Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Menambahkan Opsi Run As Administrator untuk File MSI di Windows 10/11

 


Pengguna Windows 10 dan Windows 11 dapat melakukan klik kanan pada file MSI dan memilih opsi Run as administrator. Namun, jika opsi tersebut tidak tersedia di menu klik kanan, maka artikel ini dapat digunakan untuk memperbaiki masalah ini.


Terdapat berbagai package MSI yang dapat anda download dari berbagai sumber untuk menginstall aplikasi yang anda butuhkan. Namun, seringkali anda perlu menjalankan package tersebut dengan hak administrator agar dapat diinstall dengan benar. Secara default, installer MSI tidak menyertakan opsi Run as administrator di menu klik kanan. Jika opsi tersebut tidak berfungsi atau tidak tersedia untuk semua file MSI, maka anda dapat memilih dari berbagai opsi untuk memperbaiki masalah tersebut.




Menambahkan Opsi Run As Administrator untuk File MSI


Jika opsi Run as administrator untuk File MSI tidak tersedia di Windows 10 atau Windows 11 anda, maka ikuti langkah-langkah berikut untuk memperbaiki masalah tersebut.

  • Pertama-tama, anda perlu membuka Registry Editor. Untuk melakukannya, tekan tombol Win + R untuk membuka jendela Run. Kemudian, ketik regedit dan tekan Enter.
  • Setelah jendela Registry Editor terbuka, navigasikan ke jalur berikut ini.
HKEY_CLASSES_ROOT\Msi.Package\shell
  • Di lokasi, klik kanan pada key shell, kemudian pilih New - Key dan beri nama key dengan runas.


  • Ketika anda membuat key, itu juga membuat parameter yang bernama Default di panel kanan. Anda perlu mengklik dobel untuk mengatur value datanya.
  • Di jendela Edit String, anda harus memasukkan Run as administrator pada kotak Value data dan klik OK untuk menyimpan perubahan.


  • Setelah itu, klik kanan pada key runas, kemudian pilih New - Key dan beri nama dengan command.
  • Sekarang, klik dobel pada parameter Default di panel kanan.
  • Selanjutnya di jendela edit string, masukan value dibawah ini di kotak Value data dan klik OK untuk menyimpan pengaturan anda.
msiexec /i “%1”


  • Setelah melakukan langkah-langkah diatas, tutup Registry Editor dan restart komputer anda untuk menerapkan perubahan.

Mulai sekarang, anda dapat menjalankan installer file MSI dengan hak admin melalui klik kanan file MSI dan memilih Run as administrator.

Cara Menjalankan File MSI Sebagai Administrator
Agar dapat menjalankan file MSI dengan hak administrator, anda perlu melakukan klik kanan pada file tersebut dan memilih opsi Run as administrator dari menu konteks. Dalam hal ini, prosesnya sama seperti menjalankan file lain dengan hak istimewa administrator. Namun, jika opsi Run as administrator tidak tersedia untuk file MSI, maka anda harus mengikuti panduan yang telah disebutkan sebelumnya.

Penyebab Run as administrator Tidak Muncul
Ada beberapa alasan mengapa opsi Run as administrator mungkin tidak tersedia atau tidak muncul di komputer anda. Jika anda menghadapi masalah ini saat ingin menjalankan file MSI, maka anda dapat memperbaikinya dengan menggunakan Registry Editor. Disini, saya menyarankan anda untuk mengikuti panduan terperinci yang telah disebutkan sebelumnya untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Saya harap tutorial ini membantu anda!

Sekian tutorial saya kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam menambahkan opsi Run As Administrator untuk file MSI di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Menambahkan Opsi Run As Administrator untuk File MSI di Windows 10/11"