Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki BitLocker Error For your security, some settings are managed by your system administrator

 


Beberapa pengguna mengalami masalah ketika mereka mencoba mengakses BitLocker pada komputer mereka yang menjalankan system operasi Windows 10 atau Windows 11. Saat mereka melakukan itu, mereka melihat pesan error For your security, some settings are managed by your system administrator di bagian atas jendela BitLocker Drive Encryption. Pesan error ini dapat muncul ketika anda mengkonfigurasi dan menggunakan BitLocker Drive Encryption, mengenkripsi atau mendekripsi drive dan juga ketika anda membuka Properties internet dan mencoba menyesuaikan pengaturan keamanannya.



Jika anda mengalami masalah ini, maka artikel ini menyediakan beberapa solusi bermanfaat untuk memperbaiki masalah ini dengan mudah.



Memperbaiki BitLocker Error For your security, some settings are managed by your system administrator 


Untuk memperbaiki masalah For your security, some settings are managed by your system administrator ini pada komputer Windows 10 atau Windows 11 anda, maka berikut adalah beberapa solusi yang dapat anda coba untuk memecahkan masalah ini.



1. Sign-in dengan Administrator Account


Jika anda ingin mengaktifkan enkripsi atau mengubah konfigurasi BitLocker untuk drive data tetap dan/atau drive system operasi, maka diperlukan user account yang terdaftar dalam group Local administrator. Jadi anda perlu menambahkan Local account ke Group Administrator terlebih dahulu kemudian mengaktifkan enkripsi atau mengubah konfigurasi BitLocker di komputer Windows 10 atau Windows 11 anda. Sementara itu, user account standar hanya dapat mengkonfigurasi BitLocker untuk drive data yang dapat dilepas. Apabila user account yang tidak termasuk dalam keanggotaan group tersebut digunakan untuk mengakses jendela BitLocker Drive Encryption, akan muncul pesan error ini.


Untuk mengatasi masalah ini, jika anda sign-in dengan beberapa user account tanpa hak administrator, maka perlu untuk login sebagai administrator pada system Windows 10 atau Windows 11, kemudian mencobanya kembali. Anda dapat menggunakan administrator account yang sudah ada, membuat local administrator account baru, menggunakan super administrator account internal atau membuat user accont baru kemudian mengubah standar account menjadi administrator account, kemudian mengakses jendela BitLocker Drive Encryption. Dengan melakukan hal tersebut, masalah yang muncul dapat diatasi.



2. Nonaktifkan BitLocker untuk Drive


Salah satu solusi efektif untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menonaktifkan perlindungan BitLocker untuk drive tertentu. Saya mendapatkan pesan ini dan berhasil menghilangkannya dengan menonaktifkan perlindungan BitLocker untuk drive system operasi saya. Jika anda tidak memerlukan enkripsi lagi atau untuk sementara waktu, cobalah utnuk menonaktifkan perlindungan BitLocker untuk drive yang bermasalah dan periksa apakah itu membantu mengatasi masalah tersebut. Untuk itu, ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk menonaktifkan perlindungan BitLocker di Windows 10 atau Windows 11.

  • Buka Control Panel dengan menekan tombol Win + R, kemudian ketik control dan tekan Enter.
  • Di jendela Control Panel, ubah View by ke Large/Small icons dan pilih BitLocker Drive Encryption.
  • Di halaman berikutnya, perluas drive yang ingin anda dekripsi atau hapus perlindungannya dan klik Turn off BitLocker.
  • Setelah itu, klik Turn off BitLocker kembali di jendela konfirmasi.
  • Tunggu hingga proses selesai.
  • Setelah BitLocker dinonaktifkan, restart komputer dan periksa apakah masalahnya telah teratasi.



Perlu diingat bahwa menonaktifkan perlindungan BitLocker dapat mengurangi tingkat keamanan data pada drive tersebut. Oleh karena itu, pastikan anda memahami risiko yang terkait sebelum menonaktifkan perlindungan BitLocker.



3. Hapus Work atau School Account


Apabila anda terhubung ke Work atau School Account pada PC dengan system operasi Windows 10 atau Windows 11, maka kemungkinan besar organisasi atau sekolah anda membatasi beberapa pengaturan yang dapat diubah oleh pengguna. Oleh karena itu, solusinya adalah dengan menghapus Work atau School Account melalui jendela Settings. Setelah itu, login dengan Administrator Account pribadi anda, kemudian coba gunakan BitLocker untuk melihat apakah masalah tersebut teratasi.



