Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Error 0x800F0223 Windows Update di Windows 10/11

 


Salah satu error update Windows yang muncul adalah error code 0x800F0223. Error code ini pada umumnya terjadi saat anda anda mendownload dan menginstall update Windows. Ada beberapa penyebab yang dapat mengakibatkan munculnya error ini di Windows 10 atau Windows 11 anda seperti koneksi internet yang tidak stabil, ruang disk yang tidak mencukupi, rusaknya komponen Windows atau gangguan dari aplikasi pihak ketiga. Untuk memperbaiki masalah ini, ada beberapa solusi sederhana yang bisa anda lakukan untuk memperbaiki masalah tersebut.



Memperbaiki Error 0x800F0223 Windows Update di Windows 10/11


Untuk memperbaiki error code 0x800F0223 saat mengupdate komputer Windows 10 atau Windows 11 anda, anda dapat mengikuti beberapa solusi berikut ini.



1. Ubah Koneksi Internet


Salah satu penyebab umum terjadinya error saat anda mengupdate Windows adalah karena koneksi internet anda yang tidak stabil atau lambat. Koneksi internet yang lambat dapat mengakibatkan service Windows Update mengalami kesulitan dalam terhubung ke server Windows. Untuk mengatasi masalah ini, anda dapat mencoba merestart router anda dan lihat apakah itu membantu anda. Jika tidak, maka pertimbangkan untuk menghubungkan komputer anda ke koneksi internet yang berbeda.



2. Bersihkan Ruang Drive System


Jika perangkat anda tidak memiliki cukup ruang disk terutama pada drive system anda, maka Windows dapat mengalami kesulitan dalam menginstall update. Salah satu cara cepat untuk memperbaiki error 0x800F0223 ini adalah dengan membersihkan ruang pada drive system anda untuk menyingkirkan temporary dan junk file menggunakan Disk Cleanup. Jika anda pengguna Windows 11, anda juga dapat menggunakan Cleanup Recommendations untuk membersihkan ruang disk anda.




3. Jalankan Windows Update Troubleshooter


Sebelum anda melakukan modifikasi apapun pada system anda, disarankan untuk menjalankan Windows Update Troubleshooter. Windows Update Troubleshooter adalah utilitas bawaan dari Microsoft yang dapat membantu pengguna secara otomatis memperbaiki error terkait update Windows. Berikut adalah langkah-langkah untuk menjalankan Windows Update Troubleshooter di Windows 10 atau Windows 11 anda.


Di Windows 10:

  • Buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I.
  • Di jendela Settings, pilih Update & Security di jendela Settings.
  • Selanjutnya pilih Troubleshoot di panel kiri dan klik Additional troubleshooters di panel kanan.
  • Di halaman berikutnya, klik Windows Update diikuti dengan mengklik Run the troubleshooter untuk membuka troubleshooter.
  • Jendela troubleshooter akan terbuka. Ikuti petunjuk yang di tampilkan dan biarkan proses troubleshooter berjalan hingga selesai.



Di Windows 11:

  • Buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I.
  • Di jendela Settings, klik System di panel kiri dan kemudian klik Troubleshoot di panel kanan.
  • Di halaman berikutnya, klik Other troubleshooters di panel kanan.
  • Selanjutnya di panel kanan, klik Run di samping Windows Update untuk membuka jendela troubleshooter.
  • Troubleshooter akan melakukan tugasnya. Biarkan hingga selesai.




4. Pastikan Service Terkait Update Windows Berjalan


Service Windows Update bertanggung jawab atas pengelolaan instalasi dan pemeliharaan update pada komputer anda. Di sisi lain, Background Intelligent Transfer Service (BITS) bertugas mentransfer file secara asinkron antara klien dan server. Kedua service ini memainkan peran penting dalam proses download dan instalasi update. Dengan merestart kedua service tersebut, itu menjadi solusi yang baik untuk memperbaiki error 0x800F0223 ini. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk memeriksa dan mengatur kedua service tersebut.

  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik services.msc dan tekan Enter untuk membuka Services Windows.
  • Di jendela Services Windows, klik dobel pada masing-masing service berikut ini di panel kanan.
    • Background Intelligent Transfer Service
    • Windows Update
  • Di jendela properties masing-masing service, atur Startup type ke Automatic.
  • Selanjutnya perhatikan bagian Service status;
    • Jika Stopped, maka klik Start untuk menjalankan service.
    • Jika Running, maka klik Stop dan kemudian klik Start untuk merestart service.
  • Setelah itu klik Apply dan OK untuk menyimpan pengaturan anda.




5. Reset Windows Update Component


Kerusakan pada Windows Update Component bisa menjadi penyebab lain terjadinya error code 0x800F0223 ini. Windows Update Component ini mencakup file cache yang berfungsi sebagai penyimpanan sementara untuk proses instalasi update Windows. Dalam situasi ini, melakukan reset Windows Update Component dapat membantu anda menghapus dan mengatur ulang semua file system ke kondisi default. Anda juga dapat menggunakan Reset Windows Update Tool untuk mereset Windows Update Component secara otomatis di Windows 10 atau Windows 11 anda.




6. Install Update di Clean Boot


Gangguan update Windows dapat terjadi dari aplikasi pihak ketiga yang anda install. Jadi, salah satu langkah yang dapat dilakukan untuk memperbaiki error ini adalah dengan mengupdate Windows anda di Clean Boot. Ketika perangkat anda booting dalam Clean Boot, itu hanya akan menjalankan komponen dan program yang diperlukan. Hal ini dapat menghilangkan sebagian besar penyebab gangguan dari program pihak ketiga lain dan memungkinkan update Windows diinstall dengan lancar dan sukses.




Semoga membantu anda!


Sekian artikel saya kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki error 0x800F0223 Windows Update di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Memperbaiki Error 0x800F0223 Windows Update di Windows 10/11"