Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Error Word found unreadable content in document

 


Jika anda mendapatkan pesan error Word found unreadable content in document saat membuka dokumen di Microsoft Word, maka artikel ini akan membantu anda. Beberapa pengguna melaporkan bahwa mereka terus mendapatkan pesan error ini saat membuka file dokumen tertentu di Word. Pesan error lengkap yang akan muncul akan terlihat seperti berikut ini.


Word found unreadable content in <document-name>. Do you want to recover the contents of this document? If you trust the source of this document, click Yes.



Pesan error tersebut mengindikasikan bahwa ada konten dalam dokumen yang rusak. Jika anda mengalami masalah ini, ada beberapa solusi perbaikan yang dapat anda ikuti untuk mengatasinya. Jadi, jika anda menghadapi error ini, maka ikuti solusi perbaikan yang akan dijelaskan dibawah untuk mengatasinya.



Memperbaiki Error Word found unreadable content in document


Jika anda menedapatkan pesan error Word found unreadable content in document saat membuka dokumen di Microsoft Word, maka berikut ini ada beberapa solusi yang dapat membantu anda memperbaiki file dokumen Word yang rusak.



1. Coba Gunakan Tool Open and Repair


Error tersebut mungkin disebabkan oleh konten tertentu dalam dokumen yang rusak. Oleh karena itu, langkah pertama yang dapat anda lakukan adalah menggunakan tool Open and Repair untuk memperbaiki konten yang rusak di dokumen Word anda. Tool ini merupakan tool bawaan di Microsoft Word yang memungkinkan anda untuk memperbaiki dokumen. Anda dapat menggunakannya saat membuka dokumen. Berikut adalah cara menggunakannya.

  • Buka Microsoft Word dan pilih File - Open.
  • Selanjutnya, pilih dokumen yang error yang  ingin anda buka.
  • Kemudian klik tanda panah di samping tombol Open dan pilih opsi Open and Repair.
  • Word akan melakukan perbaikan secara otomatis dan dokumen anda akan terbuka.
  • Anda kemudian dapat menyimpannya kembali.



Jika anda masih menghadapi error yang sama, maka anda dapat menggunakan perbaikan potensial berikutnya.



2. Gunakan Fitur Recover Text from Any File


Microsoft Word dilengkapi dengan fitur yang disebut Recover Text from Any File. Fitur ini memungkinkan anda untuk memulihkan teks dari dokumen Word yang mungkin rusak. Anda dapat menggunakan fitur ini untuk memulihkan konten teks dari file Word yang bermasalah. Namun, perlu diingat bahwa fitur ini tidak akan memulihkan pemformatan dokumen, elemen media, gambar atau konten lain yang ada dalam dokumen. Namun, teks biasa seperti field text, header, footer, catatan kaki dan catatan akhir akan dipertahankan.


Berikut adalah cara untuk menggunakan fitur Recover Text from Any File di Microsoft Word.

  • Buka Microsoft Word dan klik opsi File - Open.
  • Kemudian klik Browse dan pilih dokumen yang bermasalah.
  • Setelah itu, klik panah pada menu drop-down All Files dan pilih opsi Recover Text from Any File.
  • Kemudian, klik Open dan tunggu hingga dokumen dibuka.



Teks dari dokumen yang rusak akan dipulihkan dan dibuka di Word. Anda sekarang dapat mengeditnya dan kemudian menyimpannya sebagai file dokumen baru.



3. Perbaiki Dokumen Word Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga


Jika solusi sebelumnya tidak berhasil memperbaiki file yang rusak, maka anda dapat mencoba menggunakan software pihak ketiga. Ada beberapa software seperti S2 Recovery Tools, Office Fix dan Repair My Word yang dapat membantu memperbaiki file Word yang rusak tanpa kesulitan.


Selain itu, terdapat juga tool online gratis yang dapat digunakan untuk memperbaiki dokumen Word yang rusak yaitu Recovery Toolbox. Tool ini memungkinkan anda memperbaiki dokumen Word yang rusak langsung melalui browser web tanpa perlu menginstall aplikasi tambahan di system anda. Anda cukup membuka websitenya, selanjutnya pilih Word dan pilih Repair Online. Setelah itu, telusuri dan pilih file Word yang bermasalah, kemudian masukkan alamat email anda dan tekan tombol Next Step. File akan diperbaiki dan dikirim ke alamat email anda.




Semoga membantu anda!

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki error Word found unreadable content in document saat membuka dokumen Microsoft Word. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!

Post a Comment for "Memperbaiki Error Word found unreadable content in document"