Widget HTML Atas

Apa itu Nvidia DLSS dan Bagaimana Cara Menggunakannya?

 


Jika anda telah membeli GPU NVIDIA 2000-series atau 3000-series, anda mungkin sudah mengetahui fitur besar dan baru dari lini produk ini yaitu ray-tracing. Apa yang mungkin tidak anda ketahui adalah bahwa di bawah payung fitur ray-tracing NVIDIA ada fitur lain yang lebih mengubah game yaitu Deep Learning Super Sampling (DLSS). Apa yang dilakukannya sangat sederhana dan benar-benar luar biasa untuk para gamer. Baca terus untuk mengetahui semua yang perlu anda ketahui tentang DLSS, bagaimana teknologi telah berkembang dan bagaimana mulai menggunakan DLSS saat ini!



Apa itu DLSS dan Bagaimana Cara Kerjanya?


Singkatnya, DLSS memungkinkan anda menjalankan game pada resolusi yang lebih tinggi dan frame rate yang lebih tinggi secara gratis.


Pada DLSS versi 1.0, dibutuhkan gambar diam dari game yang berjalan pada resolusi rendah dan dengan banyak aliasing (garis yang tidak halus yang terjadi akibat gambar beresolusi rendah), kemudian menggunakan gambar ini untuk menghasilkan versi gambar yang sama dengan resolusi yang lebih tinggi dan berkualitas tinggi. Akhirnya, itu akan memasukkan gambar diam dan salinan berkualitas tinggi ke dalam kluster superkomputer yang melatih dirinya untuk mengenali aliasing dan frame resolusi rendah dan menghasilkan frame resolusi tinggi yang berkualitas tinggi sebagai respon.



Meskipun setiap game individu memerlukan pelatihan terlebih dahulu di pihak NVIDIA, begitu AI NVIDIA berhasil mengenali frame berkualitas rendah dan menggunakannya untuk menghasilkan salinan berkualitas tinggi, dengan mengaktifkan DLSS, gamer kemudian memiliki lebih banyak kendali atas pengalaman mereka. Jika anda ingin menjalankan game pada pengaturan atau resolusi grafis yang lebih tinggi tetapi tidak puas dengan kinerjanya, DLSS memungkinkan anda merender game anda pada resolusi yang lebih rendah, mendapatkan manfaat kinerja dari melakukannya. Ini dapat menghasilkan gambar dengan kualitas yang jauh lebih tinggi.


Versi 2.0 dari DLSS menyempurnakan aplikasi teknik ini. Gambar berkualitas lebih tinggi yang dihasilkan bahkan lebih detail dari sebelumnya, dan di balik itu, NVIDIA telah pindah ke system game-agnostik, sehingga setiap game tidak perlu diuji dan dilatih sebelum DLSS dapat diimplementasikan. DLSS 2.0 datang dengan beberapa penyesuaian fitur itu sendiri: alih-alih memilih antara On dan Off, anda dapat memilih antara mode Quality, Balanced dan Performance, yang menawarkan peningkatan dari berbagai resolusi.



Penting untuk diingat bahwa DLSS bukan bagian dari software. Itu bukan sesuatu yang dapat didownload atau dipatched ke dalam game anda. Tensor core pada dua baris GPU terakhir NVDIA yang mengaktifkan fitur ray-tracing adalah core yang sama yang mendukung DLSS, itulah sebabnya DLSS dianggap sebagai fitur RTX, meskipun itu sendiri bukan ray-tracing yang sebenarnya.



Cara Menggunakan DLSS


Untungnya, DLSS dapat ditemukan dengan semua pengaturan grafis anda yang lain dalam game. Ini berarti tidak ada pengaturan NVIDIA yang harus anda aktifkan atau pengaturan Windows yang harus anda ubah. Dengan asumsi Aanda telah menginstall GPU NVIDIA RTX dan driver anda (bersama dengan aplikasi GeForce Experience) dan salinan Windows terbaru, satu-satunya hal yang harus anda lakukan adalah menemukan opsi DLSS dalam game.



