Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menghapus User Account di Windows 10/11

 


Ketika komputer digunakan oleh banyak orang, banyak akun Windows yang dibuat. Beberapa akun sering digunakan, sementara yang lain tidak begitu aktif. Pada suatu titik, anda mungkin perlu menghapus profil pengguna, terutama jika akun tertentu tidak digunakan sama sekali atau jika ruang penyimpanan menjadi masalah. Dalam artikel ini, saya akan menjelaskan tiga cara menghapus User Account di Windows 10 atau Windows 11 dan juga cara membuat backup data dan file profil jika diperlukan.



Cara Menghapus User Account di Windows 10/11


Ada tiga cara untuk menghapus User Account di Windows 10 dan Windows 11. Mari kita lihat satu per satu metode secara terperinci.



1. Melalui Settings Windows


Untuk menghapus User Account melalui Settings Windows di Windows 10 atau Windows 11, ikuti langkah-langkah yang diberikan dibawah ini.


Di Windows 10:

  • Buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I dan pilih Accounts.
  • Di halaman berikutnya, pilih Family & other users di panel kiri.
  • Di panel kanan, pilih akun yang ingin anda hapus dan klik Remove.
  • Ini akan membuka jendela konfirmasi dan menampilkan pesan peringatan.
  • Klik Delete account and data untuk menghapus user account tersebut.



Di Windows 11:

  • Tekan tombol Win + I untuk membuka Settings Windows.
  • Di jendela Settings, pilih Accounts di panel kiri dan klik Family atau Other users di panel kanan.
  • Selanjutnya, pilih akun yang ingin anda hapus dan klik Remove di samping bagian Account and data.
  • Kemudian, klik Delete account and data di jendela konfirmasi yang muncul.



Pesan peringatan saat anda menghapus user account adalah tentang penghapusan data pengguna. Saat anda menghapus akun, itu akan menghapus semua data pengguna, termasuk item seperti Desktop, Documents, Photos, Music dan folder lainnya. Jadi jika anda belum membackupnya, lakukan itu atau anda tidak akan dapat memulihkan file tersebut.


Catatan: Anda tidak akan dapat menghapus Microsoft Account jika anda tidak memiliki Local atau Microsoft account lain yang dikonfigurasi di komputer tersebut.



2. Menggunakan Perintah Command Line


Ketika komputer anda memiliki beberapa user account, menghapus beberapa user account tersebut menggunakan perintah command line di Command Prompt atau PowerShell akan lebih efisien. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Di jendela Command Prompt atau PowerShell, masukan perintah berikut ini dan tekan Enter untuk menampilkan semua user account di komputer anda.
Net User
  • Selanjutnya, masukan perintah berikut ini dan tekan Enter. Anda perlu mengganti user_name dengan user name yang ingin anda hapus.
Net User user_name /delete


Perintah diatas akan menghapus akun dan semua data tanpa peringatan apapun.

Saat anda menggunakan Command Prompt atau PowerShell, berhati-hatilah agar anda tidak menghapus akun yang salah.


3. Menggunakan Control Panel

Untuk menghapus Local atau Microsoft Account melalui Control Panel di Windows 10 atau Windows 11, ikuti langkah-langkah yang diberikut ini.
  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik control dan tekan Enter untuk membuka Control Panel.
  • Di jendela Control Panel, ubah View by ke Category dan pilih User Accounts.
  • Di halaman berikutnya, klik Remove user accounts dibawah bagian User Accounts.
  • Selanjutnya, klik akun yang ingin anda hapus dan klik Delete the account di halaman berikutnya.
  • Terakhir, klik Delete Files.


Mudah-mudahan, sekarang anda tahu cara menghapus akun dari system anda.


Apa yang Terjadi jika Anda Menghapus User Account?

Semua data user account tersedia di folder di dalam C:\Users. Nama folder akan sama dengan nama pengguna. Anda dapat memverifikasi nama persis pengguna dengan menjalankan perintah "Net User" di PowerShell atau Command Prompt. Saat anda menghapus user account, folder ini beserta semua yang ada di dalamnya akan dihapus.


Cara Membackup File Pengguna

Cara terbaik untuk mengambil backup adalah dengan menyalin folder ke drive eksternal atau partisi lain. Nanti anda dapat melewatinya dan menyimpan apapun yang diperlukan dan menghapus sisanya. Berikut adalah tampilan folder pengguna pada umumnya.

Anda dapat menavigasi ke setiap folder dan menyalin apapun yang anda suka. Beberapa folder potensial adalah Desktop, Downloads, Pictures, Music dan lainnya.


Perbedaan Antara Microsoft Account dan Local Account

Local Account dan Microsoft Account agak mirip. Local Account seperti instance Windows lainnya di system anda yang akan memiliki konfigurasi pengaturannya sendiri. Sedangkan Microsoft Account akan menambahkan beberapa fitur Microsoft seperti Xbox, Word dan lainnya. Ini juga akan menyinkronkan konfigurasi anda, sehingga anda dapat menggunakan pengaturan yang sama di system yang berbeda.


Saya harap tutorialnya mudah dipahami dan membantu anda tidak hanya menghapus user account di Windows 10 atau Windows 11 tetapi juga mengambil cadangan file dari akun itu.

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam menghapus User Account di Windows 10 atau Windows 11. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Cara Menghapus User Account di Windows 10/11"