Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki LSA Error This change requires you to restart your device di Windows 11

 


Artikel kali ini akan memberikan solusi yang dapat membantu anda memperbaiki masalah Local Security Authority Protection dengan error This change requires you to restart your device.


Fitur keamanan pada Windows sangat canggih dan bertujuan untuk melindungi pengguna dari ancaman online maupun offline. Beberapa fitur keamanan yang disediakan oleh Windows meliputi BitLocker Drive Encryption, User Account Control (UAC) dan Windows Defender Firewall, Local Security Authority (LSA). Ini adalah fitur keamanan di Windows yang berfungsi untuk memastikan integritas dan kerahasiaan pengguna. Selain itu, fitur keamanan di Windows juga dirancang untuk menjaga ketersediaan data pengguna sambil mencegah aktivitas jahat dari menyusup ke dalam system.


Beberapa pengguna telah mengalami masalah dimana Local Security Authority Protection tidak aktif, meskipun semuanya terlihat berfungsi dengan baik dan tidak ada ancaman yang terdeteksi dalam system. Mereka melihat pesan error yang menyatakan This change requires you to restart your device, meskipun mereka sudah melakukan restart pada system mereka. Ketika pengguna mencoba untuk mengaktifkan Local Security Authority Protection, masalah tersebut tidak teratasi. Hal ini sangat mengkhawatirkan terutama jika pengguna melihat system mereka menjadi rentan terhadap serangan yang dapat membahayakan.



Masalah ini dapat dapat disebabkan oleh beberapa faktor, seperti bug pada system operasi Windows, kerusakan pada file system, penggunaan antivirus pihak ketiga atau software keamanan lain yang menghalangi service Local Security Authority. Sebelum mencoba memperbaiki masalah ini, pastikan bahwa anda mengetahui cara mengaktifkan Local Security Authority Protection pada PC dengan system operasi Windows.



Memperbaiki LSA Error This change requires you to restart your device di Windows 11


Jika Local Security Authority Protection di nonaktifkan dan tidak mendaftarkan restart system bahkan ketika anda telah me-restart komputer anda, maka anda perlu melihat solusi berikut ini untuk memperbaikinya.



1. Update Windows 11


Hal pertama yang perlu anda lakukan untuk memperbaiki masalah ini adalah melakukan update Windows. Microsoft akan merilis update patch keamanan ketika mendapatkan laporan pengguna. Jadi anda dapat memeriksanya apakah patch keamanan terbaru tersedia untuk anda. Jika ya, maka install di komputer anda. Jika ini menyelesaikan masalah, maka itu bagus untuk anda, tetapi jika tidak, maka silakan lanjut ke solusi berikutnya.



2. Konfigurasi LSA Menggunakan Group Policy Editor


Berikut adalah cara anda mengkonfigurasi LSA menggunakan Local Group Policy Editor.

  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik gpedit.msc dan tekan Enter untuk membuka Group Policy Editor.
  • Di jendela Local Group Policy Editor, telusuri jalur berikut dibawah ini.

Computer Configuration - Administrative Templates - System - Local Security Authority
  • Di lokasi, klik dobel pada kebijakan Configures LSASS to run as a protected process di panel kanan.


  • Di jendela edit kebijakan, pilih Enabled.
  • Selanjutnya, di bagian Options, ubah opsi Configure LSASS to run as a protected process ke Enabled with UEFI Lock.
  • Setelah itu, klik Apply dan OK untuk menyimpan pengaturan anda.


Catatan: Pengaturan ini memastikan bahwa service LSA berjalan sebagai yang dilindungi dan UEFI-nya dikunci. LSA tidak dapat dinonaktifkan dari jarak jauh. Jika anda tidak menyukai pengaturan ini, anda dapat memilih opsi Enabled without UEFI Lock.


3. Modifikasi Entri Registry

Local Security Authority Protection tidak mendaftarkan pengaktifan ulang system bahkan saat diaktifkan atau setelah merestart system anda, maka buat system restore point atau backup registry Windows anda, maka ikuti langkah-langkah berikut dibawah ini.
  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik regedit dan tekan Enter untuk membuka Registry Editor.
  • Di jendela Registry Editor, telusuri jalur berikut dibawah ini.
HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Control\Lsa
  • Di lokasi, temukan dua DWORD dengan nama RunAsPPL dan RunAsPPLBoot di panel kanan.
  • Jika anda tidak dapat melihat dua DWORD tersebut, maka buat kedua DWORD tersebut dengan mengklik kanan pada ruang kosong di panel kanan, kemudian pilih New - DWORD (32-bit) Value dan beri nama dengan RunAsPPL dan RunAsPPLBoot.


  • Setelah itu, klik dobel pada masing-masing DWORD untuk mengedit value datanya.
  • Di jendela edit DWORD, atur value datanya menjadi 2 dan klik OK.
  • Setelah mengatur kedua DWORD tersebut, tutup Registry Editor dan restart komputer anda.



4. Jalankan Scan SFC dan DISM

Terkadang, meskipun semuanya berfungsi dengan baik, satu-satunya penyebab  Local Security Authority Protection tidak mendaftarkan restart system dapat disebabkan oleh file system yang rusak. Untuk memperbaiki file-file ini, anda dapat menjalankan tool SFC dan DISM. Kedua tool tersebut akan menemukan, memperbaiki dan memulihkan file system yang korup atau rusak yang mungkin menyebabkan LSA tidak berfungsi dengan baik.



Saya berharap bahwa salah satu metode ini dapat membantu anda memperbaiki masalah This change requires you to restart your device di Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Memperbaiki LSA Error This change requires you to restart your device di Windows 11"