Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengurangi Brightness Layar Monitor Komputer atau Laptop di Windows 10/11

 


Salah satu keuntungan utama dari menggunakan komputer Windows adalah fleksibilitasnya yang tinggi, karena memungkinkan penggunanya untuk menyesuaikan dan melakukan hampir semua tindakan yang diinginkan secara gratis. Sebagai contoh, anda dapat mengubah pengaturan brightness/kecerahan layar atau melakukan modifikasi lainnya untuk memenuhi preferensi anda, seperti yang dilakukan ketika anda baru saja membeli komputer baru. Meskipun pengaturan brightness layar telah dikurangi seminimal mungkin menggunakan Adaptive Brightness di Power Options, pengguna masih dapat mengubahnya dan melakukan banyak hal lainnya pada komputer Windows untuk memastikan bahwa pengalaman penggunaan menjadi semudah dan semenyenangkan mungkin.



Cara Mengurangi Brightness Layar Monitor Komputer atau Laptop


Jika anda ingin meredupkan layar tau mengurangi brightness/kecerahan pada layar laptop atau monitor komputer anda, maka anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini.


Di Windows 10: 

  • Buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I.
  • Di jendela Settings, pilih System.
  • Di halaman berikutnya, klik Display di panel kiri.
  • Selanjutnya, geser tombol slider dibawah Brightness and color untuk mengatur brightness/kecerahan layar anda.



Di Windows 11:

  • Tekan tombol Win + I untuk membuka Settings Windows.
  • Di jendela Settings, klik System di panel kiri dan klik Display di panel kanan.
  • Di halaman berikutnya dibawah bagian Brightness and color, geser slider di samping Brightness untuk menyesuaikan brightness/kecerahan layar.



Jangan ragu untuk menggunakannya untuk menambah atau mengurangi brightness/kecerahan layar laptop atau monitor anda.



Mengurangi Brightness Layar Monitor Komputer atau Laptop Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga


Anda juga dapat menggunakan dua aplikasi portabel pihak ketiga berikut ini untuk membantu anda meredupkan kecerahan layar lebih lanjut. Ini cocok bagi pengguna komputer desktop yang tidak memiliki opsi Brightness di jendela Settings untuk mengubah brightness/kecerahan pada layar monitor.


1. DimScreen

DimScreen memungkinkan anda meredupkan seluruh layar. Anda dapat mengubah brightness/kecerahan dengan mudah dalam persentase langsung dari area notifikasi dengan mengklik kanan ikon program. Anda juga dapat meredupkan atau menambahkan brightness/kecerahan layar dengan menggunakan tombol Ctrl + (-) dan Ctrl + (+). Anda juga dapat mengonfigurasinya lebih lanjut agar sesuai dengan kebutuhan anda melalui Settings aplikasi DimScreen.




2. Dimmer

Dimmer merpakan software pengontrol brightness/kecerahan gratis yang efektif lainnya. Setelah anda mengatur kecerahan, anda tidak dapat mengubahnya dengan mudah dengan mengklik kanan ikon program area notifikasi. Anda harus membuka Settings aplikasinya. Namun aplikasi ini melakukan pekerjaan dengan baik.




Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda!


Jika anda tidak dapat mengubah brightness di Windows 11 anda, maka artikel ini dapat membantu anda. Anda juga dapat mengkalibrasi monitor anda menjadi lebih sempurna jika anda mau.


Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam mengurangi brightness layar monitor komputer atau laptop di Windows 10 atau Windows 11. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Cara Mengurangi Brightness Layar Monitor Komputer atau Laptop di Windows 10/11"