Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki There has been an error di Microsoft Store

 


Microsoft Store adalah toko aplikasi pada PC Windows dan kita dapat memastikan bahwa semua software yang kita download darinya aman dari malware dan terpantau sebelum diinstall di komputer Windows kita. Aplikasi yang didownload dari Microsoft Store juga mudah untuk diupdate. Kita dapat menginstall berbagai jenis software hanya dengan beberapa klik saja. Meskipun demikian, ada kalanya kita mendapatkan error dari Microsoft Store. Salah satunya adalah There has been an error. Beberapa pengguna mengatakan bahwa, mereka mendapatkan error ini saat mencoba menginstall aplikasi. Jika anda juga sedang mengalami masalah yang sama, maka artikel ini akan memberikan beberapa cara untuk memperbaiki error There has been an error di Microsoft Store Windows 10 atau Windows 11.




Memperbaiki There has been an error di Microsoft Store


Jika anda mendapatkan error There has been an error di Microsoft Store Windows 10 atau Windows 11 anda, maka anda dapat mengikuti beberapa metode berikut dibawah ini untuk memperbaikinya.



1. Periksa Koneksi Internet Anda


Untuk menggunakan Microsoft Store, anda harus memiliki koneksi internet yang stabil. Tanpa internet, anda tidak dapat menelusuri atau mendownload aplikasi dari Microsoft Store. Jadi, sebelum memulai perbaikan lainnya, pastikan bahwa koneksi internet anda berfungsi dengan baik dengan menjalankan tes kecepatan menggunakan tool online seperti NetSpeedMonitor, Network Speed Test atau Speedtest by Ookla dan lainnya. Jika anda mengalami masalah dengan koneksi internet, maka perbaiki terlebih dahulu network atau jaringan internet anda untuk menghilangkan error sebelum mencoba mengakses Microsoft Store kembali.



2. Restart Microsoft Store


Untuk memperbaiki error There has been an error pada Microsoft Store, cobalah untuk memulai ulang aplikasi tersebut. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Tekan tombol Ctrl + Shift + Esc untuk membuka Task Manager di PC anda. Anda dapat mengklik kanan pada Start Menu dan pilih Task Manager.
  • Di jendela Task Manager, pastikan anda di tab Processes.
  • Dibawah tab Processes, klik kanan pada Microsoft Store dan pilih End task untuk menutup aplikasi tersebut.



Setelah melakukan itu, buka kembali Microsoft Store dan periksa apakah masalah sudah terselesaikan atau masih ada error yang muncul.



3. Atur Tanggal dan Waktu dengan Benar


Jika anda baru saja mengubah pengaturan zona waktu atau tanggal dan waktu pada komputer anda, maka sangat disarankan untuk melakukan pengembalian perubahan tersebut. Bisa saja Microsoft Store tidak dapat mengenali zona waktu yang baru, sehingga menghasilkan error ini. Untuk mengatasi masalah ini, ikuti langkah-langkah berikut untuk mengubah tanggal dan waktu pada Windows 10 atau Windows 11 anda.


Di Windows 10:

  • Buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I dan pilih Time & Language di jendela Settings.
  • Di halaman berikutnya, klik Date & time di panel kiri.
  • Kemudian aktifkan Set time automatically dan Set time zone automatically ke On.
  • Selanjutnya, klik Region di panel kiri dan pastikan anda telah memilih Country or region yang benar di panel kanan.
  • Jika salah, maka gunakan tombol drop down untuk memilihnya.
  • Setelah itu, tutup jendela Settings dan periksa kembali.



Di Windows 11:

  • Tekan tombol Win + I untuk membuka Settings Windows.
  • Di jendela Settings, klik Time & language di panel kiri dan klik Date & time di panel kanan.
  • Selanjutnya, aktifkan Set time automatically dan Set time zone automatically ke On.
  • Sekarang, periksa apakah anda telah memilih Region yang benar pada bagian atas di halaman yang sama. Anda juga dapat mengklik Language & region di halaman Time & language.
  • Selanjutnya, klik menu drop-down Country or region dan pilih region anda.
  • Terakhir, tutup jendela Settings dan lihat apakah masalah telah teratasi.




