Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Valorant Discord Crash dengan Error 404 di Windows 10/11

 


Discord adalah layanan obrolan yang ditujukan untuk para gamer untuk berkomunikasi dan bermain game seperti Valorant, Call Of Duty dan lainnya. Beberapa pengguna baru-baru ini melaporkan masalah ketika Valorant Discord tidak berfungsi dengan error code 404. Error ini terjadi beberapa detik setelah peluncuran game dan kemudian crash bersamaan dengan Discord. Jika anda juga mengalami hal yang sama, maka solusi yang tersedia di artikel ini akan membantu anda memperbaiki masalah tersebut dan mengembalikan aplikasi ke fungsi normal.




Memperbaiki Valorant Discord Crash dengan Error 404


Jika Valorant Discord terus mengalami crash dengan error code 404 di Windows 10 atau Windows 11 anda, maka ikuti solusi yang saya berikan dibawah ini untuk memperbaiki masalah ini.



1. Restart Discord


Valorant dan Discord mungkin mengalami gangguan atau bug, atau mungkin server Discord yang bermasalah. Solusi sederhana yang bisa diterapkan adalah menutup aplikasi dengan benar dan kemudian memulainya kembali. Langkah yang tepat untuk melakukannya adalah sebagai berikut.

  • Buka Task Manager dengan menekan tombol Ctrl + Shift + Esc. Atau klik kanan pada Start Menu dan pilih Task Manager.
  • Di jendela Task Manager, pastikan anda berada di tab Processes.
  • Kemudian, klik kanan pada aplikasi yang ingin ditutup (Valorant dan Discord) dan pilih End task. Lakukan proses ini untuk kedua aplikasi tanpa urutan tertentu.
  • Setelah kedua aplikasi ditutup, refresh desktop anda dan luncurkan kembali kedua aplikasi tersebut.



Ini adalah langkah yang selalu menjadi solusi pertama jika anda mengalami masalah dengan aplikasi. Dengan melakukan itu, masalah anda mungkin akan teratasi.



2. Nonaktifkan Game Overlay


Fitur overlay game Discord memungkinkan pengguna untuk menggunakan berbagai fitur seperti perpesanan dan obrolan suara saat bermain game sehingga menjadikannya platform yang praktis untuk bermain game. Namun, beberapa game seperti Valorant mengalami masalah seperti error 404 dan masalah ketidakcocokan lainnya. Marilah kita lihat bagaimana mengatasi masalah ini.

  • Buka Discord dan klik ikon roda gigi untuk membuka User Settings.
  • Sekarang, gulir ke bagian ACTIVITY SETTINGS di panel kiri dan pilih opsi Game Overlay.
  • Kemudian, nonaktifkan opsi Enable in-game overlay.
  • Setelah itu, restart  Discord dan lihat apakah anda dapat memainkan Valorant atau masih crash.




3. Perbaiki File Game


Solusi selanjutnya adalah penting untuk memastikan bahwa file game tidak rusak karena sangat umum terjadi file game rusak setelah menginstall patch update baru atau menyimpan file. Jadi, untuk memverifikasi file game anda, ikuti langkah-langkah berikut dibawah ini.

  • Luncurkan Epic Games Launcher.
  • Selanjutnya, klik tab Library dari panel kiri.
  • Kemudian, klik menu tiga titik yang tersedia di sebelah game yang bermasalah dan pilih Verify.
  • Launcher akan menjalankan verifikasi pada file game anda dan jika ada file game yang rusak, maka file tersebut akan diperbaiki.
  • Setelah selesai, restart Disord dan Valorant dan dari sana.



Sekarang anda dapat memeriksa kembali apakah error 404 sudah di perbaiki atau tetap ada.



4. Nonaktifkan Proxy/VPN


Error 404 pada Valorant Discord dapat disebabkan oleh penggunaan server proxy atau VPN. Menonaktifkan VPN atau proxy dapat mengatasi error saat memulai Valorant dan menghilangkan crash pada Discord yang disertai dengan error code 404. Jadi, untuk mengatasi masalah tersebut, anda hanya perlu menonaktifkan VPN atau Proxy.


Di Windows 10:
  • Tekan tombol Win + I untuk membuka Settings Windows dan pilih Network & Internet di jendela Settings.
  • Di halaman berikutnya, klik VPN atau Proxy di panel kiri.
  • Di panel kanan, untuk menonaktifkan VPN, klik VPN yang anda gunakan dan klik Disconect.
  • Sementara untuk menonaktifkan Proxy, ubah opsi Use a proxy server ke Off dan klik Save.
  • Setelah itu, restart PC anda.


Di Windows 11:
  • Tekan tombol Win + I untuk membuka Settings Windows.
  • Di jendela Settings, klik Network & internet di panel kiri dan klik VPN atau Proxy di panel kanan.
  • Di halaman selanjutnya, untuk menonaktifkan VPN, perluas VPN yang anda gunakan dan klik Disconect.
  • Sementara untuk menonaktifkan Proxy, klik Setup di sebelah Use a proxy server, kemudian nonaktifkan Use a proxy server ke Off dan klik Save.
  • Sekarang, restart PC anda.



5. Nonaktifkan Sementara Firewall

Software antivirus dapat mengganggu koneksi dengan server game dan menyebabkannya crash di samping aplikasi Discord. Dengan mengingat hal itu, saya menyarankan anda untuk menonaktifkan software antivirus dan juga firewall anda untuk menyelesaikan masalah ini. Jika anda menggunakan software antivirus dan firewall pihak ketiga, maka anda mungkin perlu mengunjungi website resmi mereka untuk mengatahui cara menonaktifkannya.



6. Install Ulang Discord

Jika tidak ada perbaikan di atas yang berhasil untuk anda, maka pilihan terakhir adalah menguninstall Discord secara komplit dari system anda. Anda juga dapat menggunakan aplikasi uninstaller pihak ketiga untuk melakukan hal yang sama.  Setelah uninstall selesai, restart PC anda dan kemudian install kembali Discord di PC anda. Dengan cara itu, anda akan terberbebas dari masalah ini.


Perlu anda tahu bahwa Microsoft telah memperingatkan bahwa beberapa game rentan crash di OS Windows karena bug di Discord.  Oleh karena itu, saya menyarankan anda untuk selalu mengupdate Windows dan juga Discord untuk menghilangkan masalah crash dengan game anda.

Sekian tutorial saya kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki Valorant Discord Crash dengan Error 404 di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Memperbaiki Valorant Discord Crash dengan Error 404 di Windows 10/11"