Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Error: 0xC004D302 On a computer running Microsoft Windows non-core edition di PC Windows

 


Windows merupakan salah satu system operasi terpopuler dengan versi mulai dari XP hingga Windows 11 yang digunakan oleh jutaan pengguna di seluruh dunia. System operasi ini bekerja dengan sempurna dan memungkinkan pengguna untuk melakukan tugas mereka secara efisien. Meskipun berfungsi dengan baik, namun terkadang pengguna mengalami Error 0xC004D302 On a computer running Microsoft Windows non-core edition. Dalam artikel ini, saya akan membahas beberapa solusi untuk memperbaiki error tersebut pada komputer Windows anda.


Saat anda mengalami masalah ini, anda akan melihat pesan error seperti berikut ini.

Error: 0xC004D302 On a computer running Microsoft Windows non-core edition, run ‘slui.exe 0x2a 0xC004D302’ to display the error text.



Penyebab Error: 0xC004D302 On a computer running Microsoft Windows non-core edition di PC Windows dapat disebabkan oleh banyak faktor. Beberapa diantaranya termasuk yang berikut ini.

  • Anda akan melihat error ini, jika anda menggunakan KMS host product key Windows 10 atau Windows 11 di lingkungan Windows Server 2012 R2 dan Windows Server 2008 R2.
  • Anda juga akan melihat error ini jika file system anda telah rusak.
  • Jika file Activation hilang dari system anda, anda juga mungkin akan melihat masalah ini.
  • Product key salah atau tidak valid yang digunakan untuk mengaktivasi Windows juga dapat menyebabkan error ini.
  • Perubahan hardware yang baru saja anda buat dapat menjadi alasan lain di balik masalah ini.



Memperbaiki Error: 0xC004D302 On a computer running Microsoft Windows non-core edition


Jika anda mengalami Error: 0xC004D302 On a computer running Microsoft Windows non-core edition saat mengaktivasi Windows anda, maka coba gunakan beberapa solusi berikut ini untuk memperbaikinya.



1. Periksa Koneksi Internet Anda dan Coba Kembali


Jika terjadi gangguan pada koneksi internet atau komputer anda tidak terhubung ke internet, maka anda mungkin melihat error ini. Jadi anda perlu memastikan internet anda berfungsi dengan baik dan anda kemudian dapat mencobanya kembali setelah beberapa saat.


Terkadang, masalah aktivasi seperti error 0xC004D302 biasanya terkait dengan server Aktivasi Microsoft dan tentu saja tidak ada alasan untuk khawatir. Jadi, jika anda tahu Windows anda asli dan anda telah memverifikasi product key cocok dengan edisi Windows yang benar yang telah anda install di perangkat anda, maka anda dapat menunggu beberapa saat dan mencoba mengaktivasi kembali.



2. Pastikan Key Aktivasi Sudah Benar


Jika anda menemukan error 0xC004D302 saat mengaktivasi Windows anda, maka salah satu penyebabnya bisa karena key aktivasi yang salah atau tidak valid. Jadi, anda perlu memeriksa ulang key aktivasi Windows anda dan pastikan anda menggunakan Microsoft Account yang terkait dengannya untuk mengatasi masalah tersebut.



3. Jalankan Windows Activation Troubleshooter


Cara lain untuk memperbaiki kesalahan adalah dengan menjalankan Windows Activation Troubleshooter. Dalam kebanyakan kasus, langkah ini berhasil mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah yang terkait dengan aktivasi Windows anda. Jadi, anda mungkin dapat menghilangkan error ini dengan menjalankan troubleshooter tersebut.


Windows Activation Troubleshooter memerlukan digital license yang terkait dengan Microsoft Account anda. Selain itu, aktivasi juga tergantung pada jenis lisensi Windows 8.1/10/11 untuk perangkat anda. Jika Windows 8.1/10/11 sudah diinstall sebelumnya di PC anda, itu akan memiliki lisensi OEM dan pada dasarnya tidak dapat dipindahtangankan. Jadi, anda akan diminta untuk mendapatkan lisensi baru dalam kasus itu. Namun, jika anda membeli lisensi melalui Microsoft Store, maka itu adalah lisensi Retail yang memiliki hak transfer.


