Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Merekam Panggilan Video dan Suara WhatsApp

 


Jika anda perlu menggunakan WhatsApp untuk merekam interview, meeting, pelajaran sekolah atau hal lainnya, anda memiliki beberapa pekerjaan kedepannya. WhatsApp tidak memiliki fitur perekaman internal dan solusi seperti aplikasi pihak ketiga dan software screen recording atau perekaman layar bisa jadi rumit, karena Android dan iPhone sama-sama memiliki perlindungan privasi bawaan yang mengganggu aplikasi yang menggunakan protokol VoIP.


Namun, metode ini juga tidak dijamin berfungsi untuk semua ponsel, jadi hasil yang anda peroleh mungkin sangat bervariasi. Solusi paling sederhana sebenarnya adalah menggunakan aplikasi yang mendukung perekaman panggilan, seperti Skype, Messenger, Google Voice, Zoom, dan lainnya. Namun, jika anda tidak punya pilihan, berikut beberapa hal yang dapat anda coba merekam panggilan WhatsApp.



1. Rekam Panggilan WhatsApp di Android



Aplikasi Perekaman Panggilan Audio


Opsi paling nyaman untuk merekam panggilan WhatsApp hanya untuk audio di Android adalah Cube Call Recorder (ada aplikasi lain, tetapi yang ini tampaknya berfungsi paling baik), dimana aplikasi ini secara otomatis diluncurkan setiap kali anda memulai panggilan. Sayangnya, ini tidak kompatibel dengan semua ponsel Android, tetapi jika berfungsi dengan ponsel anda, mungkin itu pilihan terbaik anda.


Download aplikasi Cube Call Recorder dan Install. Berikan semua izin dan ceklist semua kotak yang diminta.




Jika dikatakan bahwa ponsel anda tidak mendukung fungsi perekaman VoIP, mungkin panggilan WhatsApp anda tidak akan direkam. Namun, anda dapat pergi ke Settings - Recording dan mengaktifkan Ignore VoIP-support check jika anda tetap ingin mencobanya.




Ini mungkin merusak WhatsApp anda saat aktif, jadi ujilah sebelum melakukan panggilan penting. Anda juga dapat mencoba mengubah VoIP recording audio source menjadi Microphone dan lihat apakah itu dapat mengambil audio dari speaker ponsel anda.


Saat anda berada dalam panggilan WhatsApp, kotak perekaman kecil yang muncul di layar anda akan menyala jika aplikasi berfungsi. Jika tidak, coba beri ceklist pad opsi Force VoIP as voice call di Settings - Recording.





Aplikasi Screen Recording


Jika anda memiliki Android 10+ (versi pertama dimana Google mengizinkan perekaman suara internal), anda dapat mencoba mendapatkan video/audio (video berfungsi terlepas dari versi Android) dari panggilan WhatsApp menggunakan aplikasi Screen Recording. Untuk menggunakannya anda dapat membaca artikel saya tentang cara mengaktifkan Screen Recorder tersembunyi di Android 10.


Namun jika anda ingin menggunakan aplikasi pihak ketiga maka ada banyak aplikasi screen recording yang bagus, seperti Mobizen Screen Recorder, MNML, dan RecMe, tetapi AZ Screen Recorder memiliki dukungan yang lebih baik untuk perekaman audio internal untuk perangkat Android 10+.



Ini sangat mudah digunakan, dan Record Audio harus diaktifkan secara default di pengaturannya.



Cukup tekan tombol kamera merah untuk mulai merekam dan gunakan notifikasi di daftar notifikasi anda untuk menghentikannya. Video yang dihasilkan harus menangkap audio dari kedua sisi juga. Jika anda ingin menghapus video dan hanya menyimpan file audio, program seperti Any Video Converter atau Freemake Video Converter dapat mengekspor audio MP3.



Screen Mirroring ke Komputer


Jika anda memiliki komputer, opsi lain adalah menggunakan program screen mirroring seperti ApowerMirror, LetsView, atau Vysor untuk mengambil video dan audio perangkat Android anda, kemudian gunakan program perekaman layar bawaan seperti Flashback Express atau OBS Studio untuk merekam segala sesuatu. Prosedur yang tepat untuk ini akan bervariasi tergantung pada aplikasi yang znda gunakan dan mungkin melibatkan perubahan setelan screencasting Anda.


