Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memeriksa Perubahan Password Terakhir di Command Prompt atau PowerShell

 


Mengetahui kapan anda mengubah password Windows anda sangat membantu. Anda mungkin memiliki kebiasaan mengganti password secara berkala untuk menjaga keamanan PC anda, atau mungkin PC anda digunakan oleh banyak pengguna dan anda khawatir seseorang telah mengubah password-nya. Alasannya bisa banyak, tetapi pertanyaannya adalah bagaimana cara memeriksa perubahan password terakhir. Ada beberapa cara untuk melakukannya, termasuk menggunakan perintah di Command Prompt, PowerShell atau melalui Windows Terminal. Proses ini relatif mudah dan dapat dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini.



Cara Memeriksa Perubahan Password Terakhir di Command Prompt atau PowerShell


Ada dua cara untuk mengetahui password sebelumnya yaitu menggunakan perintah Command Prompt dan PowerShell. Karena ini terkait dengan akun anda, maka anda tidak memerlukan akun administrator.



1. Menggunakan Command Prompt


Memeriksa perubahan password terakhir menggunakan Command Prompt seharusnya menjadi metode yang mudah karena menyediakan perintah Net user. Perintah ini memungkinkan anda untuk mengelola akun dan group pengguna di system operasi Windows. Dengan menggunakan metode ini, anda dapat memeriksa perubahan password terakhir untuk user account, termasuk user account lain di PC anda (jika anda memiliki akses dengan Administrator account).

  • Untuk memulainya, anda perlu membuka Command Prompt dengan menekan tombol Win + R, kemudian ketik cmd dan tekan Enter. Anda juga dapat membuka Windows Terminal dan memilih Command Prompt.
  • Selanjutnya, anda dapat memasukan perintah berikut ini dan tekan Enter untuk memeriksa informasi pengguna secara umum. Ini akan menampilkan daftar semua pengguna di PC anda dan tanggal terakhir kali mereka mengubah password mereka.
Net user


  • Untuk memeriksa informasi pengguna tertentu di komputer anda, masukan perintah dibawah ini dan tekan Enter. Pastikan untuk mengganti user_name dengan nama pengguna masing-masing.
Net user user_name


  • Command Prompt akan menampilkan tanggal sebagai password yang terakhir dibuat.
  • Alternatifnya, jika anda telah masuk ke PC yang bergabung dengan domain, maka anda dapat memeriksa perubahan password terakhir menggunakan perintah berikut ini. Pastikan untuk mengubah user_name dan domain ke detail masing-masing.
Net user user_name /domain


2. Menggunakan PowerShell

PowerShell adalah satu-satunya solusi untuk memeriksa perubahan password terakhir anda di server Windows. Namun, untuk dapat menggunakan cmdlet Get-AdUser untuk memeriksa perubahan password terakhir di PowerShell, anda perlu menginstall Active Directory module di server Windows. Setelah modul ini terinstal, anda dapat menggunakan cmdlet Get-AdUser untuk mengambil informasi user account, termasuk tanggal terakhir kali password diubah.

Jika anda tidak ingin menginstall modul Active Directory di server Windows, maka anda akan menemui error. Untuk menginstall cmdlet dan memeriksa perubahan password terakhir, ikuti langkah-langkah berikut ini.
  • Buka PowerShell dari Start Menu atau menggunakan Search Windows. Atau anda dapat membuka Windows Terminal dan memilih PowerShell.
  • Di jendela PowerShell, masukan perintah berikut ini dan tekan Enter untuk menginstall cmdlet.
Install-WindowsFeature RSAT-AD-PowerShell


Catatan: Perintah di atas hanya berlaku untuk system operasi Windows Server. Misalkan anda menggunakan sistem operasi klien seperti Windows 10 atau Windows 11. Dalam hal ini, anda perlu menginstall Remote Server Administration Tools for Windows 10 (RSAT) dan kemudian mengaktifkan Active Directory Lightweight Directory Services module di Turn Windows features on or off.
  • Setelah anda menginstall cmdlet, masukan perintah berikut dan tekan Enter untuk memeriksa perubahanpassword terakhir anda. Pastikan untuk mengubah user_name ke user name server masing-masing.
Get-AdUser -Identity user_name -Properties PasswordLastSet | Select-Object Name, PasswordLastSet



Itulah dua cara cepat untuk memeriksa perubahan password terakhir di OS Windows atau Server. Jika anda menggunakan PC, menggunakan perintah Command Prompt sangat ideal dan mudah. Tetapi untuk pengguna server, perintah PowerShell seharusnya berfungsi dengan baik.

Sekian tutorial saya kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memeriksa perubahan password terakhir di Command Prompt atau PowerShell di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Cara Memeriksa Perubahan Password Terakhir di Command Prompt atau PowerShell"