Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Aplikasi ChatGPT Desktop untuk Windows 10/11

 


ChatGPT dikembangkan oleh OpenAI dan merupakan penemuan yang sangat penting dalam bidang pemrosesan bahasa alami. AI model ini didasarkan pada arsitektur Generative Pre-trained Transformer (GPT) dan memungkinkan anda untuk menghasilkan respons yang sangat mirip dengan bagaimana manusia berbicara. Anda dapat melakukan apapun dengan ChatGPT. ChatGPT dapat digunakan untuk berbagai aplikasi, seperti pembuatan konten, pembuatan kode dan skrip, terjemahan bahasa, sistem penjawab pertanyaan, chatbot dan masih banyak lagi.


Layanan ChatGPT dapat diakses melalui website OpenAI dengan menggunakan browser web. Cara untuk menggunakannya adalah dengan membuka halaman utama ChatGPT, kemudian mengklik tombol TRY CHATGPT. Selanjutnya anda perlu login dengan akun anda untuk mulai berkomunikasi dengan chatbot.


Bagaimana jika anda ingin menikmati layanan ini sebagai aplikasi desktop mandiri pada PC anda? Jika and menginginkan demikian, maka tenang saja, anda juga dapat melakukannya. Saya akan menjelaskan kepada anda bagaimana caranya.



Aplikasi ChatGPT Desktop untuk Windows 10/11


ChatGPT adalah chatbot bertenaga AI luar biasa yang tersedia di web. Hal baiknya adalah chatbot ini tersedia sebagai aplikasi desktop yang kompatibel dengan system operasi Windows dan juga system operasi lainnya seperti macOS dan Linux. Walaupun belum ada aplikasi desktop resmi dari OpenAI, namun anda masih dapat menikmati layanannya melalui wrapper web yang dikembangkan oleh pengembang front-end. Ini akan memberikan pengalaman yang sama seperti menggunakan chatbot di browser web.



Cara Menginstall ChatGPT di Windows


Aplikasi ChatGPT Desktop tersedia di GitHub dan dapat didownload. Ini adalah aplikasi open-source sehingga kode sumbernya dapat dilihat, dipelajari dan dimodifikasi. Anda dapat menemukan versi terbaru dari ChatGPT di bagian Releases di halaman GitHub, baik untuk Windows, Mac maupun Linux. Untuk menginstallnya, ikuti langkah-langkah berikut ini.



  • Setelah mendownload file executable utama, install aplikasi dengan mengklik dobel pada file tersebut. Saat anda melihat antarmuka ChatGPT Settup, anda perlu mengklik Next untuk melanjutkan.


  • Pada halaman berikutnya, pilih lokasi untuk menginstall ChatGPT dan klik Next.


  • Selanjutnya, klik Install untuk memulai proses penginstalan aplikasi ChatGPT. Saat anda melihat antarmuka User Account Control, anda perlu mengklik Yes untuk melanjutkan.


  • Instalasi harus selesai dengan cepat. Kemudian anda akan melihat antarmuka Completed the ChatGPT Setup Wizard. Jika anda ingin segera meluncurkan ChatGPT, maka anda dapat memberi ceklist pada opsi Launch ChatGPT di bagian bawah dan klik Finish.



Setelah anda berhasil menginstallnya, anda dapat meluncurkan aplikasi dan mulai menggunakan semua fitur yang tersedia.


Untuk menggunakan aplikasi ChatGPT, anda perlu login dengan akun terdaftar. Jika belum memiliki akun, anda bisa mendaftar dengan email anda atau dengan menggunakan akun Google atau Microsoft. Setelah login, anda bisa mulai berinteraksi dengan ChatGPT dan akan menerima jawaban yang relevan atas setiap pertanyaan yang anda ajukan.




Fitur Utama Aplikasi Desktop ChatGPT


Aplikasi desktop ini hanya merupakan sebuah wrapper dari ChatGPT web, sehingga semua fitur yang tersedia di versi web ChatGPT juga tersedia di dalamnya. Cukup klik New Chat dan mulailah percakapan baru dan unik.


Ini juga menyimpan seluruh riwayat percakapan yang dapat diakses melalui panel kiri. Jika ingin memeriksa percakapan sebelumnya, tinggal klik dan akses semua jawaban yang diberikan oleh ChatGPT. Anda juga dapat mengubah nama percakapan tertentu atau menghapusnya sesuai kebutuhan.



Aplikasi ChatGPT desktop memiliki fitur Regenerate Response yang dapat membuat ulang jawaban apabila anda tidak puas dengan jawaban pertama yang diberikan. Fitur ini memungkinkan anda memberikan feedback dengan menyukai atau tidak menyukai respons tertentu.


Kelebihan dari aplikasi desktop ini adalah adanya fitur ekspor yang tidak terdapat pada aplikasi web utama. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menyimpan percakapan tertentu secara lokal dalam berbagai format, seperti Markdown, PNG, PDF dan juga bisa dicopy ke clipboard.


Anda juga dapat mengubah tampilan aplikasi menjadi Light atau Dark mode dengan menggunakan fitur tambahan. Jika ingin menghapus semua percakapan, klik Clear conversations pada panel kiri dan pastikan untuk melakukan konfirmasi terlebih dahulu. Hal ini akan menghapus semua percakapan yang telah anda lakukan sebelumnya.


Berikut adalah beberapa fitur lain yang memungkinkan anda menyesuaikan aplikasi.

  • Anda dapat mengatur preferensi aplikasi menggunakan opsi seperti Stay On Top, Theme, Syn Prompts, Clear Config, Pop-up Search dan lainnya.
  • Ini juga menyediakan berbagai opsi tampilan yang mencakup kembali, maju, gulir ke atas layar, gulir ke bawah layar, perkecil, perbesar, dan lainnya.


Secara keseluruhan, ini adalah aplikasi ChatGPT desktop open source dan gratis yang bagus untuk Windows 10 dan Windows 11, juga untuk system operasi lainnya.


Semoga bermanfaat!

Sekian artikel saya kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam menginstall dan menggunakan aplikasi ChatGPT Desktop di Windows 10 atau Windows 11 dan juga system operasi lainnya. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Aplikasi ChatGPT Desktop untuk Windows 10/11"