Widget HTML Atas

Perbedaan Antara Folder Program Files (x86) dan Program Files di Windows 10

 


Program files juga dikenal sebagai executable file adalah program aplikasi yang berisi kode biner yang diperlukan untuk menjalankan software dalam system komputer. Seiring dengan ini muncul pertanyaan mengapa kita memiliki dua program file yang berbeda dalam system operasi 64-bit. Di dalam drive C terdapat dua folder yaitu Program Files dan Program Files (x86), dengan jumlah folder yang hampir sama tersimpan di dalamnya. Jadi mari kita lihat apa perbedaan antara folder Program Files (x86) dan Program Files di Windows 10 dan perbedaannya satu sama lain.



Perbedaan Antara Folder Program Files (x86) dan Program Files


Dua program file yang berbeda hanya tersedia di system operasi 64-bit. Sistem operasi 32-bit hanya akan memiliki satu folder program file.


Perbedaan utamanya adalah bahwa folder Program File dengan jalur file C:\Program Files digunakan untuk menjalankan aplikasi 64-bit sedangkan folder Program File (X86) dengan jalur file C:\Program Files (x86) digunakan untuk menjalankan aplikasi 32-bit.



Program 32-bit tidak dapat memuat libraries 64-bit, tumpang tindih dua folder dapat mengakibatkan kesalahan fungsional. Pengembang Microsoft dengan cerdas membuat dua folder berbeda, mari kita lihat lebih dekat kedua folder tersebut.



32-bit vs 64-bit


Seperti namanya, system operasi 32-bit menyimpan lebih sedikit data dibandingkan dengan system operasi 64-bit. Disisi lain, system operasi 64-bit lebih terlihat jika sejumlah besar RAM tersedia di komputer anda.


Jika anda masih menggunakan system operasi Microsoft 32-bit, anda hanya akan menemukan satu folder Program Files di system komputer anda. Padahal, versi system operasi 64-bit Microsoft yang populer berisi dua folder berbeda dimana satu untuk mendukung program 64-bit dan satu lagi untuk program 32-bit.


Pemisahan folder telah dibuat untuk menghindari masalah yang dapat terjadi ketika program 32-bit mencoba dijalankan oleh komponen 64-bit. Oleh karena itu, folder dirancang sedemikian rupa sehingga Program Files menyimpan program 64-bit dan Program Files (x86) menyimpan program 32-bit.



Mengapa Folder 32-bit Bernama x86


Anda mungkin bertanya bahwa mengapa folder program 32-bit bernama x86 sedangkan 64-bit hanyalah x64. Versi 16-bit sebelumnya dari system operasi berisi chip Intel -8086 yang dirancang pada tahun 1978. Kemudian, versi tersebut diupdate ke 32-bit dan oleh karena itu folder 32-bit dinamai dengan chip Intel 8086 yaitu program file (x86). Versi 64-bit berisi arsitektur 64-bit yang pada gilirannya disebut (x64). Tipe prosesornya adalah Pentium 286, 386, 486 dan 586.




Program Files (x86) dan Program Files Dapat Berjalan pada 64-bit


Program Files adalah direktori software aplikasi pihak ketiga yang diinstall pada komputer. Program software 32-bit dan 64-bit dapat berjalan pada system operasi Windows 64-bit. Itu terjadi dengan bantuan emulation layer yang digunakan di Windows 64-bit untuk kompatibilitas mundur. Padahal, program 64-bit tidak dapat berjalan di system operasi 32-bit. Oleh karena itu, folder program tunggal ditemukan dalam system operasi yang dapat berjalan pada program 32-bit.



Instalasi Otomatis


Seperti yang saya jelaskan sebelumnya, kedua program file dapat berjalan pada OS 64-bit tanpa membahayakan program apapun. Proses berlangsung dengan sendirinya, terlepas dari gangguan manual. Emulator 32-bit bekerja saat program 32-bit dijalankan pada Windows 64-bit. Tindakan yang sama dilakukan oleh emulator 64-bit.


Kesalahan dapat terjadi dalam kasus instalasi manual atau program yang terpengaruh oleh malware. Beberapa program dalam hard drive hanya kompatibel dengan emulator 32-bit atau 64-bit sehingga instalasi yang salah dapat menghambat kerja program dengan benar.


Semoga artikel ini menambah wawasan anda. Selanjutnya anda dapat membaca artikel saya tentang pilih Windows 10 Home atau Windows 10 Pro untuk anda gunakan atau perbedaan FAT32, exFAT dan NTFS.


Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat untuk anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

No comments for "Perbedaan Antara Folder Program Files (x86) dan Program Files di Windows 10"