Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Error Device not started (igfx) di Windows 10/11

 


Artikel ini menampilkan solusi untuk memperbaiki error Device not started (igfx) pada Windows 10 atau Windows 11. IGFX adalah Intel Graphics Media Accelerator, sebuah chip grafis onboard. Igfxem.exe adalah modul kontrol utama untuk graphics card Intel. Modul ini diperbaiki antara  graphics card Intel dan system operasi Windows yang memungkinkan memutar layar dan mengontrol beberapa fitur penting graphics card. Namun baru-baru ini, banyak pengguna mengeluh tentang error ini di Windows. Untungnya, anda dapat mengikuti beberapa langkah sederhana untuk memperbaiki error ini.




Memperbaiki Error Device not started (igfx) di Windows 10/11


Untuk memperbaiki error Device not started (igfx) di komputer Windows 10 atau Windows 11 anda, langkah pertama yang perlu anda lakukan adalah mengupdate driver perangkat dan software Intel graphic anda dan juga BIOS Motherboard anda. Namun, jika langkah tersebut tidak berhasil untuk anda, maka anda dapat mempertimbangkan untuk melakukan system restore.


Driver Intel yang out of date atau rusak juga dapat menjadi penyebab error Windows. Jadi, anda perlu menggunakan Optional Updates Windows untuk mendownload dan menginstall komponen driver display apapun yang ditawarkan ke system anda. Langkah ini selalu merupakan ide yang baik untuk memastikan bahwa system operasi Windows 10 atau Windows 11 anda selalu terupdate.


Langkah selanjutnya adalah anda harus mengupdate driver Intel graphics anda. Anda dapat menggunakan Intel Driver Update Utility untuk melakukan itu. Ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk menggunakannya.

  • Setelah itu, buka Intel Driver & Support Assistant.
  • Ini akan membuka link di browser default anda dan kemudian akan memeriksa apakah anda memerlukan update driver.
  • Setelah semuanya selesai, restart PC anda.



Sebagai alternatif, anda dapat menginstall driver secara manual dari Intel Download Center.

  • Dapatkan nomor prosesor Intel anda (misalkan i7-1165G7). Anda dapat memeriksanya di System Information.
  • Selanjutnya, buka Download Center dan ketikkan nomor prosesor di search bar.
  • Kemudian, pilih driver yang diinginkan: Untuk update driver terbaru, disarankan untuk memilih Intel Graphics – Windows* DCH Drivers, tetapi ada opsi lain.
  • Selanjutnya, klik Download dan kemudian buka file EXE.
  • Silakan lanjutkan penginstalan hingga muncul tulisan Installation Complete di installer.
  • Setelah itu, restart PC anda.



Jika ini tidak membantu anda, maka lakukan System Restore untuk kembali ke titik sebelum masalah dimulai. Melakukan system restore dapat membuat perangkat anda berfungsi tanpa menginstall ulang system operasi. Melakukannya akan memperbaiki lingkungan Windows dengan menginstall file dan pengaturan yang disimpan di restore point.



Semoga membantu anda!


Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki error Device not started (igfx) di Windows 10 atau Windows 11. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Memperbaiki Error Device not started (igfx) di Windows 10/11"