Untuk menjalankan Windows Activation Troubleshooter, ikuti langkah-langkah berikut dibawah ini.

  • Tekan tombol Win + I untuk membuka Settings Windows.
  • Kemudian, di jendela Settings Windows 10, pilih Update & Security dan klik Activation di panel kiri.
  • Sementara di Settings Windows 11, klik System di panel kiri dan klik Activation di panel kanan.
  • Selanjutnya, klik Troubleshoot di panel kanan untuk membuka troubleshooter.
  • Di jendela troubleshooter, ikuti panduan yang di tampilkan hingga selesai.



Semoga itu memperbaiki masalah anda. Namun jika ini tidak memperbaiki error untuk anda, maka anda dapat mencoba perbaikan berikutnya untuk mengatasi error tersebut.



4. Install Key di KMS Host


Masalah juga dapat terjadi jika anda menggunakan KMS host product key Windows 10 atau Windows 11 di lingkungan Windows Server 2012 R2 dan Windows Server 2008 R2. Jadi, untuk mengatasi masalah tersebut, anda perlu menginstall KMS Windows Srv 2012R2 DataCtr/Std untuk Windows.


Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut dibawah ini.

  • Kemudian klik opsi Licence dan diikuti dengan mengklik Relationship Summary.


  • Sekarang, pilih opsi Licence ID.
  • Pada halaman berikutnya, klik Product Keys. Disini anda akan menemukan daftar key.


  • Temukan dan catat key anda.


  • Selanjutnya, masuk ke KMS host anda dan buka Server Manager.
  • Setelah itu, install Windows Srv 2012R2 DataCtr/Std KMS.


Periksa apakah itu memecahkan masalah atau tidak. Jika tidak, coba solusi berikutnya.



5. Rebuild File Activation Token


Semua data terkait aktivasi Windows disimpan di Token.dat. Tetapi jika file ini rusak karena suatu alasan, maka anda menghadapi error 0xC004D302. Untuk mengatasi masalah tersebut, anda harus merebuild file Token.dat.


Untuk merebuild file Token.dat, ikuti langkah-langkah berikut dibawah ini.

  • Tekan tombol Win + R, kemudian masukan perintah dibawah ini dan tekan Enter.
C:\Windows\System32\SPP\Store\2.0
  • Di lokasi ini, anda akan temukan file tokens di folder 2.0 dan ganti nama file menjadi tokens.old.


  • Sekarang, tekan tombol Win + R, kemudian ketik cmd dan tekan Ctrl + Shift + Enter untuk membuka Command Prompt dengan hak administrator. Anda juga dapat membuka Windows Terminal dengan hak admin dan pilih Command Prompt.
  • Di jendela Command Prompt, masukan perintah berikut ini dan tekan Enter.
net start sppsvc
  • Setelah itu, masukan perintah berikut ini dan tekan Enter.
cscript.exe slmgr.vbs /rilc


  • Sekarang, restart system anda dua kali.
  • Kemudian lakukan Windows Activation Troubleshooter.


6. Jalankan CHSDSK

Error 0xC004D302 juga dapat terjadi karena kerusakan apapun pada disk anda. Anda perlu menghilangkan kemungkinan ini. Untuk itu, anda dapat menjalankan CHSDSK untuk mengatasi error tersebut. Masalahnya dapat terjadi karena file yang rusak ada di drive tempat anda menginstal OS anda. Jadi, jalankan CHSDSK untuk menyelesaikan masalah.



7. Jalankan Scan SFC

Jika error terjadi karena file system yang rusak atau hilang, maka anda dapat memperbaikinya dengan menjalankan scan System File Checker (SFC). Perintah ini akan menemukan dan memperbaiki error secara otomatis sehingga menghilangkan kemungkinan error 0xC004D302.



8. Hubungi Microsoft Support

Jika tidak ada yang membantu, maka anda dapat menghubungi Microsoft Support dan melaporkan masalah tersebut.


Itulah berbagai cara yang dapat anda gunakan untuk memperbaiki error 0xC004D302 di komputer Windows anda.

Sekian tutorial saya kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki Error: 0xC004D302 On a computer running Microsoft Windows non-core edition di PC Windows anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Memperbaiki Error: 0xC004D302 On a computer running Microsoft Windows non-core edition di PC Windows"