4. Jalankan Windows Store Apps Troubleshooter


Untuk memperbaiki error yang terjadi pada Microsoft Store, salah satu cara terbaiknya adalah melalui Windows Store Apps Troubleshooter. Troubleshooter ini bisa membantu mengatasi masalah seperti koneksi internet yang tidak stabil atau file yang rusak atau hilang. Berikut adalah langkah-langkah untuk menjalankan Windows Store Apps Troubleshooter di Windows 10 atau Windows 11 anda.


Di Windows 10:

  • Buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I dan kemudian pilih Update & Security di jendela Settings.
  • Selanjutnya, pilih Troubleshoot di panel kiri dan klik Additional Troubleshooters di panel kanan jendela.
  • Di halaman berikutnya, klik pada Windows Store Apps dan kemudian klik Run the troubleshooter.
  • Ini akan membuka jendela troubleshooter.
  • Di jendela troubleshooter, ikuti petunjuk yang di tampilkan untuk menyelesaikan proses.



Di Windows 11:

  • Tekan tombol Win + I untuk membuka Settings Windows.
  • Di jendela Settings yang terbuka, klik System di panel kiri dan kemudian klik Troubleshoot di panel kanan.
  • Selanjutnya, klik Other troubleshooters di panel kanan.
  • Di halaman berikutnya di panel kanan, klik Run yang ada di sebelah Windows Store Apps untuk membuka troubleshooter.
  • Di jendela troubleshooter yang muncul, anda perlu mengikuti petunjuk yang di tampilkan.
  • Troubleshooter akan menscan untuk menemukan masalah dan akan memperbaikinya secara otomatis jika masalah ditemukan.




5. Periksa Update di Microsoft Store


Cara lain untuk memperbaiki error ini adalah dengan memeriksa dan mengupdate Microsoft Store dari aplikasi Microsoft Store itu sendiri. Anda cukup membuka Microsoft Store, kemudian klik Library di panel kiri dan klik Get updates untuk memeriksa update untuk Microsoft Store. Jika tersedia, maka klik Updates untuk menginstalnya.




6. Sign out dari Microsoft Account Anda dan Sign in Kembali


Terkadang Sign out dari dari Microsoft account di Microsoft Store dan Sign in kembali dapat memperbaiki sebagian besar masalah. Anda dapat mencoba ini saat melihat There has been an error di aplikasi Microsoft Store anda. Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk melakukannya.

  • Buka Microsoft Store anda.
  • Kemudian klik gambar profil anda di bagian atas jendela dan pilih Sign out.
  • Setelah itu, restart aplikasi Microsoft Store anda.
  • Selanjutnya, klik gambar profil anda, kemudian pilih akun dan masukkan PIN untuk sign in.




7. Perbaiki atau Reset Microsoft Store


Jika error There has been an error ini muncul karena file system yang rusak, maka anda dapat memperbaikinya dengan mereset atau memperbaiki aplikasi Microsoft Store. Untuk memperbaiki dan mereset Microsoft Store, ikuti langkah-langkah berikut ini.


Di Windows 10:

  • Buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I dan pilih Apps di jendela Settings.
  • Di halaman berikutnya, klik Apps & features di panel kiri.
  • Di panel kanan, klik Microsoft Store dan kemudian klik Advanced options.
  • Selanjutnya dibawah bagian Reset, klik Repair untuk memperbaiki aplikasi.
  • Jika itu tidak memperbaiki masalah ini, maka sekarang jalankan Reset.



Di Windows 11:

  • Tekan tombl Win + I untuk membuka Settings Windows.
  • Di jendela Settings, klik Apps di panel kiri dan klik Installed apps di panel kanan.
  • Di halaman berikutnya, klik menu tiga titik di samping Microsoft Store dan pilih Advanced options.
  • Selanjutnya, di bagian Reset, klik Repair untuk memperbaiki aplikasi.
  • Jika masalah tidak di perbaiki, maka klik Reset untuk mengatur ulang aplikasi.




Sekian artikel saya kali ini! Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki masalah There has been an error di Microsoft Store di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Memperbaiki There has been an error di Microsoft Store"