Penting untuk diingat untuk mengatur game anda ke resolusi apapun yang ingin anda gunakan untuk output. Jika anda berencana menggunakan DLSS untuk meningkatkan ke 4K, resolusi anda harus diatur ke 4K. Dengan mengaktifkan DLSS, game akan berjalan pada resolusi internal yang lebih rendah dan kemudian akan ditingkatkan ke resolusi yang anda inginkan. DLSS paling baik digunakan pada resolusi yang lebih tinggi, seperti 1440p dan 4K, yang sangat mahal, terutama bila anda ingin menjalankan pada frame rate yang lebih tinggi dari 60 frame per detik.


Terakhir, jika anda sudah menjalankan game pada frame rate yang tinggi pada resolusi tinggi atau jika komputer anda terhambat oleh komponen yang berbeda seperti CPU anda, manfaat DLSS akan jauh lebih sedikit. Penting juga untuk diingat bahwa peningkatan performa atau kinerja akan selalu bergantung pada beban graphic card anda serta hardware lainnya.



Game yang Mendukung


Tidak semua game akan mendukung DLSS! Pada saat penulisan ini, hanya total 41 game yang mendukungnya. Namun, kehadirannya di banyak game ini sangat meningkatkan performa dan kualitas visual, terutama dengan integrasi DLSS 2.0 atau yang lebih baru. Bahkan membantu mengimbangi beberapa performa yang hilang dengan mengaktifkan ray-tracing di game yang didukung. Saat ini, implementasi DLSS terbaik yang pernah saya lihat dapat ditemukan di 10 game berikut berikut ini.

  • Control
  • Death Stranding
  • Cyberpunk 2077
  • Amid Evil
  • No Man’s Sky
  • Ghostrunner
  • Metro Exodus Enhanced Edition (Metro Exodus Enhanced Edition (Catatan: Metro Exodus asli mendukung ray-tracing dan DLSS 1.0, sedangkan Enhanced Edition membutuhkan ray-tracing dan mendukung DLSS 2.1)
  • Minecraft: Bedrock Edition
  • Call of Duty: Warzone
  • Crysis Remastered



Apa itu FidelityFX Super Resolution?


FidelityFX Super Resolution adalah standar open-source yang bersaing yang dipelopori oleh AMD, kompetitor utama Nvidia. Seperti DLSS, tujuannya adalah menggunakan teknologi upscaling untuk mengaktifkan game pada resolusi yang lebih tinggi tanpa membuat graphic card anda bertekuk lutut.



Namun, tidak seperti DLSS, FidelityFX Super Resolution bukan akselerasi hardware oleh Tensor core atau hardware khusus lainnya. Ini adalah solusi dalam software open-source untuk mengatasi masalah yang dibuat untuk dipecahkan oleh DLSS dan karena ini adalah open-source, maka Intel kemungkinan juga akan menggunakannya dalam rilis GPU mendatang. (Dan graphic card Nvidia juga akan mendukungnya).


Jika didukung, FidelityFX dan DLSS akan melakukan banyak hal untuk mengurangi persyaratan performa yang diminta oleh game generasi berikutnya pada display resolusi tinggi. Saya secara khusus merekomendasikan untuk mendapatkan graphic card yang mendukung salah satu atau kedua fitur ini jika anda berencana menggunakan monitor 1440p atau 4K karena disitulah mereka paling berguna.


Anda kemudian dapat membaca artikel saya lainnya tentang Nvidia control panel : semua yang harus anda ketahui atau apa itu VSync dan haruskah mengaktifkan atau menonaktifkannya?


Apakah anda tertarik dengan fitur baru dan modern seperti DLSS, HDR dan ray-tracing, atau menurut anda fitur tersebut tidak terlalu mengubah permainan daripada yang ingin dipercaya semua orang? Beritahu saya dan lainnya di komentar di bawah ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

No comments for "Apa itu Nvidia DLSS dan Bagaimana Cara Menggunakannya?"