Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Error 0x80073CFB Microsoft Store di Windows 10/11

 


Microsoft Store adalah pasar aplikasi yang bagus untuk produk Microsoft, tetapi itu asih belum sempurna. Misalnya, beberapa pengguna melaporkan melihat error code 0x80073CFB ketika mereka mencoba mendownload dan menginstall kembali aplikasi.


Saat anda mengalami masalah ini, anda akan melihat pesan error lengkap seperti berikut ini.

Code 0x80073cfb: The provided package is already installed, and reinstallation of the package was blocked. Check the AppXDeployment-Server event log for details.


Jika anda menghadapi masalah ini, maka artikel ini akan membantu anda dengan beberapa solusi yang dapat anda terapkan untuk memperbaiki error 0x80073cfb Microsoft Store di Windows 10 atau Windows 11 anda.



Memperbaiki Error 0x80073CFB Microsoft Store


Jika anda mengalami error 0x80073CFB Windows Store di komputer Windows 10 atau Windows 11 anda, maka solusi berikut mungkin bisa membantu. Tetapi sebelum anda mulai, pastikan bahwa aplikasi tersebut belum diinstall di komputer anda. Jika anda melihatnya, lebih baik untuk menguninstallnya terlebih dahulu dan kemudian mencoba menginstall kembali aplikasi tersebut.



1. Sign out dari Microsoft Store dan Sign in Kembali


Pemecahan masalah pertama yang dapat anda lakukan adalah dengan Sign-out dari akun Microsoft Store anda dan kemudian Sign-in kembali. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Buka Microsoft Store anda.
  • Kemudian klik gambar profil user account di bagian atas jendela dan pilih Sign out.
  • Untuk Sign in kembali ke akun anda, klik User Account dan pilih akun yang ingin anda gunakan untuk Sign in. Lanjutkan dengan menekan tombol Continue.




2. Jalankan Windows Store Apps Troubleshooter


Salah satu cara untuk menyelesaikan masalah Microsoft Store adalah dengan menjalankan Windows Store Apps Troubleshooter. Ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk menyingkirkan error 0x80073CFB Microsoft Store.


Di Windows 10:

  • Tekan tombol Win + I untuk membuka Settings Windows, kemudian di jendela Settings pilih Update & Security.
  • Selanjutnya klik Troubleshoot di panel kiri, sementara di panel kanan klik Additional Troubleshooters.
  • Di halaman selanjutnya, gulir kebawah kemudian klik Windows Store Apps dan lanjutkan dengan mengklik Run the troubleshooter untuk menjalankan troubleshooter.
  • Di jendela Windows Store Apps Troubleshooter, ikuti petunjuk yang di tampilkan.




Di Windows 11:

  • Tekan tombol Win + I untuk membuka Settings Windows.
  • Kemudian di jendela Settings, klik System di panel kiri dan di panel kanan klik Troubleshoot.
  • Selanjutnya klik Other troubleshooters di panel kanan.
  • Di halaman selanjutnya, gulir kebawah ke Windows Store Apps dan klik Run yang ada di sebelah kanannya.
  • Jendela troubleshooter akan muncul dan mulai menscan. Jika di temukan masalah, maka ia akan memperbaikinya.




3. Bersihkan Cache untuk Microsoft Store Anda


Perbaikan selanjutnya yang dapat anda lakukan adalah menghapus cache untuk Microsoft Store anda. Ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk melakukannya.

  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik cmd dan tekan Ctrl + Shift + Enter untuk membuka Command Prompt dengan hak admin.
  • Di jendela Command Prompt, ketik perintah wsreset dan tekan Enter.
  • Setelah itu, restart komputer anda.




4. Perbaiki atau Reset Microsoft Store


Anda dapat memperbaiki aplikasi Microsoft Store dengan mengikuti langkah-langkah yang disebutkan dibawah ini.


Di Windows 10:

  • Buka Settings dengan menekan tombol Win + I dan pilih Apps di jendela Settings.
  • Di halaman berikutnya, klik Apps & Features di panel kiri.
  • Di panel kanan, klik Microsoft Store dan kemudia klik Advanced options.
  • Di halaman berikutnya, jalankan Repair dibawah bagian Reset.
  • Jika tidak membantu klik Reset untuk mengatur ulang Microsoft Store anda.




Di Windows 11:

  • Tekan tombol Win + I untuk membuka Settings Windows.
  • Di jendela Settings, klik Apps di panel kiri dan klik Apps & features di panel kanan.
  • Di halaman berikutnya, klik menu tiga titik di samping Microsoft Store dan pilih Advanced options.
  • Di halaman ini, klik opsi Repair untuk memperbaiki masalah ini.
  • Jika tidak membantu, maka klik Reset untuk mengatur ulang Microsoft Store anda.




5. Nonaktifkan Server Proxy


Untuk menonaktifkan server proxy, ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Ketik proxy di Search Windows dan pilih Proxy Settings dari daftar yang muncul.
  • Di jendela pengaturan Proxy, klik Setup di samping opsi Use proxy server untuk Windows 11.
  • Kemudian nonaktifkan opsi Use a proxy server di jendela yang muncul dan klik Save untuk menyimpan perubahan.
  • Sementara di Windows 10, anda dapat menonaktifkan opsi  Use a proxy server di panel kanan.




6. Hapus Web Media Extensions


Metode ini diketahui telah membantu beberapa pengguna yang mengalami error ini. Jadi anda juga dapat mencobanya.

  • Di jendela Command Prompt, masukan perintah berikut dan tekan Enter.


$appToFix = Microsoft.WebMediaExtensions && Get-AppxPackage -Name "$appToFix" -AllUsers | Remove-AppxPackage -AllUsers


  • Setelah itu restart PC anda.
  • Setelah booting, anda kemudian dapat menginstallnya kembali menggunakan Microsoft Store. Anda dapat mengklik link ini untuk menginstallnya.



Sekian artikel saya kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki error 0x80073CFB Microsoft Store di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Jika anda menemukan solusi lainnya yang tidak disebutkan diatas, maka jangan lupa untuk berbagi. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Memperbaiki Error 0x80073CFB Microsoft Store di Windows 10/11"