Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ubah Cara Windows Subsystem for Android Menggunakan Resource

 


Windows Subsystem for Android (WSA) membantu menjalankan aplikasi Android yang tersedia di Amazon Appstore dengan lebih dari 50 ribu aplikasi di perangkat Windows 11. Sebelumnya,  Windows Subsystem for Android terbatas pada AS, namun platform ini sekarang mendukung lebih banyak negara dan wilayah termasuk Inggris, Kanada, Italia, Jepang, Jerman, Perancis, Spanyol, Swiss dan lainnya. Sayangnya, Indonesia belum termasuk negara yang mendapatkan platform ini. Namun jika anda ingin menggunakannya, maka anda dapat menginstall Windows Subsystem for Android di Windows 11 anda dengan mengikuti langkah-langkah di artikel ini.


Meskipun pengaturan default untuk Windows Subsystem for Android mungkin berfungsi untuk beberapa pengguna, namun mungkin tidak cocok untuk banyak pengguna terutama ketika menggunakan resource system seperti Memory. Tapi untungnya, ada cara untuk mengubah cara Windows Subsystem for Android menghabiskan resource pada PC Windows 11 anda. Untuk itu, artikel ini akan membantu anda melakukannya.


Ada dua cara Windows Subsystem for Android dapat menggunakan resource system untuk aplikasi ponsel di OS Windows 11. Kedua cara itu adalah;

  • As needed: Ini adalah pengaturan default. Dengan pengaturan ini diaktifkan, maka Windows Subsystem for Android dibuka bila diperlukan. Oleh karena itu, ia menggunakan resource system hanya ketika aplikasi ponsel sedang digunakan di system anda. Aplikasi mungkin membutuhkan waktu lebih lama untuk memulai.
  • Continuous: Dengan pengaturan ini, anda dapat membiarkan Windows Subsystem for Android tetap berjalan di background agar selalu siap untuk membuka aplikasi ponsel. Karena WSA selalu berjalan, maka resource system selalu digunakan (meskipun tidak ada aplikasi ponsel yang dibuka). Pengaturan ini membantu memulai aplikasi dengan cepat.



Jika anda menemukan bahwa pengaturan default untuk Subsystem resources tidak optimal atau Windows Subsystem for Android menggunakan resource system secara tidak perlu, maka anda dapat beralih ke pengaturan lain.


Sebelum anda melanjutkan lebih jauh, install Subsystem Windows untuk Android jika anda belum melakukannya. Diperlukan minimal RAM 8 GB dan RAM 16 GB disarankan untuk menjalankan Windows Subsystem for Android. Selain itu, pengaturan Virtual Machine Platform harus diaktifkan di system Windows 11 anda. Jika system anda tidak memenuhi RAM minimum dan persyaratan perangkat lainnya, maka itu tidak akan berjalan.



Ubah Cara Windows Subsystem for Android Menggunakan Resource


Untuk mengubah cara Windows Subsystem for Android menghabiskan resource di Windows 11, ikuti langkah-langkah berikut dibawah ini.

  • Klik Start Menu dan kemudian klik All apps.
  • Di halaman ini, gulir ke bawah daftar aplikasi yang tersedia dan klik Windows Subsystem for Android Settings.
  • Di jendela Settings WSA yang terbuka, pastikan anda berada di tab System di panel kiri.
  • Di panel kanan, klik Subsystem resources dan pilih Continuous jika anda ingin agar WSA selalu berjalan di background. Jika system anda memiliki cukup memory dan tidak memengaruhi performa/kinerja aplikasi lain, anda dapat memilih pengaturan ini. Atau anda tetap pada opsi As needed.


Itu dia! Anda dapat kapan saja mengubah pengaturan Subsystem resources dengan menggunakan langkah yang sama.



Pengaturan Penting Lainnya untuk Windows Subsystem for Android


Selain mengubah pengaturan Subsystem resources, ada beberapa pengaturan penting lainnya untuk Windows Subsystem for Android yang dapat anda sesuaikan sesuai kebutuhan anda. Ini adalah:

  • Enable/Disable smooth resize untuk aplikasi yang di install, Keyboard compatibility, Use keyboard keys as Gamepad buttons, Tap with arrow keys, Aim with arrow keys dan gunakan opsi konfigurasi lain yang tersedia untuk aplikasi yang di install. Akses tab Compatibility di Windows Subsystem for Android Settings untuk menggunakan opsi tersebut. Anda juga dapat mereset semua opsi yang dikonfigurasi sekaligus dengan mengklik Reset all.


  • File: Ini adalah opsi yang sangat berguna yang ada di bagian System yang membantu mengakses file yang disimpan (misalnya gambar, dokumen, file video dan lainnya) dari aplikasi ponsel anda. Anda juga dapat menyimpan salinan file ke PC Windows 11 menggunakan opsi klik kanan Open with dan memilih opsi Using Windows default.
  • Graphics and Performance: Pengaturan ini membantu memilih GPU untuk aplikasi Android. Secara default, ini di atur ke opsi Dynamic yang menggunakan GPU yang saat ini digunakan Windows.
  • Aktifkan Advanced networking untuk menghubungkan aplikasi Android ke perangkat lain di jaringan yang sama.
  • Aktifkan Developer mode dan lainnya.



Jika anda menemukan bahwa WSA tidak berjalan seperti yang diharapkan setelah mengubah beberapa pengaturan, anda selalu dapat mereset Windows Subsystem for Android ke default.



Memperbaiki Windows Subsystem for Android

Jika aplikasi tidak mau diinstall atau terus crash, maka restart Subsystem melalui Windows Subsystem for Android Settings dan coba kembali. Anda perlu mengklik Turn off yang tersedia di tab System dari aplikasi ini untuk melakukannya. Di sisi lain, jika anda tidak dapat memulai Windows Subsystem for Android di system Windows 11 anda, maka buka Turn Windows features on or off. Setelah itu, aktifkan Hyper-V, Virtual Machine Platform dan Windows Hypervisor Platform. Setelah itu, restart system anda dan periksa kembali.



Sekian artikel kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam mengubah cara Windows Subsystem for Android menggunakan resource di Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti artikel ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Ubah Cara Windows Subsystem for Android Menggunakan Resource"