Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Error 0xc00000e5 di Windows 10/11

 


Error code 0xc00000e5 ini termasuk dalam sejumlah error aplikasi yang mencegah pengguna untuk meluncurkan dan menggunakan aplikasi yang berbeda di PC Windows 10 atau Windows 11. Umumnya, error ini terkait dengan pesan error The application was unable to start correctly. Jika anda juga mengalami masalah ini, maka artikel ini akan memberikan beberapa metode pemecahan masalah agar anda dapat menjalankan kembali aplikasi di komputer anda.




Memperbaiki Error 0xc00000e5 di Windows 10/11


Sebelum beralih ke metode perbaikan yang lebih spesifik, ada beberapa perbaikan umum yang dapat anda gunakan untuk mengatasi error 0xc00000e5 ini. Perbaikan umum tersebut termasuk memastikan bahwa system anda memenuhi persyaratan minimum untuk menjalankan aplikasi, menjalankan scan malware untuk menghilangkan kesalahan mendasar dan mengupdate driver yang relevan. Saya juga merekomendasikan untuk meninjau pengaturan dan preferensi aplikasi untuk memastikan bahwa keduanya telah dikonfigurasi dengan benar.


Ketika perbaikan umum untuk aplikasi Windows yang tidak merespon tidak membantu anda, maka pemecahan masalah berikut ini akan membantu anda. Pastikan untuk merujuk ke panduan untuk instruksi mendalam.



1. Nonaktifkan Sementara Program Antivirus Anda


Jika perbaikan umum tidak berhasil untuk anda, maka hal pertama yang anda lakukan adalah menonaktifkan sementara program keamanan anda. Error 0xc00000e5 biasanya muncul ketika software antivirus anda keliru mengidentifikasi aplikasi yang ditargetkan sebagai malware atau software yang berpotensi berbahaya. Ini juga disebut false positive.


Untuk memeriksa apakah hal ini terjadi pada situasi anda, maka coba nonaktifkan program keamanan anda sebelum meluncurkan aplikasi yang diinginkan. Anda dapat menemukan software keamanan anda di system tray di pojok kanan bawah, kemudian klik kanan pada ikonnya dan pilih opsi untuk menonaktifkannya. Setelah anda menonaktifkannya, luncurkan aplikasi anda dan lihat apakah error kembali terjadi atau tidak.




2. Tambahkan Aplikasi ke Whitelist di Program Keamanan


Jika anda tidak ingin menonaktifkan program antivirus anda, maka ada juga opsi lain yang dapat anda coba yaitu memasukkan aplikasi ke dalam whitelist di program antivirus anda. Sebagian besar program keamanan menyediakan pengaturan yang memungkinkan anda mengonfigurasi whitelist dimana anda dapat menambahkan aplikasi atau komponennya agar tidak dianalisis oleh antivirus untuk potensi malware atau ancaman keamanan lainnya.



Langkah-langkah untuk memasukkan aplikasi yang ditargetkan ke whitelist di setiap program keamanan akan bervariasi tergantung pada program keamanan yang anda gunakan. Untuk metode ini, saya menyertakan metode untuk antivirus AVG dan Avast. Untuk pengguna antivirus lainnya, anda perlu membuka halaman website resmi dari masing-masing antivirus anda untuk mendapatkan petunjuk.


Untuk Avast:

  • Luncurkan Avast Antivirus di PC anda.
  • Kemudian klik Menu di kanan atas dan pilih Settings.
  • Di Settings, klik Exception.
  • Selanjutnya, klik ADD EXCEPTION dan kemudian klik BROWSE.
  • Buka drive tempat anda menginstall aplikasi yang bermasalah dan pilih file .exe untuk aplikasi yang error dan klik OK untuk menambahkannya.
  • Sekarang, tutup Avast Antivirus dan restart komputer anda.


Untuk AVG:

  • Buka antivirus AVG di komputer anda.
  • Selanjutnya, klik menu tiga garis horisontal di kanan atas dan pilih Settings.
  • Di jendela Settings, pilih General di bagian paling kanan dan kemudian klik Exception di bagian tengahnya.
  • Selanjutnya, klik klik ADD EXCEPTION dan klik BROWSE.
  • Anda kemudian dapat membuka drive tempat anda menginstall aplikasi yang bermasalah dan menambahkan file .exe aplikasi atau file eksternal lain yang bermasalah.
  • Setelah menambahkannya, tutup AVG dan restart komputer anda.




3. Jalankan Aplikasi dengan Hak Administrator


Error 0xc00000e5 juga dapat dikaitkan dengan permission/izin atau hak akses aplikasi. Misalnya, program yang anda coba jalankan mungkin memerlukan permission yang lebih tinggi untuk mengakses file, folder atau pengaturan tertentu. Untuk memastikan aplikasi yang ditargetkan memiliki permission yang diperlukan untuk berfungsi, maka coba jalankan dengan hak administrator.


Untuk itu, anda perlu mengklik kanan pda aplikasi dan memilih Run as administrator. Atau anda dapat mengaturnya agar selalu diluncurkan dengan hak admin. Untuk itu, ikuti langkah-langkah berikut ini untuk mengatur aplikasi agar setiap kali diluncurkan dengan mengklik dobel, itu dijalankan dengan hak admin.

  • Buka File Explorer dengan menekan tombol Win + E dan buka folder instalasi aplikasi anda (C:\Program Files\aplikasi anda).
  • Kemudian, klik kanan pada aplikasi.exe dan pilih Properties.
  • Di jendela properties, pilih tab Compatibility.
  • Setelah itu, beri ceklist pada opsi Run this program as an administrator dan klik OK.




4. Update Windows


Versi Windows yang out of date juga dapat mencegah aplikasi bekerja dengan benar. Sebagian besar aplikasi dirancang untuk bekerja dengan versi Windows tertentu. Ketika versi menjadi out of date atau tidak didukung, anda mungkin menghadapi masalah kompatibilitas dan mengalami masalah seperti yang sedang dipertimbangkan.


Jika anda sudah lama tidak mengupdate Windows, sebaiknya luangkan waktu untuk menginstall semua update yang tersedia. Update system sering berisi perbaikan bug, patch keamanan dan peningkatan performa/kinerja yang dapat membantu memperbaiki error aplikasi.


Namun, jika anda mulai menemukan error aplikasi setelah menginstall update di system anda, ada kemungkinan salah satu update korup atau rusak. Dalam hal ini, anda dapat menguninstall update dan melihat apakah ada bedanya.



Semoga solusi diatas membantu anda menghilangkan error 0xc00000e5 ini untuk selamanya. Jika error terkait aplikasi lainnya muncul di PC anda, seperti error Unhandled exception has occurred in your application, maka lihat panduan saya untuk mempelajari cara menanganinya.


Sekian tutorial kali ini. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Memperbaiki Error 0xc00000e5 di Windows 10/11"