Saya akan menggunakan  ApowerMirror karena ini efektif digunakan.

  • Instal aplikasi di ponsel anda dan program di komputer anda
  • Aktifkan transmisi di ponsel Android anda.


  • Mirror telepon melalui Wi-Fi (bukan USB).


  • Hidupkan speaker ponsel anda, tetapi matikan mikrofon komputer anda.
  • Gunakan program screen recording di komputer anda untuk menangkap audio yang sedang dikirim ke sana. Jika anda mendapatkan feedback, menjauh dari komputer.



Jika tidak ada yang berhasil untuk anda, lihat solusi speakerphone dan perangkat kedua di bawah ini. Kualitasnya tidak akan luar biasa, tetapi itu akan berhasil.



2. Rekam Panggilan WhatsApp di iPhone


Hanya Audio Menggunakan Ponsel lain dan QuickTime


Merekam panggilan WhatsApp di iPhone sedikit lebih menantang, karena sebenarnya tidak ada aplikasi yang dapat mengambil audio seperti yang bisa dilakukan Cube di Android. Ada solusi yang rumit jika anda kebetulan memiliki dua ponsel dan Mac, tetapi itu membutuhkan waktu. Anda harus menghubungkan iPhone utama anda ke Mac dengan kabel data, dan pilih sebagai sumber audio di QuickTime. Anda kemudian dapat mulai merekam, hubungi telepon kedua anda di WhatsApp dengan iPhone utama anda, tambahkan kontak anda yang sebenarnya ke chat group, dan pastikan ketiga telepon tetap terhubung.




Gunakan Screen Recording


Pengguna dengan iOS 11 atau lebih tinggi dapat menggunakan screen recording bawaan untuk merekam video dan audio.



  • Buka Settings - Control Center dan tekan Customize Controls.
  • Tambahkan Screen Recording ke Control Center dengan menekan lingkaran hijau dan tanda plus.
  • Buka Control Center dan tekan lama tombol record.
  • Nyalakan mikrofon anda dan pastikan volume dering anda tinggi - dengan cara itu, mikrofon akan merekam audio eksternal dan internal.
  • Ketuk garis merah di bagian atas layar anda untuk menghentikan perekaman dan menyimpannya.


Jika anda hanya ingin menyimpan audio, anda dapat memuat video ke dalam program seperti QuickTime dan mengekspor audionya saja.



Gunakan Screen Mirroring


Jika itu tidak berhasil untuk anda atau perangkat anda tidak memiliki iOS 11 atau lebih tinggi, anda juga dapat mencoba mirroring perangkat anda ke komputer menggunakan aplikasi seperti AirPlay atau ApowerMirror, lalu merekam panggilan anda dengan program perekaman layar seperti QuickTime atau OBS Studio. Langkah-langkahnya kurang lebih sama dengan langkah-langkah untuk Android, meskipun anda tidak perlu mengaktifkan transmisi.


Jika tidak ada yang berhasil untuk anda, anda mungkin harus menggunakan solusi di bawah ini: merekam dengan perangkat lainnya.



3. Pilihan Terakhir: Speakerphone dan Perekam Suara


Metode ini menghasilkan kualitas video atau audio yang cukup rendah, tetapi dijamin pasti berhasil. Jika solusi di atas gagal atau anda perlu menyiapkan sesuatu dengan cepat, cukup letakkan panggilan WhatsApp anda melalui speaker ponsel anda dan gunakan aplikasi perekam suara standar di perangkat kedua anda untuk merekam kedua sisi percakapan. Anda dapat melakukan panggilan di ponsel anda, misalnya, dan tetap berada di dekat komputer anda dengan program perekaman yang sedang berjalan.


Merekam seseorang tanpa izin memiliki implikasi hukum di beberapa tempat, dan mungkin lebih baik hanya untuk konsumsi pribadi. Yang terbaik adalah dengan menggunakan screen recording bawaan ponsel anda. Namun jika itu tidak tersedia untuk anda, maka anda dapat menggunakan screen mirroring ke komputer walaupun harus melalui beberapa rintangan. Metode diatas mungkin juga berfungsi untuk panggilan video grup.


Sekian tutorial kali ini, semoga membatu anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pengalaman dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Cara Merekam Panggilan Video dan Suara WhatsApp"