Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Reset Word ke Pengaturan Default di Windows 10/11

 


Anda mungkin perlu mengubah beberapa pengaturan di Microsoft Word untuk situasi tertentu. Namun, terkadang menghapus konfigurasi tertentu tidak berhasil dan ini dapat mempengaruhi performa/kinerja Word atau bahkan menghalangi anda membuat dokumen atau presentasi baru dengan lancar. Untuk mengatasi masalah ini, anda perlu mengembalikan pengaturan Microsoft Word ke pengaturan default. Pada artikel ini, saya akan memberikan langkah-langkah yang dapat anda ikuti untuk mereset pengaturan Microsoft Word ke pengaturan default di Windows 10 atau Windows 11.


Microsoft Word merupakan program pengolah kata yang digunakan oleh banyak orang sebagai software utama. Namun, terkadang pengguna dapat mengalami gangguan dalam penggunaan Word. Jika versi Word yang terinstall di komputer anda menampilkan opsi yang abu-abu, paragraf style berubah tanpa alasan yang jelas atau pengaturan tab tidak terlihat benar, mungkin sudah saatnya untuk melakukan reset. Sayangnya, tidak ada opsi di Word untuk mereset program ke pengaturan standarnya. Namun, anda dapat mengganti nama template global Word untuk melihat apakah itu memperbaiki masalahnya. Jika Word terus mengalami masalah atau berjalan sangat lambat, opsi lainnya adalah menghapus key registry Word. Ini memaksa Word kembali ke pengaturan default asli.



Reset Word ke Pengaturan Default di Windows 10/11


Meskipun Word tidak menyediakan tombol reset khusus untuk mereset program ke pengaturan standarnya, namun anda dapat mencoba beberapa langkah berikut untuk mengatasi masalah tersebut. Anda dapat mereset beberapa pengaturan Word, seperti key Data dan Options Word di registry Windows.


Untuk mengembalikan pengaturan default Word di Windows 10 atau Windows 11, ikuti langkah-langkah dibawah ini. Sebelum melakukannya, disarankan untuk membackup registry atau membuat system restore point sebagai tindakan pencegahan yang diperlukan. Setelah itu, anda dapat melanjutkan dengan langkah-langkah berikut ini.

  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik regedit dan tekan Enter untuk membuka Registry Editor.
  • Di jendela Registry Editor, telusuri jalur berikut dibawah ini.

HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Office\16.0\Word
  • Di lokasi, perluas keyreg Word.
  • Selanjutnya, di bawah keyreg Word, hapus keyreg berikut ini dengan mengklik kanan pada keyreg tersebut dan pilih Delete.
    • Data: Keyreg ini berisi informasi biner untuk daftar "most recently used," termasuk daftar file yang terakhir digunakan dan daftar address book yang terakhir digunakan. Key ini juga berisi pengaturan "Track Changes" dan pengaturan "Edit."
    • Options: Key ini menyimpan opsi yang dapat anda atur dari Microsoft Word, baik dengan mengubah opsi menu atau dengan menjalankan Registry Options Utility. Kemungkinannya ada dalam dua kelompok: opsi default dan pengaturan opsional.
    • Wizards: Semua default wizard disimpan dalam key ini. Pengaturan ini dibuat saat pertama kali anda menjalankan wizard.
  • Di jendela konfirmasi, klik Yes untuk melanjutkan proses penghapusan keyreg.
  • Setelah itu, tutup Registry Editor dan restart komputer anda.


Setelah anda menghapus key registry dan kemudian me-restart program, Word akan menjalankan Setup program untuk merebuild key registry dengan benar. Namun, jika anda ingin merebuild key registry sebelum menjalankan program, anda dapat memperbaiki instalasi Office dengan menginstall ulang Office di PC anda yang menjalankan Windows 10 atau Windows 11. Ini akan membantu memperbaiki atau mereset file dan value Word.

Jika anda ingin mereset paragraf di Word ke pengaturan default untuk dokumen tertentu, maka menekan tombol Ctrl + Shift + Z akan mereset setiap perubahan pemformatan yang dilakukan pada teks, seperti font, ukuran, bold dan lainnya.

Itulah cara anda mereset Word ke pengaturan default di Windows 10 atau Windows 11. Jadi, jika Office sudah mulai memberi anda masalah, anda dapat mengikuti petunjuk yang telah saya uraikan diatas untuk menyelesaikan tugas dengan mudah dan sukses.

Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam mereset Word ke pengaturan default di Windows 10 Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Cara Reset Word ke Pengaturan Default di Windows 10/11"