anda.
  • Klik OK di jendela yang ditampilkan di atas dan restart komputer anda.
  • Setelah reboot, error ini harus diperbaiki sekarang.


Cara Mendapatkan Product Key Windows 10/11 Setelah Clean Install

Jika anda menggunakan Microsoft account, maka anda dapat menggunakan akun yang sama untuk masuk setelah proses instalasi Windows selesai. Windows akan secara otomatis mengetahui dan mengaktifkan key milik anda. Namun jika anda belum pernah menggunakan Microsoft account sebelumnya, maka anda harus mengetahui key-nya dari email anda. Anda dapat menggunakan beberapa metode berikut ini:

Satu-satunya cara untuk menemukan Product Key lengkap jika anda tidak dapat menemukannya dimanapun adalah dengan menggunakan software pihak ketiga untuk mengungkap detailnya. Namun, jika anda tidak ingin menggunakan software, maka anda dapat menggunakan metode bawaan untuk mengungkapkan detail key-nya.

Jika anda masih tidak dapat mengetahuinya, hubungi Microsoft untuk menyelesaikannya.

Semoga membantu anda!

Sekian artikel saya kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki error 0xC004F061, Invalid Product Key saat clean install Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Memperbaiki Error 0xC004F061, Invalid Product Key Saat Clean Install Windows"