Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa itu ChatGPT dan Cara Menggunakannya

 


OpenAI adalah organisasi non profit yang berfokus pada mesin pembelajaran dan kecerdasan buatan dan telah merilis tool hebat untuk digunakan dunia. Penemuan terbaru mereka adalah ChatGPT. Sejak dirilis, ini menjadi solusi internet dan semua orang membicarakannya. Microsoft juga menerapkannya pada layanan Azure-nya. Anda mungkin bertanya-tanya apa itu ChatGPT dan bagaimana cara menggunakannya. Dalam panduan ini, saya akan menjelaskan semua itu, apa itu ChatGPT dan bagaimana cara menggunakan ChatGPT.



Apa itu ChatGPT


ChatGPT adalah large language model yang dikembangkan dan dirilis oleh OpenAI. ChatGPT memiliki kemampuan untuk memahami dan menanggapi permintaan dan pertanyaan kita. Ini dapat membantu anda dalam melakukan banyak hal dan dapat menjelaskan berbagai hal dengan cara yang mudah.


ChatGPT dilatih dengan banyak informasi yang membuatnya mampu menjawab pertanyaan apapun yang anda ajukan, menulis cerita, membuat lelucon, menerjemahkan bahasa dan bahkan menulis kode untuk melakukan tugas otomasi.


Ini adalah model bahasa tingkat lanjut yang menjadi lebih baik setiap hari dengan peningkatan reguler. Ia memahami setiap input yang diberikan manusia dan menjadi lebih baik dari hari ke hari. Satu-satunya hal yang tidak dapat dilakukannya adalah menelusuri halaman website secara real time. Ini hanya tool berbasis teks tempat anda memasukkan teks dan ChatGPT membalas anda dalam bentuk teks.


Sudah banyak perusahaan yang mengetahui penggunaannya pada layanan mereka dan menerapkannya untuk menguntungkan basis pengguna mereka. Salah satu perusahaan yang ikut serta dalam ChatGPT adalah Microsoft.



Manfaat dari ChatGPT


ChatGPT memiliki banyak manfaat dan berikut adalah beberapa manfaat dari tool ini.

  • Jawaban yang Dipersonalisasi: Saat anda menggunakan ChatGPT untuk mendapatkan jawaban atas pertanyaan anda. Anda mendapatkan jawaban berdasarkan masukan anda. Masukan anda menentukan bagaimana ChatGPT berperilaku dan memberi anda jawaban. Jika anda tidak puas dengan sebuah jawaban, anda dapat meminta lebih banyak lagi dan lagi sampai anda mendapatkan apa yang anda inginkan.
  • Otomatisasi: Anda dapat menggunakan ChatGPT untuk menulis kode guna mengotomatiskan tugas berulang yang anda lakukan setiap hari. Ini dapat membantu pemasar, dukungan pelanggan dan lainnya. Mereka dapat menggunakan ChatGPT atau API-nya untuk membuat konten pemasaran atau menanggapi pertanyaan pelanggan menggunakan bot. Anda dapat membuatnya menulis postingan media sosial dan kode untuk menjadwalkannya secara otomatis atau mempostingnya. Meskipun perlu waktu untuk memahaminya, namun ini patut dicoba.
  • Analisis Data: ChatGPT dapat menganalisis input data anda dan memberi anda output berdasarkan itu. Jika anda tidak memahami sesuatu, anda dapat memasukkannya ke ChatGPT dan menganalisis serta menyederhanakannya untuk anda. Anda dapat memasukkan data dalam bahasa apapun dan ChatGPT dapat memproses dan meringkasnya.


Ini adalah manfaat utama ChatGPT yang dapat membantu semua orang.



Cara Menggunakan ChatGPT


Menggunakan ChatGPT adalah hal yang mudah. Ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk menggunakan ChatGPT.


Untuk memulai, buka browser web anda dan buka halaman chat.openai.com.


