Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Tab Power Management Tidak Tersedia di Device Manager Windows 10/11

 


Jika anda mencoba mengubah sesuatu yang terkait dengan Power Management perangkat, tetapi tab Power Management tidak ada di Device Manager, inilah yang harus anda lakukan. Anda bisa mendapatkan kembali tab Power Management di Properties perangkat setelah membuat perubahan kecil di Registry Editor.


Anggaplah anda ingin mengisi daya ponsel dalam Sleep Mode dengan layar laptop tertutup. Untuk itu, anda harus menghapus ceklist pada opsi yang mengatakan Allow the computer to turn off this device to save power. Opsi ini muncul di tab Power Management saat anda membuka Properties perangkat apapun. Apakah itu network adapter atau USB controller, anda dapat menemukan tab yang sama di lokasi yang disebutkan. Namun, jika tidak ada dan anda harus membutuhkannya, anda dapat menggunakan Registry Editor untuk mendapatkannya kembali.


Catatan: Selalu disarankan untuk membuat backup registry atau membuat system restore point terlebih dahulu sebelum mengikuti metode ini.



Tab Power Management Tidak Ada di Device Manager


Untuk memperbaiki masalah tab Power Management tidak ada di Device Manager, ikuti langkah-langkah berikut dibawah ini.

  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik regedit dan tekan Enter untuk membuka Registry Editor.
  • Setelah jendela Registry Editor terbuka, telusuri jalur berikut dibawah ini. Anda dapat mengcopy jalur dibawah dan mempastenya di address bar registry editor di ikuti dengan menekan Enter untuk mempermudah penelusuran anda.



  • Sekarang klik kanan ruang kosong di panel kanan dan pilih New - DWORD (32-bit) Value, kemudian beri nama dengan CsEnabled.


  • Secara default, value untuk DWORD ini adalah 0 (nol) dan anda tidak perlu mengubahnya. Jika anda ingin memastikannya maka klik dobel pada CsEnabled dan lihat pada kotak value data. Jika bukan 0 maka anda harus mengubahnya.


  • Setelah anda telah selesai dengan langkah di atas, restart komputer anda.

Setelah booting, buka Properties perangkat di Device Manager. Anda sekarang pasti akan menemukan tab Power Management di bagian paling kanan.



Jika anda ingin menyembunyikan tab ini untuk keamanan atau alasan lain, navigasikan ke jalur yang sama seperti langkah diatas, kemudian klik dobel pada CsEnabled dan atur value datanya ke 1. Kemudian klik tombol OK untuk menyimpan pengaturan. Seperti biasa, restart PC anda untuk menerapkan perubahannya.


Sekian tutorial kali ini, semoga membantu anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pengalaman dalam mengikuti tutorial ini. Terimalasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Memperbaiki Tab Power Management Tidak Tersedia di Device Manager Windows 10/11"