Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Error 0x800F0841 Windows Update di Windows 10/11

 


Jika anda terus mengalami error 0x800F0841 Windows Update yang mengganggu, maka artikel ini bisa memberikan bantuan untuk anda. Error code 0x800F0841 ini muncul ketika anda menginstall update security dan patch. Anda akan melihat error seperti berikut ini jika masalah ini terjadi.

We couldn’t install this update, but you can try again (0x800f0841).


Untuk memperbaiki masalah ini di komputer Windows 10 atau Windows 11 anda, ada beberapa solusi sederhana yang dapat anda gunakan untuk mengatasinya.



Memperbaiki Error 0x800F0841 Windows Update


Update Windows bertujuan untuk meningkatkan pengalaman pengguna dengan memberikan fitur terbaru, mengenalkan kemampuan baru dan mengatasi masalah umum. Selain itu, melakukan Disk Cleanup dapat membantu mengosongkan sejumlah ruang untuk mencegah terjadinya error akibat kekurangan ruang. Jika metode tersebut tidak berhasil, anda dapat mencoba solusi berikut ini untuk memperbaiki error 0x800f0841.



1. Jalankan Windows Update Troubleshooter


Menjalankan Windows Update Troubleshooter dapat membantu memperbaiki error update Windows secara otomatis. Berikut cara menjalankan Windows Update Troubleshooter di Windows 10 atau Windows 11 anda.


Di Windows 10:

  • Buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I dan pilih Update & Security di jendela Settings.
  • Selanjutnya pilih Troubleshoot di panel kiri dan klik Additional troubleshooters di panel kanan.
  • Di halaman berikutnya, klik Windows Update diikuti dengan mengklik Run the troubleshooter untuk membuka troubleshooter.
  • Jendela troubleshooter akan terbuka. Ikuti petunjuk yang di tampilkan dan biarkan proses troubleshooter berjalan hingga selesai.



Di Windows 11:

  • Buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I.
  • Di jendela Settings, klik System di panel kiri dan kemudian klik Troubleshoot di panel kanan.
  • Di halaman berikutnya, klik Other troubleshooters di panel kanan.
  • Selanjutnya di panel kanan, klik Run di samping Windows Update untuk membuka jendela troubleshooter.
  • Troubleshooter akan melakukan tugasnya. Biarkan hingga selesai.




2. Hapus File pending.xml


Jika anda menggunakan versi Windows untuk Server, maka anda akan menemukan file pending.xml di lokasi C:\Windows\WinSxS. Jika file-file ini rusak, maka itu akan menggangu proses update Windows dan dapat menyebabkan error ini. Oleh karena itu, anda perlu menghapus file-file tersebut untuk mengatasi masalah ini.


Untuk menghapus file pending.xml, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Di jendela Command Prompt, masukan perintah berikut ini dan tekan Enter.
Ren c:\windows\winsxs\pending.xml pending.old

Perintah ini akan mengganti nama file pending.xml menjadi pending.old. Setelah menjalankan perintah, coba update kembali Windows anda dan semoga masalah ini dapat teratasi.


3. Reset Windows Update Component

Error 0x800F0841 Windows Update ini juga dapat terjadi apabila Windows Update Component rusak atau hilang. Salah satu solusi yang dapat dicoba adalah dengan melakukan reset Windows Update Component dan melihat apakah itu dapat membantu memperbaiki error tersebut. Sebagai alternatif, anda juga dapat menggunakan PowerShell Script untuk mereset client Windows Update.
  • Reset-WindowsUpdate.ps1 Powershell Script: github.com.

Apabila itu tidak berhasil, anda dapat mencoba menggunakan Reset Windows Update Tool. Tool ini menyediakan berbagai opsi yang berbeda untuk memperbaiki masalah yang terkait dengan Windows Update. Tool ini dapat melakukan berbagai tindakan, seperti mereset Windows Update Component dan menghapus value registry yang salah.



4. Coba Install Update dalam Clean Boot

Apabila error belum diperbaiki, maka anda dapat mencoba menginstall update Windows dalam Clean Boot. Dalam mode Clean Boot, hanya driver dan program yang anda izinkan yang akan berjalan. Dengan demikian, hal ini akan mengeliminasi sebagian besar kemungkinan penyebab masalah dan memudahkan proses instalasi update Windows.



5. Download Update dari Microsoft Update Catalog

Anda juga dapat menginstall update Windows secara manual di komputer anda. Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk mendownload dan menginstall update yang bermasalah.
  • Selanjutnya, masukan nomor KB update yang error tersebut dan klik search.
  • Selanjutnya, pilih update yang sesuai dengan perangkat Windows anda dan klik Download.



6. Update Windows Menggunakan Media Creation Tool

Jika anda mengalami masalah saat melakukan update Windows, pertimbangkan untuk menggunakan Media Creation Tool untuk menginstall Feature Update. Dengan menggunakan tool ini, anda dapat menginstall versi terbaru dari system operasi Windows beserta driver. Hal ini dapat membantu mengatasi masalah yang anda hadapi dan memastikan bahwa system anda diupdate dengan versi terbaru yang tersedia.



Semoga membantu anda!

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki error 0x800F0841 Windows Update di Windows 10 atau Windows 11. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Memperbaiki Error 0x800F0841 Windows Update di Windows 10/11"