Setelah anda berada di halaman ChatGPT, anda harus Log in atau Sign up. Jika sebelumnya anda telah menggunakan layanan OpenAI, maka anda dapat mengklik Log in dan gunakan kredensial anda untuk mengakses ChatGPT. Jika anda baru mengenal layanan OpenAI, maka anda dapat mengklik Sign up.



Anda perlu membuat akun menggunakan id email anda atau cukup gunakan akun Google (Gmail) atau Akun Microsoft anda untuk menyelesaikan Sign up di OpenAI untuk menggunakan ChatGPT.



Setelah anda selesai mendaftar dan login, anda akan dibawa ke halaman ChatGPT. Anda dapat mengetik pertanyaan atau kueri anda di kotak teks di bagian bawah ChatGPT dan tekan Enter. Bot akan menjawab pertanyaan anda. Bahasa yang ditampilkan ChatGPT juga akan sesuai dengan masukan pertanyaan anda. Jika anda memberikan pertanyaan dengan bahasa Indonesia, maka ia akan menjawabnya dengan bahasa Indonesia dan jika anda memberikan pertanyaan dalam bahasa Inggris, maka ia akan menjawabnya dengan bahasa Inggris. Jadi anda tidak perlu mengubah pengaturan apapun.



Jika anda menerima pesan ChatGPT is at capacity right now, maka anda perlu menunggu beberapa saat dan coba lagi, refresh halaman, periksa status server ChatGPT, gunakan di browser lain, gunakan VPN dan bersihkan cache browser anda.



Cara Menghapus Riwayat ChatGPT


Menghapus riwayat pencarian di ChatGPT adalah tugas yang mudah. Jika anda ingin menghapus seluruh riwayat, maka klik Clear conversations di panel kiri di halaman ChatGPT. Kemudian, anda perlu mengklik Confirm clear conversations untuk konfirmasi penghapusan.



Jika anda hanya ingin menghapus percakapan atau istilah pencarian, maka pilih percakapan anda dan cukup klik percakapan yang ingin anda hapus dengan mengklik ikon Tempat Sampah dan kemudian, klik ikon Ceklist untuk mengonfirmasi penghapusan.



Ini akan menghapus satu percakapan yang telah anda pilih.



Cara Menggunakan API ChatGPT

Untuk menggunakan API ChatGPT, maka anda harus menuju ke website OpenAI dan mengklik API di website. Kemudian, itu akan meminta anda untuk Sign up atau Log in. Masuk dengan akun OpenAI anda atau akun Google atau akun Microsoft. Kemudian, anda akan melihat daftar API yang tersedia untuk produk OpenAI. Pilih ChatGPT dan dapatkan key API dengan mengikuti petunjuk disana.


Cara Menggunakan ChatGPT ke Kode

Menggunakan ChatGPT untuk membuat kode adalah proses yang mudah. Anda hanya perlu masuk ke akun OpenAI anda dan menuju ke halaman ChatGPT. Di sana, di teks bar, berikan instruksi tentang jenis kode yang anda inginkan dan keluaran kode yang diinginkan dan tekan Enter. ChatGPT akan menulis kode untuk anda. Jika anda tidak mengerti kodenya, anda dapat meminta ChatGPT untuk menguraikannya dan menjelaskannya kepada anda tentang penggunaannya.


Cara Menggunakan ChatGPT Tanpa Nomor Telepon

Anda tidak dapat menggunakan ChatGPT tanpa nomor telepon. Nomor telepon hanya digunakan untuk memverifikasi akun anda dan mengamankan platform dan akun anda. Jika anda ingin menggunakan ChatGPT tanpa memberikan nomor telepon anda sendiri, maka anda dapat menggunakan layanan nomor telepon virtual online dan menggunakan nomor untuk memverifikasi dan menggunakan ChatGPT.


Sekian artikel saya kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memahami apa itu ChatGPT dan cara menggunakannya. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Apa itu ChatGPT dan Cara Menggunakannya"