Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menggunakan Ethernet dan Wi-Fi Secara Bersamaan di Windows 10/11

 


Windows 10 dan Windows 11 memungkinkan pengguna untuk menghubungkan komputer mereka ke jaringan Ethernet dan Wi-Fi secara bersamaan, tetapi system akan secara default tidak menggunakan kedua koneksi tersebut secara bersamaan. Secara otomatis, system operasi Windows akan mengatur urutan prioritas network adapter dalam rangka memberikan koneksi internet terbaik, baik melalui Wi-Fi atau Ethernet.


Namun, pengaturan ini dapat diubah sesuai dengan keinginan pengguna. Microsoft telah membuatnya sangat mudah untuk dilakukan. Pada artikel ini, saya akan menjelaskan langkah-langkah untuk melakukannya secara terperinci sehingga anda mudah untuk menrapkan pengaturan ini di komputer Windows 10 atau Windows 11 anda.



Cara Menggunakan Ethernet dan Wi-Fi Secara Bersamaan


Untuk menggunakan koneksi Wi-Fi dan Ethernet secara bersamaan di Windows 10 atau Windows 11, anda perlu menonaktifkan Network Priority untuk adapter Ethernet dan Wi-Fi. Untuk itu, ikuti langkah-langkah berikut ini untuk melakukannya.


Pertama, anda perlu menonaktifkan Network Priority untuk adapter Ethernet.

  • Untuk itu,  buka Control Panel dengan menekan tombol Win + R, kemudian ketik control dan tekan Enter.
  • Di jendela Control Panel, ubah View by ke Large/Small icons dan pilih Network and Sharing Center.
  • Di halaman berikutnya, klik Change Adapter Settings di panel kiri.
  • Di jendela Network Conections yang terbuka, klik kanan pada network adapter Ethernet anda dan pilih Properties.


  • Di jendela Ethernet Properties yang terbuka, alihkan ke tab Networking dan klik Configure.


  • Di jendela properties adapter ethernet anda, alihkan ke tab Advanced.
  • Selanjutnya di bawah bagian Property, pilih Priority & VLAN.
  • Kemudian pada bagian Value, gunakan menu drop down untuk memilih opsi Priority & VLAN Disabled.
  • Setelah itu, klik OK untuk menyimpan perubahan yang telah anda buat.



Setelah anda menonaktifkan prioritas paket untuk adapter Ethernet, anda perlu menglangi langkah-langkah diatas untuk menerapkan perubahan yang sama pada adapter Wi-Fi anda.


Setelah menonaktifkan Network Priority pada kedua network adapter, system operasi Windows 10 atau Windows 11 anda sekarang akan menggunakan kedua koneksi jaringan secara bersamaan.



Cara Mengatur Network Priority Secara Manual


Windows secara otomatis akan selalu memilih koneksi jaringan terbaik dan dalam kebanyakan situasi, opsi konektivitas Ethernet akan menjadi pilihan yang lebih baik. Namun, jika anda ingin menggunakan Wi-Fi untuk menjelajahi website setelah menonaktifkan Network Priority, anda dapat melakukan langkah-langkah berikut ini.

  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik ncpa.cpl dan tekan Enter untuk membuka jendela Network Connections.
  • Di jendela Network Conections, klik kanan pada network adapter pilihan anda dan pilih Properties.
  • Di jendela Properties network adapter anda, pilih Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4) dibawah bagian Property dan klik Properties.
  • Di jendela properties adapter ethernet anda, klik Advanced.
  • Di jendela Advanced TCP/IP Settings, hapus ceklist pada opsi Automatic Metric dan ketik 5 pada bidang Interface Metric.
  • Setelah itu, klik OK pada semua jendela yang terbuka untuk menyimpan perubahan.



Sekarang perubahan telah dilakukan secara penuh dan system operasi Windows anda akan memprioritaskan koneksi yang dipilih setiap kali lebih dari satu network adapter terhubung ke komputer anda.


Menetapkan Network Priority secara manual adalah untuk memastikan system anda memilih Wi-Fi atau Ethernet sesuai dengan pengaturan anda. Itu tidak akan memilih koneksi yang menurutnya terbaik. Jika anda ingin menonaktifkan WiFi secara otomatis saat terhubung ke koneksi Ethernet, maka artikel ini dapat membantu anda.


Semoga bermanfaat untuk anda!


Sekian tutorial saya kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam menggunakan Ethernet dan Wi-Fi secara bersamaan di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Cara Menggunakan Ethernet dan Wi-Fi Secara Bersamaan di Windows 10/11"