Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Beralih ke Sinyal WiFi Terkuat Secara Otomatis di Windows 10/11

 


Menjaga agar tetap terhubung ke koneksi WiFi yang andal dan kuat sangat penting pada masa sekarang ini. Terkadang, perangkat anda dapat mengalami masalah ketika terhubung dengan sinyal WiFi yang lemah. Jika disekitar anda memiliki koneksi WiFi lebih dari satu, maka anda dapat mengaturnya untuk terhubung ke sinyal WiFi terkuat secara otomatis sehingga anda tidak perlu repot untuk mengalihkannya secara manual.


Agar itu dapat aplikasikan ke perangkat anda, Windows 10 dan Windows 11 memiliki fitur bawaan yang dapat secara otomatis mengalihkan ke sinyal WiFi terkuat yang tersedia di sekitar anda. Fitur tersebut bernama Roaming Aggressiveness atau Roaming Sensitivity. Fitur ini secara otomatis dapat menentukan seberapa cepat suatu perangkat dapat beralih dari satu koneksi WiFi ke koneksi WiFi lain yang lebih kuat.



Cara Beralih ke Sinyal WiFi Terkuat Secara Otomatis di Windows 10/11


Seperti yang dijelaskan sebelumnya, untuk beralih ke sinyal WiFi terkuat secara otomatis di Windows 10 atau Windows 11, anda harus mengaktifkan fitur Roaming Aggressiveness atau Roaming Sensitivity terlebih dahulu. Berikut adalah cara mengaktifkan Roaming Aggressiveness atau Roaming Sensitivity di komputer Windows 10 atau Windows 11 anda.

  • Buka Device Manager dengan menekan tombol Win + X dan tekan M atau pilih Device Manager.
  • Di jendela Device Manager, perluas Network adapters.
  • Selanjutnya, klik dobel pada perangkat wireless anda atau klik kanan padanya dan pilih Properties.
  • Di jendela Properties, alihkan ke tab Advanced.
  • Selanjutnya di bagian Property, pilih Roaming Aggressiveness atau Roaming Sensitivity.
  • Setelah itu, ubah bagian Value ke Highest menggunakan tombol drop down.
  • Kemudian, klik OK untuk menyimpan pengaturan anda.
  • Terakhir, restart komputer anda.



Setelah anda mengaktifkan Roaming Aggressiveness atau Roaming Sensitivity, ikuti langkah-langkah berikut ini untuk beralih ke sinyal WiFi terkuat secara otomatis.

  • Buka Network Connections dengan menekan tombol Win + R, kemudian ketik ncpa.cpl dan tekan Enter.
  • Kemudian, klik kanan pada WiFi adapter anda dan pilih Status. Atau anda dapat mengklik dobel pada WiFi adapter dan kemudian klik Wireless Properties di jendela Properties.
  • Di jendela Wireless Properties, beri ceklist pada opsi Look for other wireless networks while connected to this network.
  • Kemudian, klik OK untuk menyimpan perubahan.



Anda sekarang telah berhasil mengkonfigurasi fitur Roaming Aggressiveness atau Roaming Sensitivity di perangkat Windows 10 atau Windows 11 anda untuk secara otomatis beralih ke jaringan WiFi terkuat.


Jika anda ingin memaksa WiFi untuk terhubung ke lebih dari 5GHz, maka anda juga dapat melakukannya. Anda juga dapat menggunakan Ethernet dan Wi-Fi secara bersamaan di komputer Windows 10 atau Windows 11 anda jika anda menginginkannya.


Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam beralih ke sinyal WiFi terkuat secara otomatis di Windows 10 atau Windows 11. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Cara Beralih ke Sinyal WiFi Terkuat Secara Otomatis di Windows 10/11"