Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Error Setup does not support configuration of or installation to disks connected through a USB or IEEE 1394 port

 


Jika anda mengalami error Setup does not support configuration of or installation to disks connected through a USB or IEEE 1394 port saat menginstall Windows 10 atau Windows 11 di komputer anda, maka ada beberapa solusi yang dapat membantu anda memperbaikinya. Meskipun error ini sering terjadi saat menginstall system operasi Windows di hard drive eksternal, namun beberapa pengguna melaporkan bahwa mereka juga mengalami masalah ini saat menginstall system operasi Windows ke hard drive internal. Error ini dapat terjadi karena pemformatan hard drive yang tidak tepat atau tabel partisi yang tidak didukung.


Saat menginstall Windows 10 atau Windows 11, anda perlu memilih disk dimana anda ingin menginstall system operasi tersebut. Pengguna melaporkan bahwa muncul pesan peringatan di bagian bawah kiri layar saat menggunakan wizard instalasi. Setelah mengklik pesan peringatan tersebut, pesan error lengkap akan ditampilkan seperti berikut ini.

Windows cannot be installed to the disk. Setup does not support configuration of or installation to disks connected through a USB or IEEE 1394 port.




Memperbaiki Error Setup does not support configuration of or installation to disks connected through a USB or IEEE 1394 port


Berikut ini, saya telah menyertakan beberapa solusi untuk memperbaiki error Setup does not support configuration of or installation to disks connected through a USB or IEEE 1394 port saat menginstall Windows 10 atau Windows 11.



1. Format Hard Drive dengan Benar


Salah satu penyebab yang mungkin dari error ini adalah proses format hard drive yang tidak tepat. Jika anda belum melakukan format hard drive secara benar, hal ini dapat menyebabkan masalah saat menginstall system operasi Windows. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Keluar dari wizard instalasi Windows dengan mengklik tombol Close di kanan atas.
  • Sekarang, tekan tombol Shift + F10 untuk meluncurkan Command Prompt.
  • Di jendela Command Prompt, masukan perintah berikut ini dan tekan Enter.
Diskpart
  • Selanjutnya, masukan perintah berikut ini dan tekan Enter untuk melihat semua hard disk yang terhubung ke komputer anda.
List disk
  • Sekarang, masukan perintah berikut ini dan tekan Enter untuk memilih hard disk tempat anda ingin menginstall Windows 10 atau Windows 11. Ganti # dengan nomor disk yang benar.
Select disk #
  • Setelah itu, masukan perintah berikut ini dan tekan Enter untuk membersihkan disk anda.
Clean
  • Terakhir, tutup jendela Command Prompt dan lanjutkan dengan instalasi Windows.


Perhatikan bahwa langkah-langkah di atas akan menghapus semua data pada hard drive yang dipilih. Oleh karena itu, pilih hard drive yang benar saat menjalankan perintah Select disk # diatas.


2. Ubah Tabel Partisi

Jika error ini terjadi karena tabel partisi yang tidak didukung, maka anda perlu mengubah tabel partisi hard disk anda dari MBR ke GPT. Setelah melakukan perubahan ini, coba lakukan kembali instalasi ulang system operasi Windows dan lihat apakah masalah telah teratasi atau tidak.

Untuk melakukannnya, anda dapat mengikuti langkah-langkah pada metode 1 diatas. Setelah semua perintah dijalankan,  masukan perintah dibawah ini dan tekan Enter untuk mengkonvert tabel partisi hard disk anda dari MBR ke GPT.

Convert GPT




3. Apakah Anda Menggunakan USB Drive Bersertifikasi Windows To Go?

Windows To Go merupakan OS Windows yang diinstall pada hard disk eksternal.. Ini berbeda dengan instalasi Windows standar dimana OS Windows diinstall pada hard disk internal.

Untuk berhasil menginstalasi Windows To Go, anda harus menggunakan hard drive yang telah bersertifikasi Windows To Go. Hard drive USB yang telah bersertifikasi Windows To Go dirancang untuk memperoleh kecepatan read/write acak yang tinggi dan mendukung ribuan operasi I/O per detik yang dibutuhkan untuk menjalankan beban kerja Windows secara normal dan lancar.


Jika anda menggunakan hard drive USB yang tidak bersertifikasi untuk menginstall Windows To Go, anda tidak dapat menginstall Windows 10 atau Windows 11 pada hard drive tersebut atau anda mungkin mengalami masalah saat melakukannya. Informasi lebih lanjut dapat anda temukan di website resmi Microsoft.


4. Gunakan Rufus atau Software Pihak Ketiga Lainnya

Anda dapat juga menggunakan software pihak ketiga untuk menginstall Windows di hard drive eksternal anda. Rufus merupakan salah satu software pihak ketiga yang dapat membantu anda melakukan hal tersebut. Anda dapat mendownload Rufus dari website resminya. Jika anda tidak ingin menginstallnya di komputer, anda dapat mengunduh versi portabelnya.


Untuk menginstall OS Windows pada hard drive eksternal menggunakan Rufus, ikuti langkah-langkah berikut ini.
  • Buka aplikasi Rufus.
  • Kemudian, pilih hard drive eksternal anda dari menu Device.
  • Selanjutnya, klik pada SELECT dan pilih file ISO Windows yang ingin anda install.
  • Dari menu Image option, pilih Windows To Go.
  • Kemudian, pada Partition scheme, pilih GPT.
  • Anda dapat membiarkan pengaturan lainnya seperti itu.
  • Setelah anda membuat semua pilihan anda, klik START untuk memulai proses penginstalan OS Windows pada hard drive eksternal.


Jika anda tidak melihat hard drive yang ditargetkan di menu dropdown Device, maka perluas opsi Show advanced drive properties dan beri ceklist pada opsi List USB Hard Drives.


Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki error Setup does not support configuration of or installation to disks connected through a USB or IEEE 1394 port. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Memperbaiki Error Setup does not support configuration of or installation to disks connected through a USB or IEEE 1394 port"