Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Uninstall Error 0x80073CF1, Package was not found di Windows 10/11

 


Apabila anda mendapatkan error Package was not found dengan error code 0x80073CF1 saat anda mencoba menguninstall aplikasi menggunakan perintah Remove-AppxPackage dari PowerShell di Windows 10 atau Windows 11 anda , maka artikel ini menyediakan beberapa solusi untuk mengatasi masalah tersebut.


Error code 0x80073cf1 yang muncul saat anda menggunakan cmdlet Remove-AppxPackage di PowerShell untuk menguninstall aplikasi ini akan menampilkan pesan error lengkap seperti berikut ini.

Remove-AppxPackage : Deployment failed with HRESULT: 0x80073CF1, Package was not found.

Windows cannot remove [PackageFullName] because the current user does

not have that package installed. Use Get-AppxPackage to see the list of packages installed.

The above message indicates that the app you’re trying to remove is not installed in the current user account.


Pesan error diatas dengan jelas menunjukkan bahwa aplikasi yang anda coba uninstall dari system anda tidak/belum terinstall di user account yang anda login saat ini.


Error code 0x80073cf1 sering dialami oleh pengguna Windows yang menggunakan aplikasi Universal Windows Platform (UWP) multi-instance. Fitur multi-instance ini memungkinkan setiap pengguna di system operasi Windows untuk menjalankan instance-nya sendiri dari aplikasi yang sama. Namun, ketika pengguna mencoba menghapus instance yang tidak terkait dengan akun yang sedang digunakan, maka error code 0x80073cf1 ini dapat terjadi.




Memperbaiki Uninstall Error 0x80073CF1, Package was not found


Untuk memperbaiki error code 0x80073cf1, Package was not found saat menguninstall aplikasi menggunakan perintah Remove-AppxPackage di PowerShell di Windows 10 atau Windows 11 anda, gunakan solusi berikut ini untuk mengatasinya.



1. Beralih ke User Account Lain


Anda mungkin mengalami error Package was not found dengan error code 0x80073cf1 ini jika anda tidak berada di akun tempat anda login. Untuk itu, ikuti langkah-langkah berikut ini untuk memeriksa dan menguninstall aplikasi melalui PowerShell dengan benar.

  • Buka Windows PowerShell dengan hak administrator. Atau buka Windows Terminal dengan hak admin dan pilih PowerShell.
  • Di jendela PowerShell, masukan perintah berikut ini dan tekan Enter untuk melihat daftar pengguna yang menginstall package ini.
Get-AppxPackage -Name [PackageFullName] -allusers


  • Alternatifnya, anda dapat menjalankan perintah berikut ini untuk melihat apakah package diinstall pada user account saat ini.
Get-AppxPackage -Name [PackageFullName] -User [CurrentUser]

Jangan lupa mengganti [PackageFullName] dengan nama aplikasi dan [CurrentUser] dengan nama user account.

Jika user account saat ini tidak memiliki package tersebut, maka alihkan ke user account lain yang telah menginstall package ini dan kemudian coba uninstall package tersebut.


2. Tentukan Parameter -allusers dengan Remove-AppxPackage

Parameter -allusers dengan Get-AppxPackage tidak berpengaruh pada Remove-AppxPackage. Jadi, anda perlu menentukan secara eksplisit -allusers dengan Remove-AppxPackage, meskipun tampaknya berlebihan.

Parameter -allusers menguninstall package aplikasi (tipe package induk) dari semua user account. Jika aplikasi tersebut adalah bundel atau bawaan Windows, maka gunakan -PackageTypeFilter dengan Get-AppxPackage dan tentukan bundelnya.

Login dengan administrator account dan jalankan perintah menggunakan hak administrator. Selain itu, pastikan anda menggunakan Windows 11 atau Windows 10 versi 1809 atau lebih baru. Cmdlet dapat berjalan tanpa error pada versi sebelumnya tetapi tetap tidak berfungsi.


CATATAN:
  • Anda tidak boleh menghapus instance aplikasi jika user account dihapus.
  • Anda tidak boleh menghapus aplikasi yang disediakan di Windows (aplikasi yang disertakan dengan OS anda, seperti Microsoft Edge). Menguninstall aplikasi bawaan menggunakan perintah dibawah ini tidak akan menguninstall instance aplikasi yang sudah diinstall dari user account yang anda login. Itu hanya mencegah aplikasi melompat ke user account baru. Jadi, jika aplikasi bawaan muncul kembali di user account baru setelah anda menginstall update, maka anda dapat membatalkan akses aplikasi dengan membuat key registry.
Remove-appxprovisionedpackage
atau
Get-AppxPackage -allusers | Remove-AppxPackage -Allusers

Jika anda masih mengalami masalah, maka periksa artikel ini untuk melihat perbaikan umum terkait masalah tidak dapat menginstall atau menguninstall aplikasi. Dan jika anda masih mengalami kendala, anda dapat menguninstall aplikasi melalui Command Prompt atau melalui Registry Editor atau menggunakan aplikasi uninstaller pihak ketiga gratis di Windows 10 atau Windows 11 anda.

Semoga membantu anda!

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki uninstall error 0x80073CF1, Package was not found di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Memperbaiki Uninstall Error 0x80073CF1, Package was not found di Windows 10/11"