Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Slideshow Error The folder isn’t supported because of its location


Saat anda mengatur opsi Slideshow untuk Lock screen di Windows 10 atau Windows 11, anda mungkin mengalami error The (nama folder) folder isn’t supported because of its location, Please choose another folder. Pesan error ini muncul saat anda mengklik Browse dan mencoba memilih sumber folder sebagai sumber slideshow untuk  Lock screen anda. Hal ini akan mencegah folder dipilih untuk Slideshow Lock screen anda.


Penyebab utama anda mengalami masalah ini karena OS Windows menganggap folder/subfolder yang dipilih untuk Lock screen tidak didukung untuk Slideshow. Ini karena Windows menganggap lokasi tersebut atau jenis filenya tidak valid untuk slideshow Lock screen.


Situasi seperti ini terutama muncul saat anda mengklik tautan Quick Access dan memilih folder khusus seperti Desktop, Downloads, Documents, Videos dan juga lainnya,termasuk subfolder dari folder khusus tersebut. Hal ini karena Windows mengangap sumber folder tersebut tidak didukung untuk slideshow Lock screen. Outputnya tetap akan sama, bahkan jika anda menavigasi ke folder sumber tersebut secara manual, misalnya, C:\Users\user_name\Pictures\Download. Dalam kasus saya, saya mengalami masalah ini ketika saya memilih folder Download. Error akan ditampilkan seperti gambar berikut ini baik di Windows 10 maupun di Windows 11.



Jika anda masih menghadapi error tersebut saat menyesuaikan Lock Screen di Windows 10 atau Windows 11 anda, maka artikel ini memiliki beberapa solusi yang telah diuji pengguna untuk membantu anda memperbaiki masalah tersebut.



Memperbaiki Slideshow Error The folder isn’t supported because of its location


Jika anda ingin menambahkan folder sumber dengan sukses dan memperbaiki masalah ini, maka gunakanlah metode berikut ini. Pastikan anda memilih sumber folder/subfolder yang tepat untuk Slideshow Lock screen. Selain itu, pastikan bahwa folder sumber memiliki permission/izin untuk diakses oleh SYSTEM.


Metode ini telah terbukti membantu banyak pengguna dalam memperbaiki error yang terjadi. Untuk melakukannya, anda perlu menelusuri jalur folder sumber secara manual, baik itu dari This PC atau dari direktori utama yaitu drive C:. Sebaiknya hindari menggunakan Quick Access untuk memilih folder sumber tersebut.


Anda kemudian dapat mencapai folder sumber yang ingin anda gunakan untuk Slideshow Lock screen dan memilihnya seperti yang ditunjukkan pada langkah-langkah dibawah ini.

  • Buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I.
  • Selanjutnya, di jendela Settings:
    • Untuk Windows 10: pilih Personalization dan klik Lock screen di panel kiri.
    • Untuk Windows 11: Klik Personalization di panel kiri dan klik Lock screen di panel kanan.
  • Selanjutnya, pilih Slideshow dari menu Background (Windows 10) atau Personlise your lock screen (Windows 11).
  • Setelah itu, klik Add a folder pada menu Choose album for your slideshow (Windows 10) atau Browse pada menu Add an album for your slideshow (Windows 11).
  • Sekarang, klik This PC di sebelah kiri dan kemudian klik drive C: di sebelah kanan.
  • Selanjutnya, buka folder Users dan buka folder profil anda.
  • Sekarang, pilih folder sumber tapi jangan dibuka (misalnya, Pictures) dan klik Choose this folder untuk menjadikannya sebagai Slideshow Lock screen.



Ini mungkin terlihat sangat mendasar, tetapi metode ini telah menjadi langkah terbaik yang selalu saya gunakan baik itu slideshow untuk Wallpaper maupun untuk Lock screen.


Anda hanya perlu membuat folder baru di drive lain selain drive system anda. Selanjutnya copy semua gambar yang ingin anda jadikan slideshow untuk Lock screen ke folder baru yang anda buat tersebut. Setelah itu, ikuti langkah yang sama seerti diatas dan memilih folder baru anda untuk dijadikan sebagai slideshow Lock screen anda.



Buka Pengaturan Personalization Melalui Command Prompt


Metode ini berlaku bagi mereka yang tidak dapat membuka halaman pengaturan Personalization melalui Settings Windows. Untuk itu, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik cmd dan tekan Ctrl + Shift + Enter untuk membuka Command Prompt dengan hak administrator. Anda juga dapat membuka Windows Terminal dengan hak admin dan memilih Command Prompt.
  • Di jendela Command Prompt, masukan perintah dibawah ini dan tekan Enter.
control /name Microsoft.Personalization /page pageWallpaper


  • Ini akan membuka halaman Personalization dan anda kemudian dapat mengikuti langkah yang sama seperti diatas untuk memilih folder slideshow.


Jika slideshow Lock Screen tidak berfungsi, mungkin karena slideshow Background Windows tidak diaktifkan. Dalam hal ini, anda perlu mengaktifkannya terlebih dahulu. Jika tidak membantu, anda dapat beralih ke artikel ini untuk mendapatkan bantuan. Anda juga dapat mengaktifkan atau menonaktifkan Background Motion Lock Screen di Windows 11 jika anda menginginkannya.

Semoga membantu anda!

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki Slideshow error The folder isn’t supported because of its location di Windows 10 atau Windows 11. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Memperbaiki Slideshow Error The folder isn’t supported because of its location"