Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Printer Tidak Berfungsi Setelah Update Windows

 


Windows Update dikenal karena membawa fitur terbaru dan update security ke komputer anda. Namun terkadang, anda mungkin menghadapi masalah aneh. Salah satu masalah tersebut adalah printer yang tidak berfungsi setelah menupdate Windows. Masalah ini mungkin muncul karena file driver printer anda tidak kompatibel dengan versi windows terbaru. Tetapi untungnya, memperbaiki masalah tersebut tidaklah begitu rumit. Di bagian berikut dibawah ini, anda akan menyimak beberapa solusi untuk memperbaiki masalah tersebut yang dimulai dengan pemecahan masalah dasar.



Memperbaiki Printer Tidak Berfungsi Setelah Update Windows


Jika Printer anda tidak berfungsi setelah anda mengupdate Windows 10 atau Windows 11 anda, maka berikut adalah beberapa solusi untuk membantu anda mendapatkan kembali printer anda.



1. Pastikan Printer Anda Terhubung


Sebelum anda melakukan perbaikan apapun, pastikan Printer anda terhubung dengan komputer anda, Printer anda dihidupkan dan koneksi ke soket power printer dan komputer baik-baik saja.


Anda harus melakukan koneksi kembali, kemudian coba masukkan kembali kabel dan reboot komputer anda. Bahkan jika itu tidak menyelesaikan masalah anda, anda dapat mencoba merestart Printer anda.


Untuk melakukannya, matikan Printer anda, kemudian cabut kabel power dari stopkontak dan biarkan selama satu menit atau lebih. Setelah itu, hidupkan Printer anda dan lihat apakah komputer Windows anda mengenali Printer anda.



2. Jalankan Printer Troubleshooter


Akan lebih baik jika anda juga mencoba menjalankan Printer Troubleshooter. Troubleshooter bawaan Windows sering memperbaiki masalah secara otomatis. Bahkan jika itu tidak memperbaiki masalah, terkadang memberikan detail errornya. Untuk menjalankan Printer Troubleshooter, ikuti langkah-langkah berikut dibawah ini.


Di Windows 10:

  • Tekan tombol Win + I untuk membuka Settings Windows.
  • Kemudian pilih Update & Security di jendela Settings.
  • Di halaman berikutnya, klik Troubleshoot di panel kiri dan klik Additional troubleshooters di panel kanan.
  • Selanjutnya, klik Printer diikuti dengan mengklik Run the troubleshooter untuk membuka troubleshooter.
  • Jendela troubleshooter akan muncul. Anda perlu mengikuti petunjuk dan terapkan perbaikan yang disarankan.
  • Setelah itu, restart komputer anda.



Di Windows 11:

  • Tekan tombol Win + I untuk membuka Settings Windows.
  • Di jendela Settings, klik System di panel kiri dan kemudian klik Troubleshoot di panel kanan.
  • Di halaman berikutnya, klik Other troubleshooters.
  • Selanjutnya, klik Run di samping kanan Printer untuk membuka jendela troubleshooter.
  • Di jendela troubleshooter yang muncul, ikuti petunjuk di layar.
  • Setelah selesai, restart komputer anda.




3. Download dan Install Software dan Driver Printer Terbaru


Karena anda telah mengupdate Windows, maka driver Printer anda mungkin tidak kompatibel dengan OS Windows versi terbaru anda. Untuk itu, download dan install software dan driver printer terbaru.


Untuk mendownload driver dan software, anda harus membuka website produsen printer anda, kemudian temukan model printer anda. Dari sana, download driver anda dan kemudian install driver di komputer anda. Lihat apakah itu memperbaiki Printer yang tidak berfungsi setelah update Windows.



4. Uninstall Update Windows Terbaru


Karena masalah terjadi setelah anda mengupdate Windows, anda dapat memilih untuk menguninstall update Windows terbaru anda. Namun, ini hanya berfungsi untuk update kecil dan bukan update yang signifikan. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah terperinci dibawah ini.

  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik control dan tekan Enter untuk membuka Control Panel.
  • Di jendela Control Panel, ubah View by ke Large/Small icons dan pilih Programs and Features.
  • Setelah itu, klik View installed updates di panel kiri.
  • Selanjutnya, pilih atau klik kanan pada update terbaru dan klik Uninstall.
  • Setelah proses uninstall selesai, restart komputer anda.




5. Install Ulang Printer


Hal berikutnya yang dapat anda lakukan adalah menghapus Printer dari komputer anda dan kemudian menambahkannya kembali.



  • Setelah menguninstall Printer, anda dapat merestart komputer anda.
  • Setelah itu, download driver printer atau wizard installer dari website pabrikan.
  • Jalankan installer dan ikuti semua langkah di layar untuk menginstall kembali Printer anda.


Jadi, itu saja yang dapat anda lakukan untuk memperbaiki Printer yang tidak berfungsi setelah update Windows. Semoga membantu anda.


Sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki Printer tidak berfungsi setelah update Windows di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!

Post a Comment for "Memperbaiki Printer Tidak Berfungsi Setelah Update Windows"