4. Periksa Pengaturan Kebijakan BitLocker Drive Encryption


Di Windows 10 dan Windows 11, ada pengaturan Group Policy yang tersedia untuk BitLocker yang dapat memberikan batasan berbeda dalam menggunakan BitLocker. Misalnya, anda dapat mengonfigurasi pengaturan Group Policy untuk menerapkan jenis enkripsi drive ke Full encryption atau Used Space Only encryption pada drive system operasi.


Jika salah satu pengaturan Group Policy yang tersedia dikonfigurasi, maka anda mungkin akan melihat pesan bahwa beberapa pengaturan dikelola oleh administrator system anda di jendela BitLocker Drive Encryption. Oleh karena itu, anda perlu memeriksa apakah beberapa pengaturan Group Policy telah dikonfigurasi untuk BitLocker Drive Encryption.


Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik gpedit.msc dan tekan Enter untuk membuka Group Policy Editor.
  • Di jendela Local Group Policy Editor, telusuri jalur berikut dibawah ini.
Computer Configuration - Administrative Templates - Windows Components - BitLocker Drive Encryption
  • Di lokasi di panel kanan, anda akan melihat pengaturan utama untuk Enkripsi Drive BitLocker dan folder Fixed Data Drives, Operating System Drives dan Removable Data Drives yang berisi banyak pengaturan lainnya.


  • Sekarang periksa apakah status pengaturan semua kebijakan tersebut diatur ke Enabled atau Disabled. Jika ya, klik dobel pada kebijakan tersebut.
  • Di jendela edit kebijakan yang terbuka, pilih Not Configured untuk kebijakan tersebut, kemudian klik Apply dan OK untuk menyimpan pengaturan anda.
  • Ulangi langkah ini untuk semua kebijakan lainnya.
  • Setelah itu, restart system anda.

Anda kemudian dapat mengakses kembali pengaturan BitLocker dan seharusnya, masalah anda tidak muncul kembali.


5. Konfigurasikan Pengaturan Security Zones

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, dalam skenario lain, beberapa pengguna mungkin menemukan pesan Some settings are managed by your system administrator (seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini) ketika mereka mencoba untuk mengubah pengaturan Security di jendela Internet Properties. Karena itu, mereka tidak dapat mengubah tingkat keamanan pada kategori Internet, menyesuaikan tingkat keamanan atau menggunakan tombol Custom level untuk Local intranet dan sebagainya.


Jika anda juga mengalami masalah ini dan menerima pesan ini, maka kemungkinan hal tersebut disebabkan oleh pengaturan Security Zones yang diaktifkan di Group Policy Editor yang menghalangi pengguna untuk mengubah pengaturan tingkat keamanan dan menggunakan tombol Custom level. Oleh karena itu, anda perlu mengonfigurasi pengaturan Security Zones menggunakan Group Policy Editor.
  • Buka Group Policy Editor seperti langkah diatas.
  • Di jendela Group Policy Editor, telusuri jalur berikut ini.
Computer Configuration - Administrative Templates - Windows Components - Internet Explorer
  • Di lokasi, klik ddobel pada kebijakan Security Zones: Do not allow users to change policies di panel kanan.


  • Di jendela edit kebijakan, pilih Not Configured, kemudian klik Apply dan OK untuk menyimpan pengaturan anda.


Setelah melakukan itu, periksa kembali apakah pesan error tersebut telah hilang atau tidak.


6. Periksa Entri Registry Internet Settings

Entri registry korespondensi untuk pengaturan kebijakan Security Zones yang sama yang disebutkan di atas juga ada di Registry Editor. Jadi, anda perlu menemukan dan menghapus entri semacam itu. Untuk itu, anda perlu memeriksa entri registry Internet Settings. Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk melakukannya.
  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik regedit dan tekan Enter untuk membuka Registry Editor.
  • Di jendela Registry Editor, telusuri jalur berikut dibawah ini.
HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Policies\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Internet Settings
  • Di lokasi di panel kanan, klik kanan pada Security_HKLM_only dan pilih Delete.
  • Kemudian klik Yes di jendela konfirmasi.
  • Sekarang periksa apakah pesan errornya hilang atau tidak.



Semoga membantu anda!

Sekian tutorial saya kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki BitLocker Error For your security, some settings are managed by your system administrator di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Memperbaiki BitLocker Error For your security, some settings are managed by your system administrator"