Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengirim Disappearing Messages dengan WhatsApp

 


WhatsApp baru-baru ini meluncurkan fitur yang sangat diantisipasi yang bernama Disappearing Messages. Jika kedengarannya tidak asing, itu karena aplikasi lain telah menawarkan opsi serupa untuk beberapa waktu lalu, meskipun pendapat WhatsApp sendiri sedikit berbeda.


Fitur tersebut sekarang tersedia untuk pengguna WhatsApp di Android, iOS dan Web. Disini saya menunjukkan kepada anda bagaimana anda dapat mengirim Disappearing Messages di WhatsApp.



Apa Itu Disappearing Messages?


Disappearing Messages di WhatsApp memungkinkan pengguna mengirim pesan yang akan hilang setelah beberapa waktu. Setelah anda mengaktifkan fitur tersebut, anda akan dapat mengirim pesan individu atau grup yang akan terhapus sendiri setelah tujuh hari.


Fungsinya sama sekali tidak baru, karena aplikasi lain seperti Snapchat sudah memilikinya untuk sementara waktu. Awalnya, aplikasi perpesanan menawarkan opsi ini hanya untuk foto dan video, tetapi kemudian memperluas layanan dengan menyertakan pesan.


Aplikasi perpesanan tambahan yang menggunakan ephemerality (hadir hanya sesaat) termasuk Facebook, Instagram, dan Telegram. Gmail juga menawarkan Confidential mode yang memungkinkan pengguna mengirim pesan dengan tanggal kedaluwarsa terlampir.


Jenis komunikasi ini terbukti sangat praktis dalam berbagai skenario, karena memungkinkan pengguna untuk berbagi pemikiran pribadi atau hanya gambar konyol atau media lain tanpa meninggalkan jejak data digital. Karena adanya itu, kita mungkin akan melihat semakin banyak aplikasi yang menerapkan opsi ini ke depannya.



Hal yang Perlu Diketahui Tentang Disappearing Messages di WhatsApp


Sebelum kita masuk ke tutorial, pertama-tama kita harus membahas sedikit tentang karakteristik Disappearing Messages di WhatsApp. Sebagai permulaan, anda dapat mengaktifkannya di thread manapun yang telah anda mulai sebelumnya, tetapi ketahuilah bahwa pengaturan tersebut tidak akan memengaruhi teks yang sebelumnya anda kirim atau terima dalam chat tersebut. Dalam chat grup, admin akan dapat mengaktifkan dan menonaktifkan Disappearing Messages.


Jika anda telah bertukar beberapa Disappearing Messages dalam sebuah thread tetapi lupa memeriksa WhatsApp selama tujuh hari ke depan, pesan tersebut akan dihapus. Namun, anda harus ingat bahwa pratinjau pesan baru yang diterima selama periode absen akan tetap ditampilkan di bar notifikasi hingga anda kembali ke WhatsApp.


Jika anda ingin menggunakan fungsi balas pada pesan yang menghilang, teks kutipan (teks yang anda balas) mungkin tetap ada dalam obrolan itu setelah tujuh hari. Atau, jika Disappearing Messages diteruskan ke chat yang menonaktifkan fitur ini, pesan tersebut tidak akan dihapus di chat yang anda teruskan.



Bagaimana dengan File Media?


Dengan mengaktifkan Disappearing Messages, media akan dihapus dari dalam chat setelah tujuh hari, tetapi file akan terus ada di telepon anda. Pengguna dapat mematikan fitur download otomatis jika mereka ingin memastikan bahwa media yang mereka bagikan di thread dihancurkan secara permanen.


Perlu diketahui bahwa jika anda menonaktifkan fitur ini, efeknya akan menyebar ke semua obrolan anda, tidak hanya yang Disappearing Messagesnya di nonaktifkan. Anda dapat menonaktifkan download otomatis dengan membuka WhatsApp Settings - Storage and data - Media auto-download - Turn off all options.



Cara Mengaktifkan Disappearing Messages di Ponsel


Untuk saat ini, pegaturannya hanya memungkinkan penghancuran pesan sendiri setelah jangka waktu tujuh hari. Berikut adalah cara mengaktifkan fitur tersebut di ponsel anda. Langkah-langkah ini berfungsi di perangkat Android dan iOS.


  • Buka WhatsApp di ponsel anda.

  • Identifikasi chat yang ingin anda aktifkan Disappearing Messagesnya.

  • Ketuk gambar avatar kontak dari layar utama aplikasi.

  • Pilih tombol Info.

  • Cari dan ketuk Disappearing Messages - ini seharusnya dinonaktifkan secara default.



  • Pesan selamat datang akan muncul menginformasikan anda tentang Disappearing Messages. Pilih Continue.

  • Aktifkan fitur tersebut dengan memilih On.




Itu saja yang dapat anda lakukan. Anda sekarang telah mengaktifkan fitur tersebut sehingga semua pesan yang anda kirim mulai sekarang akan dimusnahkan setelah jangka waktu tujuh hari. Di thread, anda akan dapat melihat pesan yang memberitahu anda bahwa opsi tersebut aktif.


Jika anda ingin beralih kembali, ulangi proses yang dijelaskan di atas dan pilih Off untuk menonaktifkan opsi tersebut.



Cara Mengaktifkan Disappearing Messages di WhatsApp Web dan Desktop


WhatsApp Web adalah tools yang sangat berguna. Sayangnya, itu tidak menawarkan semua fitur versi ponsel. Kabar baiknya adalah bahwa fitur Disappearing Messages juga dibuat untuk versi Web dan Desktop, dan inilah cara anda mengaktifkannya dengan cepat.



  • Navigasikan ke chat yang ingin anda atur Disappearing Messages.

  • Ketuk nama kontak atau gambar avatar di bagian atas.



  • Cari dan klik Disappearing Messages di menu sebelah kanan yang muncul.



  • Aktifkan fitur tersebut dengan memilih On.




Sekarang setelah anda tahu cara mengirim Disappearing Messages di WhatsApp, anda juga dapat mempelajari cara merekam panggilan video dan suara WhatsApp atau cara membatasi pengiriman pesan ''Hanya Admin'' di Grup WhatsApp.


Sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat untuk anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pengalaman dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Cara Mengirim Disappearing Messages dengan WhatsApp"